London Street Bookmark Project

Ini pertama kalinya aku membuat kristik untuk pembatas buku. Pakai kit sih, jadi memang lebih praktis daripada harus mengumpulkan bahan sendiri. Kit-nya juga lucu, dengan tema khas kota London, oleh-oleh dari teman yang bepergian halan-halan ke sono. Sudah lumayan lama juga sih kit itu kusimpan, belom sempet kepegang karena tanggungan tugas negara di project Kristik Untuk Indonesia, hehehe… Alhamdulillah bulan kemarin Kristik Kain Basurek untuk KUI selesai sudah, jadiii… yuk mari kerjakan kit pembatas bukunya.

 

wp-1479622421589.jpg

.

Kit sudah komplit berisi bookmark polos dari bahan aida,benang, jarum,  kain beludru untuk lapisan belakangan bookmark-nya, hiasan tassel dan lembar instruksi untuk pengerjaan kit.

20161120_131056.jpg

.

Pas dibuka, rada puyeng juga sih melihat bundelan benangnya, secara sudah terbiasa membuka kit Dimensions yang benangnya sudah tersortir rapi. Tapi mosok nyortir benang segitu aja udah jiper duluan sih… lanjut aja yuk ah. Sortir benang satu-satu berdasarkan petunjuk dalam daftar benangnya.

wp-1479615300327.jpg

.

Gak makan waktu lama lah ya, karena jumlah benangnya juga gak banyak. Tapi trus mengkeret lagi baca petunjuk in english-nya.  Kagak pede sodara-sodaraaa… takut salaah, hahaha… *mosok kudu gigit kamus dulu*.

wp-1479615319690.jpg

.

Ah biarin aja deh, kalo salah pan paling dedel doang urusannya. Udah nyampe level  expert –lah kalau cuma soal dedel-mendedel aja… Maka jadilah lanjut aja dengan pedenya. Sengaja aku kerjakan border-nya duluan, biar bisa ketauan itungannya sudah pas di tengah atau belum.

wp-1479615418449.jpg

.

Alhamdulillah pas sesuai yang diminta. Lanjut dengan gambar paling atas, gambar taksi khas Inggris, lalu gambar kotak surat dan zebross untuk kotak di bawahnya dan terakhir gambar bis tingkat alias double decker merah menyala di kotak paling bawah.

wp-1479615441663.jpg

.

wp-1479617574635.jpg

.

wp-1479617566984.jpg

 

Secara umum sih gak ada kesulitan yang berarti, cuma puyeng aja pas membaca petunjuk untuk backstitch-nya.

.

wp-1479615455063.jpg

 

Berhubung sudah terbiasa dimanjakan petunjuk kit Dimensions  yang berbentuk diagram mudah dibaca, petunjuk berbentuk uraian kalimat seperti gambar diatas sukses membuatku merinding disko, hahaha… Belum lagi aku mengerjakan backstitch-nya juga per bagian, taksi dulu, kemudian kotak pos, dan yang terakhir bis tingkat-nya. Jadi harus dicermati satu persatu petunjuk backstitch-nya sesuai gambar yang sedang dikerjakan. Bukan berdasarkan urutan backstitch seperti petunjuk diatas.

Seru juga sih jadinya, dan Alhamdulillah bisa selesai juga bagian depan bookmark-nya

wp-1479617566984.jpg

 

Lanjut pasang tassel dan penutup bagian belakangnya. Sempet kepikir dilem aja deh, mudah dan cepat. Tapi ternyata harga diriku sebagai penggemar jahit-menjahit tidak mengijinkan*uhuuuukksss*,  hina banget dah kalo maen lem aja gitu, hahaha… padahal ending-nya mah sama aja ya, yang penting tu kain berdua jadi nempel, hihihi…

Jadi yaah, mari kita mulai acara menjahitnya… tapi sebelumnya pasang tassel dulu dan memastikan ujung bookmark terlipat rapi kedalam, agar tidak ada ujung benang atau ujung kain yang mencelat keluar… *bahasa apa itu pula mencelat*.

.

 

lalu satukan aida untuk bagian depan dan potongan kain felt merah untuk bagian belakangnya. Sempet terjebak dilema *aiiiiisssh* pilih benang merah atau putih. Tapi berhubung yang penting adalah bagian depan alias aida yang berwana putih, maka aku pilih benang putih untuk menyatukan bagian depan dan belakangnya.

wp-1479615493614.jpg

 

 

 

Dan taraaaaaaaaa…. inilah hasil dari my first bookmark project, alhamdulillah…

.

wp-1479615489931.jpg

 

5 thoughts on “London Street Bookmark Project

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s