Akhirnya Donat Juga….

Bisa dibilang aku sudah nyaris putus asa berurusan dengan pembuatan donat, bantet dan tidak berbentuk mulu… rasanya ? bisa disimpulkan dari kalimat bantet dan tidak berbentuk kan ? *lirikan judes*. Aku tidak bisa dibilang jago bikin kue siiih, tapi bisalah dikit-dikit bikin kue atau cake.Tapi bikin donat ? gagal maning, gagal maniiiing….

Daaan, sehubungan dengan hadirnya mixer baru di rumah *uhuks, gedubrag*. Yang konon katanya termasuk mixer handal *uhuks lagi dong ah*, pengen dong aku nyoba membuat donat lagi. Alhamdulillah dapet resep donat yang mudah dipahami, dari seorang temen yang memang jago masak. Tapi sebenernya resep donat aslinya juga ga ribet-ribet amat juga sih. Sudah banyak juga yang share di dunia maya, yang makin membuatku penasaran kenapa gagal mulu.  Jadi aku bulatkan tekad untuk sekali lagi mencoba membuat donat, merdeka !

Eksekusi Sabtu pagi, saat semangat lagi tinggi ! Aduk semua bahan kering lebih dulu, baru tambahkan bahan-bahan cairnya

psx_20160418_110522.jpg

 

Lumayan lama juga sih ngaduknya, jadi Alhamdulillah banget bukan dua tangan yang kudu maju nguleni tu adonan. Beneran angkat dua jempol deh buat orang yang sukses membuat donat tanpa bantuan mixer, saya mah lempar handuk duluan dah….

Sesuai petunjuk bapak presiden, eh petunjuk resep, setelah adonan diuleni sampai kalis-elastis, adonan didiamkan dulu selama kurang lebih 30 menit agar mengembang.

 

psx_20160418_114556.jpg

 

Jujur, aku nunggunya sambil harap-harap cemas, beneran bisa ngembang atau malah diem seribu bahasa alias layu sebelum berkembang…. Alhamdulillah ternyata adonan bisa mengembang, jadi bisa lanjut untuk ditipiskan dan dicetak menjadi donat yang bulet-bulet bolong tengahe.

 

psx_20160416_091751.jpg

 

taraaaa… sampai tahap ini aja aku udah hepi banget. Sudah keliatan bedanya dengan pengalaman-pengalaman buruk sebelumnya, hahaha… lah iya, katanya bikin donat tapi kok bentuknya  pating pecotot  alias enggak jelas itu bentuk donat atau ban dalem yang kempes dedel duwel, qiqiqi…Tapi itu duluuuu… yang sekarang sudah lain kaaan… *kibas poni*.

 

psx_20160416_095638.jpg

 

nah inilah tampilannya ketika digoreng. Untuk urusan goreng-menggoreng donat, sepertinya aku masih harus belajar lagi, masih ada yang gosong dengan suksesnya. Kudu ekstra sabar memang, gak boleh pakai api gede dan sebaiknya donat hanya sekali dibalik saat menggorengnya.

Untuk finishing-nya aku juga belum berani coba macem-macem, cukup dua gaya saja, dengan topping coklat putih tabur gula confetti dan taburan gula halus aja.

 

img_20160416_104922.jpg

 

 

fb_img_1460954289062.jpg

 

Alhamdulillaaaah, akhirnya bisa juga bikin donaaat…

 

 

7 thoughts on “Akhirnya Donat Juga….

  1. bikin donat itu emang ngaduknya harus lama ya? saya juga gagal melulu beli donat, akhirnya beli adonan instan, yang mana pas digoreng pun ada yang gosongnya.. hahahahaha mamak-mamak ga bisa masak.. sediiiihhhhh

    • memang lama sih, harus sampai kalis, alias sampai gak nempel sama sekali di tangan… nggorengnya pun harus sabar, gak boleh pakai api besar, nti cepet gosong… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s