Mencoba Cameo

Beberapa kali lihat di IG hasil kristik atau sulaman yang terpasang di cameo, lama-lama kok jadi kepengen nyobain juga, secara tembok di rumah juga sudah penuh kristikan. Yang jadi masalah di awalnya sih, dimana beli cangkang atau cameo-nya. Belon pengalaman sama sekali je… tapi berkat info teman di fb, akhirnya nemu juga online shop yang jualan macam-macam pernik accesories, termasuk cameo ini. Tapi sebenernya aku juga rada bingung dengan istilah cameo ini, tapi yo wis ben aelah, sing penting ngarti aja dah bendanya, hahaha….

 

wp-1489022437255.jpg

seperti gambar diatas itulah bentuk cameo-nya. Aku beli lengkap dengan dome/kubah kacanya. Untuk project kali ini aku pilih sulam cast-on, sulaman sejenis bullion untuk mengisi cameo-nya. Udah kangen nge-bully juga sih, nge-bully cantik lho ya… alias membuat sulaman bullion knot.

Yang pertama kulakukan adalah menjiplak bentuk dan lebar kubah kacanya untuk membatasi area sulam. Untuk memperkirakan besar sulaman yang pas di came0-nya. Oh ya, aku masih memakai kain blacu untuk media sulamnya, selain murah meriah, aku juga suka warna dan teksturnya.

 

wp-1489022303802.jpg

 

Selanjutnya aku membuat gambaran kasar letak bunga dan ranting yang akan disulam. Lanjut dengan membuat bagian tengah bunga dengan 2 bullion knot kecil.

 

wp-1489022351080.jpg

setelah 2 bullion knots, lanjut dengan kelopak lapis pertama menggunakan 2 cast-on. Untuk kelopak lapis pertama aku menggunakan benang dengan warna yang lebih muda.

 

wp-1489022284679.jpg

disambung dengan lapis selanjutnya, masih dengan cast-on, tapi dengan warna benang yang lebih tua.

 

wp-1489022266976.jpg

 

wp-1489022249942.jpg

 

Setelah bunga selesai disulam, lanjut dengan menyulam dahan dan daunnya. Untuk dahan aku pakai stem stitch, dan daun aku pakai feather stitch. Selanjutnya hasil sulaman aku tempet di dome kaca. Cara nempelin di dome aku belum bisa cerita banyak, karena menurutku hasil kerjaku juga belum terlalu bagus, masih kurang rapi. Jadi mengko sik lah ceritanya.. malu, qiqiqi…

Setelah nempel di dome,  baru deh dipasang di cangkang alias cameo-nya…

 

wp-1489022217847.jpg

 

masih terlihat bekas penanda area sulamnya, tapi bisa dihilangkan dengan hair-dryer, karena aku pakai pena frixion yang bisa terhapus kalau kena panas.

Dan berdasar pengalaman ribetnya masang di dome, akhirnya aku mencoba pasang hasil sulam di cameo langsung, enggak pake dome.

 

wp-1489022163853.jpg

 

mayan juga hasilnya sih, tapi project selanjutnya mau pake dome atau tidak sepertinya sangat tergantung pada mood, hahaha…

 

 

 

 

tambahan :

tentang tusuk cast-on ada di : tusuk cast-on . Bullion knots ada di : bullion knots

 

 

 

.

4 thoughts on “Mencoba Cameo

  1. Assalamu’alaikum salam kenal nggih ibu yg baik hati dan lucu buangett koyo srimulat heheheh… Ibu minta infonya beli cameo nya dmn sih sm dome nya? Jazakumullah khairan katsira 😊

    • wa’alaikum salaaam… kalo masih bisa ngrasani Srimulat berarti kita ga jauh-jauh lah ya generasinya, qiqiqi… Cameo coba ke Fenny Wijaya atau Ashllee embelishment di FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s