Kembali ke Sulaman

Sepertinya cameo project membuatku kembali ke selera sulam. Maksudnya jadi pengen nyulam bunga-bunga lagi, mengasah lagi kemampuan ber bullion knot dan cast-on stitch.  Apalagi banyak contoh cantik bertebaran di instagram dan interest. Tanggungan SAL kristikku pun alhamdulillah sudah kelar, baik kristik Batik-nya Kristik untuk Indonesia maupun yang SAL rusia. Sooo… hayuklah menyulam lagi…

Meskipun sudah berlatih ulang dengan sulaman bunga di cameo. Tapi rasanya masih ga pede membuat sulaman di bidang yang lebih gede. Belum ada bayangan ntar rangkaian bunganya bakal dibuat seperti apa. Keder lah ya… Mosok udah capek-capek menyulam beberapa bunga, tapi hasil akhirnya enggak cantik, alias rangkaiannya berantakan kayak tumpukan bunga minta disapu. Jadi niat bener deh intip-intip di instagram untuk cari wangsit, eh cari inspirasiiiiih…

Alhamdulillah aku nemu satu contoh sulaman yg kira-kira bisa cocok dengan ukuran media sulam yang aku inginkan. Jenis sulamannya pun InsyaAllah aku bisa kerjakan tanpa banyak kesulitan… ehem. Bunganya menggunakan caston stitch, daunnya dengan feather stitch.  Benang alhamdulillah juga bisa nemu yg pas warnanya dari tumpukan benang sisa kristikku. 

Ini tiga bunga pertama yang aku buat. Tapi sebelumnya aku buat dulu garis bantu dengan frixion pen, semacam gambaran kasar kira-kira dimana sulaman bunganya harus dibuat. Garis bantu nantinya bisa dihilangkan dengan pemanasan.  Dijemur ? Enggak… disetrika ? Enggak juga… digoreng ? Etdaaaah… cukup di hairdryer saja sodara-sodara. 


Dilanjut dengan rangkaian ke arah kiri dengan pilihan benang warna ungu. Dua-duanya masih dengan pilihan sulam caston




Untuk ke arah kanan, aku ganti pakai frenchknot biar ga bosen. Dengan sulaman satinstitch pada daunnya. Tadinya sempet bingung juga sih, mau pake stitch apa untuk variasi. Dan sekali lagi, hasil intip-intip di inet lah sumber inspirasinya, hehehe…

Dan sebagai penutup rangkaiannya aku membuat mawar bullionknot warna kuning. Tempat kosong antar bunga besar aku isi dengan bunga-bunga kecil dengan frenchknot. Alhamdulillah selesaiiiii….

Jadiiii, untuk urusan ga bisa ngarang rangkaian bunganya, bisalah cari-cari bantuan ide ke internet. Itu yang biasa aku lakukan, walaupun hasil akhirnya ga pernah sama persis dengan contekannya. Dan justru disitulah asyiknya, hasil yang sesuai dengan selera asli kita…. šŸ˜ŠšŸ˜Š

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s