Membaca Pola Dimensions

Cara membaca pola kristik pada dasarnya sama saja untuk berbagai macam brand/merk kit. Satu kotak yang berisi satu simbol pada pola, berarti satu x ( silang ) yang harus kita buat pada aida atau kainnya, sederhana aja… Yang kadang bikin keder adalah petunjuk lanjutannya, yang biasanya menunjukkan warna benang apa yang harus dipilih serta jumlah helainya. Sebagai pengantar, satu… eeewww… satu apa istilahnya yak, satu lembar benang ( istilah di polanya threads ) Dimensions terdiri dari 6 helai benang tunggal ( strands/ply ). Untuk mudahnya bisa kita lihat ilustrasi yang selalu ada pada pola-pola Dimensions.

.

wp-1476409241997.jpg

.

Jadi sebelum mulai menjahit, kita harus memisahkan dulu helai-helai benang tersebut, dan menggunakan jumlah helai yang sesuai dengan instruksi pada pola.

Sebagai ilustrasi, aku menggunakan pola pada kit Beacon at Rocky Point yang termasuk seri Petite Gold Collection. Gold Collection sendiri biasanya menandakan tingkat kesulitan yang lumayan. Jadi walaupun petite alias kecil, kit ini bisa memberikan gambaran beberapa kesulitan yang mungkin ditemui saat membaca pola Dimensions.

.

 

20161014_085413.jpg

 

Benang pada kit Dimensions biasanya terorganisir dalam beberapa bundle untuk memudahkan pencarian. Tapi dengan alasan kepraktisan aku biasanya malah memotong-motong kertas bundle-nya per warna benang, dan memasukkan masing-masing warna ke dalam plastik klip. Satu plastik klip untuk satu warna benang.  Selain untuk menghindari kekusutan, plastik klip juga memudahkanku menyimpan sisa benang yang tidak habis saat kita menjahit xxx-nya.

.

wp-1476410980535.jpg

 

Benang-benang Dimensions dibuat khusus untuk produksi kit mereka sendiri, dan sependek yang aku tahu mereka tidak menjual benang tersendiri diluar kit. Tidak seperti brand Anchor, yang tidak hanya menjual kit, tapi juga menjual benang per-skein. Benang yang tersedia dalam kit Dimensions dibuat lebih dari cukup untuk menyelesain project-nya. Tapi jika kita kehabisan benang sebelum project selesai, kita bisa meminta tambahan benang pada pihak Dimensions, dengan menyebutkan kode benang yang kita inginkan.

Instuksi pada pola Dimensions sebenernya sudah cukup jelas. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Dibaca per lajur ya.

  1. Kolom satu menyebutkan jumlah lembar/threads benang yang tersedia dalam kit.
  2. Kolom 2 menyebutkan nama benang dan kodenya.
  3.  Kolom 3 menunjukkan simbol untuk kode/nama benang, dan bahwa benang  dijahit sebagai x penuh atau full crossstich. Sedangkan angka dalam tanda kurung yang ada di sebelah kanan simbol menunjukkan jumlah helai yang harus digunakan
  4. kolom 4 menunjukkan benang  dijahit setengah x atau half crossstitch, dan angka disebelah simbol menunjukkan jumlah helai benangnya.

Untuk beberapa kit, ada yang satu kode/nama benang digunakan baik untuk full maupun half stitch, jadi kolom 3 dan 4 sama-sama terisi, tapi tentu saja simbol yang tertera berbeda.

.

20161014_084413.jpg

 

yang biasanya membuat bingung bimbang gundah gulana *halaaaaah….* adalah kolom 3 dan 4 nyambung jadi satu dan tidak menyebutkan simbol atau jumlah benang, tapi malah berisi tulisaan combined colors only, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

 

wp-1476409700684.jpg

 

 

untuk benang grey blue dengan kode  benang 17051 yang aku garis bawahi warna biru, kolom 3 dan 4 tidak menyebutkan simbol atau jumlah helai benangnya. Hanya menyebutkan combined colors only. Itu artinya benang grey blue tidak digunakan tersendiri, tapi harus digabung dengan benang warna lain untuk membentuk x ( full stitch ) atau / ( half stitch ). Lha njut digabung dengan benang warna apa dong ? gak perlu iseng tanya pada rumput yang bergoyang *eaaaa…*, untuk urusan gabung atau blended dengan warna lain, kita bisa lihat pada tabel combined colors.

.

20161014_084729.jpg

 

nah itu check list biru menunjukkan posisi si grey blue yang harus gabung dengan benang dark khaki kode 15393. Simbol untuk penggabungan itu adalah tanda & warna biru. Dengan komposisi benang masing masing 1 helai, seperti yang tertulis pada angka dalam kurung di sebelah simbolnya. Dan berdasarkan judul kolomnya, simbol & biru dijahit full stitch alias x penuh. Cara penggabungan yang sama juga berlaku pada tabel di sebelahnya, hanya saja tabel di sebelah kanan diperuntukkan untuk half stitch alias / saja, sesuai dengan judul kolomnya.

Selain tabel kode benang dan tabel combined colors, biasanya ada tambahan tabel additional details. Tabel yang satu ini berisi tambahan stitch atau jahitan yang harus kita kerjakan. Umumnya berisi back stitch, lazy daisy dan french knot. Di beberapa kit lain kadang ada tambahan couching juga sih. Simbol dan jumlah helai benang sudah tertulis jelas pada tiap kolomnya. Yang harus diperhatikan adalah additional stitch dikerjakan setelah semua stitch baik yang full maupun yang half selesai dikerjakan.

.

wp-1476409755786.jpg

 

Keder baca nama stitch-nya ? isssh, tenang ajaaa… gampang aja kok , pada lembar pola juga sudah diberikan gambaran sederhana cara membuat stitch-stitch tersebut.

.

20161014_103743.jpg

.

Backstitch rasanya tidak terlalu sulit lah ya, jahitan tikam jejak-lah kalau istilah bahasa Indonesianya. Untuk lazy daisy stitch pernah aku tulis disini (lazy daisy stitch ), french knot disini ( french knot ) , klik saja kata yang didalam kurung. Kalau masih kurang jelas bisa dicoba cari di youtube, belajar lewat  video barangkali bisa lebih membantu.

Sampai disini ada pertanya-aaaan ? Insya Allah sudah cukup jelas lah ya. Tapi mohon maaf juga sih kalau masih ada yang kurang-kurang, namanya juga tutorial abal-abal, hehehe…. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan bisa meninggalkan pesan di kolom komentar di bawah, atau hubungi agen-agen terdekat, eeeeh… hubungi lewat facebook-ku. Insya Allah aku jawab sebisaku.

Thank you n happy stitching….

 

 

 

 

 

.

 

4 thoughts on “Membaca Pola Dimensions

  1. Hii mba Pingkan.. mau tanya cara melepaskan benang treat organizer. Apa lgs cabut aja ya mba? Trus klo benangnya ada lbh, bagaimana cara masukkan kembali sisa kelebihan benang td ke treat organizer? Maap mba sy pemula. Makasih seblmnya.. 😊😊

    • untuk melepas benang sih saranku dipotong aja, sampai pangkal benang. Soalnya kalo dicabut ada kemungkinan bagian benang yang ada lem-nya ikut tercabut juga, bagian benang yang kena lem itu bisa mengganggu saat dijahit di aida-nya.

      kalau benang lebih sepertinya tidak bisa dimasukkan lagi ke threads organiszer-nya, karena itu aku menggunakan plastik klip untuk menyimpan benang, jadi kalau ada sisa tinggal dimasukin aja ke plastik klip-nya. Satu plastik klip satu warna/kode benang. Plastik klip yang biasa dipakai untuk nyimpen obat tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s