Cupcake Bersama Bocah

Entah kesambit ide dari mana, ibu-ibu kelas 3 SD Melati Indonesia menjatuhkan tugas ngajarin anak-anak membuat cupcake padaku, emak dengan tampilan Rambo berhati Rinto ini, qiqiqi… Mungkin karena sering melihat aku pamer hasil  sulam dan kristik di wall fb-ku ( udah jamaklah ya, emak-emak jaman now selain di dunia nyata, sambung menyambung juga di dunia sosmed ), jadi langsung ambil kesimpulan bahwa urusan hias menghias bisalah di-gabrug-kan ke mama Fachri alias diriku ini.

Yaaah, sebenernya pernah juga sih dulu bikin cupcake dengan hiasan fondant, pas dulu Faiz ultah, pernah aku post juga di blog-ku ini. Tapi itu udah lama bangeeeet… printilan alat-alat-nya pun udah lama banget tersimpan di lemari. Entah masih lengkap atau udah ada yang tercecer mbuh nang ndi… Jadi deh bongkar-bongkar peralatan masak-ku. Alhamdulillah masih ada, dan alhamdulillah masih bisa nambah cetakan fondant-nya dengan cara call a friend alias minjem ke temen, hehehe….

Daaan, sebagai langkah pertama tentu saja bikin cupcake-nya lah ya. Tadinya pengen beli jadi aja, males gitu, hehehe… Tapi karena show-nya *uhuk deh ah* hari Senin jadi bisalah Ahad sore bikin kue-nya. Khawatir juga nanti diameter cupcake-nya gak cocok dengan cetakan fondant punyaku. So, hayuklah bikin kue….

 

20170928_080904

 

Alhamdulillah setelah 3 kali bikin adonan, jadi juga 40-an cupcake yang layak tayang. Layak tayang ? iyaaaa, ada beberapa cupcake yang sukses menghitam alias gosong pinggirnya. Nasib tukang kue modal oven tangkring nih, hihihi… jadi terbit lagi deh keinginan untuk punya oven gas cantik yang mihil itu… Tapi itu ntar aja dah ah, secara mood untuk baking suka angin-anginan juga, eman-eman duite

Daaan, Senin pagi inilah rombongan kue layak tayang yang kubawa ke sekolah Fachri, Melati Indonesia Bekasi.

 

20170928_073842

 

dan ini adalah contoh yang kubawa untuk pengenalan pertama ke anak-anak. Sengaja bikin yang simpel aja, gampang untuk anak-anak dan gampang untuk aku juga, hahaha….

20170928_073905

 

Rada deg-degan juga sih, secara belom ada pengalaman ngajarin anak-anak di depan kelas. Tapi cuek sajalah, sok cool gitu… Bismillah.

20170928_073750

 

Untuk sesi pertama aku ajak anak-anak menghias kue dengan fondant. Menghias cupcake dengan fondant bisa menjadi pengalaman yang seru untuk anak-anak, karena fondant bentuknya mirip lilin permainan atau playdough, yang bisa dibentuk macam-macam sesuai keinginan. Selain warnanya menarik, fondant juga bisa dimakan dan rasanya manis.

Alhamdulillah anak-anak antusias sekali, seru mencoba beberapa cetakan fondant yang kubawa. Ada juga yang berkreasi sendiri, membuat hiasan tanpa menggunakan cetakan.

IMG-20170911-WA0132

 

IMG-20170911-WA0129

 

 

 

 

 

Seperti yang sudah kuperkirakan, waktu ternyata masih tersisa cukup banyak. Jadi aku  lanjut dengan menghias kue menggunakan butter cream. Tidak seperti fondant yang bisa dibentuk dengan menggunakan tangan atau cetakan sederhana. Butter cream harus dibentuk menggunkan spuit. Agak ribet juga sih kalau untuk anak-anak, tapi cari yang gampang aja deh, yang penting hepi aja sih kalo anak-anak. Bikin bentuk ulir sederhana dengan spuit bunga, lalu tabur gula confetti diatasnya.

20170928_071543

 

 

 

20170911_111935

 

 

Alhamdulillah, walaupun gurunya level abal-abal, anak-anak senang dan antusias mencoba pengalaman baru menghias cupcake dengan fondant dan butter cream. Untuk yang dihias fondant, hasilnya bisa dibawa pulang dengan kotak cupcake yang dibagi untuk masing-masing anak. Sedangkan yang berhias butter cream bisa langsung dimakan di kelas. Agak riskan juga sih kalau dibawa pulang, iso mlenyok, hahaha…. *what is mleyok in bahasa indonesia ?*

Dan selain anak-anak, ternyata ada yang kepengen ikut nyobain juga, hahaha…

 

20170928_071625

 

20170911_112910

 

20170911_112456

 

 

 

Alhamdulillah, pengalaman yang sangat menyenangkan….. 🙂 🙂 🙂

 

20170911_110001

 

 

.

One thought on “Cupcake Bersama Bocah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s