Lanjut Pasang di Hoop

Pertama bangeeeet, disclaimer ala-ala dulu ya, hehehe… Yang kutulis disini adalah pengalaman pribadiku, yang baru pertama kali ini mencoba pasang kristik pakai kain aida di hoop kayu. Jadi belum tentu bener banget dapet ponten 100 *apasiiiih*, belum tentu yang paling tepat sasaran kena pas tengah lingkaran *tambahngaco*. Wis pokoknya gitu deh, ini sekedar sharing dengan membuka pintu lebar-lebar kalau ada saran atau tambahan info tentang cara pemasangan aida di hoop. Monggo silahkan tinggalkan pesan disini atau di tautan yang saya pasang di fb, dan terima kasih banyak sebelumnya.

Nah, sekarang mari kita mulai kisahnya… *ehem*. Setelah dua project kecil yang aku buat kemarin selesai dijahit, tiba waktunya untuk memasang keduanya di hoop kayu. Rada keder juga sih secata hoop-nya kecil banget. Ragu-ragu untuk motong kain sesuai ukuran hoop-nya. Padahal itu hal pertama yang harus dilakukan, agar aida bisa terpasang pas di hoop. Yang ditakutkan sih motongnya kekecilan, jadi malah ga bisa kepasang deh, hiks… mosok mau disambung pake selotip…

 

wp-1480343701555.jpg

 

 

Tapiiii, rencana tetep kudu dijalankan. Bismillah dulu lah…

 

wp-1480343664084.jpg

 

Aku pasang dulu hoop-nya dengan posisi hasil kristik di tengah-tengah lingkaran.Enggak pakai diukur sih, pakai perasaan aja deh. Perasaan sih udah ditengah, tapi kok perasaan itu yang kanan kebanyakan, perasaan kudu digeser dikit deh, perasaan ini rada miring juga… nah lo pusing dah tuh, hahaha… Tapi cut aja deh pusingnya, madep manteb aja pasang hoop-nya.

Setelah yakin dengan posisi hoop, tekan sedikit, lalu lepas lagi deh tuh. Bukan, dilepas bukan karena gemes pengen ngremek hoop-nya. Tapi untuk mendapatkan tanda bekas tindasan hoop di aida, yang menunjukkan luas aida yang ter-cover hoop-nya. lalu gunting melingkar mengikuti bekas tindasan hoop-nya, seperti yang ditunjukkan oleh garis merah di gambar bawah

 

hhop2

Sebenernya bisa juga sih menggunakan pensil untuk menandai lebar hoop di aida. Taruh hoop di atas aida, lalu tandai  melingkar mengikuti bentuk hoop. Tapi aku kurang pede dengan cara itu, karena hanya menunjukkan lebar hoop, tapi kurang mewakili tambahan aida di sekeliling kristik yang bakalan terjepit di hoop-nya. Takut kesempitan. Kurang dramatis juga sih ya, kalau cuma njiplak lebar hoop doang, enggak seru gitu…. *mintak dikepret aida*. Tapi ya monggo saja ada yang mau pakai cara jiplak hoop, asal tetap diingat untuk menggunakan sisi luar hoop, jangan sisi yang dalam. Bakalan enggak bisa dijepit di hoop deh kalau yang dipakai untuk njiplak adalah sisi dalam hoop…. *ude jelas juga keleeesss*

 

wp-1480343298599.jpg

 

Biar aida kuat melekat dan tidak lari-lari di hoop-nya… *kebayang gak tuh aida lari-lari ? qqiqi…* aku pakai lem untuk melekatkan aida pada hoop. Pilih lem f*x aja, yang gampang dicari, lagian kalo lem gajah kan berat gajahnya… *opotoyooooh*. Seperti kita tahu, hoop terdiri dari 2 buah lingkaran, satu lingkaran luar yang besar, dan satu lingkaran dalam yang lebih kecil. Lem diaplikasikan di sisi luar hoop yang kecil alias hoop dalam. Lalu pasang aida dengan cermat dan ati-ati, lanjut dengan pasang hoop bagian luarnya.

 

wp-1480343269037.jpg

 

Sekhusyuk-khusyuknya motong aida, tetep aja ada lebihannya. Sangking takut kesempitan kayaknya ini sih, hahaha…. So, mari rapikan dengan gunting. Lalu untuk finishing-nya aku mengoleskan lem lagi di bagian belakang hoop, dengan harapan aida terkunci di hoop dan tepi aida juga enggak mbrudul karena tertutup lapisan lem.

 

wp-1480343209452.jpg

 

nah, ini yang dipamer bagian belakangnya. Pernah lihat juga di inet, ada yang menutup bagian belakang hoop dengan cara menjahit kain seukuran hoop-nya. Nanti kapan-kapan dicoba deh, tapi untuk saat ini alhamdulillah aku sudah cukup puas dengan cara lem ini. Mudah dan cepat. Buru-buru pengen pamer juga sih kayaknya, hahahaha…… *tutup muka pake kudungan*

 

yuk ah pamit dulu, n happy stitching….

 

wp-1480343136689.jpg

 

 

 

 

 

 

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s