Kristik Untuk Indonesia

Nulis judulnya aja udah bikin merinding disko, wkwkwkw…. *disko ? ejiyeee, angkatan taun berapa ente ?*. Eheeeem… Beneran, ini proyek skala besar dengan cita-cita besar yang insya Allah bisa menyatukan sticher se-Indonesia Raya, demi cinta pada Indonesia dan sekaligus juga cinta pada hobi keren-mentereng-tiada-tara, kristik ! Ahaaaayyy…

Jadi wujud dari penggabungan dua cinta tersebut adalah proyek pembuatan kristik yang didasarkan dari kain-kain tradisional Indonesia. Kalau bicara soal kain tradisional Indonesia, tentu saja jangan terpaku pada batik di pulau Jawa saja lho yaaa… masih banyak banget ragam kain tradisional Indonesia yang tersebar dari ujung Barat sampai ujung Timur Indonesia sono. Dan karena banyaknya ragam kain tradisional, maka proyek ini cocok banget dikerjakan keroyokan bareng-bareng stitcher Indonesia. Jadi setiap peserta proyek Kristik untuk Indonesia akan menjahit satu pola/motif kain Nusantara yang nanti akan dikumpulkan kembali ke panitia, untuk kemudian diproses menjadi satu kesatuan yang akan dipamerkan bersama.

Awalnya ide ini tercetus dan mengalir melalui grup di Facebook, dan sampai saat ini terus berusaha diwujudkan dengan memanfaatkan media Fan Page di FB untuk koordinasi dan komunikasinya. Sampai saat ini terdaftar 711 stitcher yang ikut gabung dalam proyek ini, dengan 5 orang jagoan sebagai admin-nya, hihihi… Jagoan lah, secara mereka secara suka rela pro bono kagak dibayar mau susah payah ngurusin maunya 711 orang stitcher yang kadang kumat jail dan cerewetnya, qiqiqi…

Kalau mau ngomong susah-payahnya sih ya memang ada siiiih, namanya juga proyek besar, ide besar… pasti banyak ide dan juga ego yang ikut nyemplung. Berbagai macam manusia dengan berbagai macam isi kepala, hehehe… Tapi  seiring berlalunya waktu, proses dan juga kedewasaan bersama *tsaaaaaaaaaaaaaah*, alhamdulillah-insya Allah, proyek ini akan lancar jaya merdeka dah, aaamiiiin….

Seperti sudah aku singgung dikit diatas, proyek ini dikerjakan bersama-sama, semacam stitch A long lah gituh… dengan tema yang ditetapkan bersama, yaitu kain tradisional di Indonesia. Demi keseragaman dan kemudahan bersama, maka untuk pembuatan pola dan kit, dikoordinir oleh team admin yang sudah berpengalaman untuk urusan pola dan segala macam urusaan yang terkait, seperti hak cipta dan lain sebagainyah. Cakep lah wis pokok’e…. 

Berhubung bikin pola en bikin kit itu bukan urusan simsalabim abrakadabra, maka urusan yang satu itu cukup memakan waktu juga. Harus bisa maklum dan paham juga lah, selain bikin pola itu gak gampang, admin dalam hal ini pembuat pola juga manusia biasa dengan banyak kegiatan dan urusan sendiri dalam kesehariaannya. Udah baek bener mereka mau bikinin pola haratis alias tanpa bayaran, mosok tega mau ngojrok-ngojrok mereka juga ? therlaluuuuuu lah ituuuuh…. what is ngojrok-ngojrok ? ewww dikarang sendiri aja deh ya artinya, hihihi…. Pokok’e jangan cuma bisa marah-marah en kasih komando cepet-cepet-cepeeeeeeeeeeet doang tanpa tahu masalah sebenernya…. bisa kuwalat tau, wkwkwkw….

Jujur aku sendiri juga sempet dag-dig-dug-glodag saat nunggu hasil undian pola keluar. Campuran antara rasa ingin tahu dan semangat pengen cepet eksekusi… *haiyyyah, lagak sebakul* .Pembagian jatah pola memang sengaja memakai sistem undian, sepertinya  untuk meminimalkan kerusuhan akibat rebutan pola, qiqiqi… pokok’e biar suasana tetap aman terkendali tanpa kerusuhan yang bisa aja nongol kalau urusan pembagian pola dijadikan ajang rebutan emak-emak…. kok jadi kebayang box sale remuk dikerubutin emak-emak ya, hahaha…

Daaaaan… setelah penantian penuh harap, akhirnya nongol juga jatah polaku…

.

1503333_10208721631628803_5899127636060189286_n (1)

 

Kit sudah di tangan, jadi kapan dieksekusi ?

nti duluuuu, timang-timang duluuuuu, hahahaha…..

 

 

 

 

 

.

4 thoughts on “Kristik Untuk Indonesia

    • iya, keroyokan rame-rame. hehehe….

      dari sejarahnya motif pada kain basurek memang dimaksudkan sebagai kaligrafi tulisan Arab…🙂

  1. Assalamualaikum, mau tanya apakah masih bisa ikut berpartisipasi? Saya ingin sekali ikut berpartisipasi… Bila masih bisa bagaimana caranya? Terimakasih

    • wa’alaikumsalaaaam… sepertinya sudah tidak menerima peserta baru. Tapi coba saja hubungi fanpage-nya di fb, Kristik Untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s