Gerbera di Kebunku

Kalau melihat tampilan gerbera, yang pertama muncul di kepala adalah, bunga cantik dari dataran tinggi. Ya iyalah, bunga cantik yang satu ini memang sudah terkenal sebagai bunga potong yang dibudidayakan di daerah yang berhawa dingan alias di dataran tinggi. Jadi begitu aku melihat gerbera mekar di depan rumah tetanggaku di Bekasi, langsung timbul rasa penasaranku. Waduh, dimana ya aku bisa dapet  gerbera seperti ini ? Kasak-kusuk ama tukang taneman langganan, minta dibawain bunga gerbera, eh si abang kagak ngerti apa itu gerbera. Whualaaah piye ikiii.... Sampai suatu saat si abang lewat depan rumah dengan membawa gerbera incaranku di gerobaknya.

Langsung aku protes, “Lha ini punya gerbera bang…” *nada happy-happy-nuduh*. Kagak terima dituduh si abang njawab, “Ini sih namanya hebras bu !”. Owalaaaah… jaka sembung naik ojek rupanya, gak nyambung jek !   Jadi ternyata di area Bekasi dan sekitarnya, gerbera ini lebih sohor sebagai hebras. Sori dori mori deh bang…. Dan dari situlah aku memulai petualangan *haiiisisssh*, ngumpulin si gerbera alias hebras ini. Mau tahu tampilan hebras pertamaku ? ini dia….

.

165943_10200546439414107_41846498_n

.

.63968_10200698871664818_545899304_n

.

Ini  bunga yang muncul di kebunku lho, bukan bunga yang udah ada pas aku beli. Cantik kaaan ?  Awalnya aku harap-harap cemas juga, bisa gak ni tanaman berbunga di kebunku. Karena terus terang saja aku masih berpikiran bahwa gerbera hanya akan berbunga di dataran tinggi. Tapi si abang tanaman sudah haqulyakin tu tanaman bisa berbunga di Bekasi, kan itu tanaman rawatan saya bu, kata si abang. Ya wis lah, dengar apa kata abang tukang tanaman yang  sudah profesional di bidanngnya lah. Plus dari contoh nyata tanaman punya tetangga, terbukti gerbera yang satu ini bisa berbunga di Bekasi. Dan alhamdulillah ternyata memang bisa berbunga sodara-sodara… duh senangnyaaah…

Gerbera pertama yang aku punya ini memang sama persis dengan yang aku lihat di rumah tetanggaku. Padahal setahuku ada berbagai macam warna gerbera yang hadir dan menghiasi alam semesta ini… *lebay dah ah*. So, boleh dong penasaran, pengen tahu lebih banyak lah aku soal si gerbera ini, bisa gak aku menanam gerbera jenis atau warna lain di kebunku ? jadi ku ketok-ketoklah rumah eyang Gugel lah untuk cari tahu lebih banyak soal si gerbera ini.

Dari oom wiki disebutkan bahwa Gerbera termasuk tanaman hias dari keluarga Asteraceae. Merupakan tanaman yang bisa hidup bertahun-tahun (perenial) dan bukan tanaman semusim ( annual ), sebagai tukang kebon pemalas tentu saja informasi yang satu ini cukup membuatku senang. Selanjutnya aku juga nemu informasi bahwa gerbera memang bisa tumbuh di dataran rendah dengan konsekwensi bunganya tidak akan mucul maksimal seperti gerbera yang tumbuh di dataran tinggi, kemungkinan warnanya akan lebih pudar. Oh, it’s ok, mau berbunga aja aku udah seneng banget, hahahaha….

Untuk media tanamnya, gerbera bisa ditanam di tanah maupun di pot. Tanah lempung  berpasir yang subur dan gembur sangat baik untuk tanaman ini. Sementara jika ditanam di pot, media bisa  dibuat dari campuran tanah yang subur dan gembur dengan pupuk kandang (1 : 1). Bisa ditambahkan pasir atau sekam padi pada perbandingan yang sesuai. Ribet ya ? hihihi… enggak juga sih, take it easy aja lah, untuk media dalam pot, biasanya aku mengandalkan media yang sudah jadi, yang banyak dijual di lapak-lapak tanaman hias. Saranku sih lebih baik media yang dibuat oleh produsen yang sudah punya nama, atau paling tidak kita sudah cukup tahu track recordnya. Demikianlah saran dari tukang kebon yang males mencampur bahan pembentuk media tanam sendiri…. *uhuksss*.

Anyway, pede bener kasih saran. Memangnya udah sukses bertanam gerbera ? Yaaaah, lumayanlaaaah, paling enggak bisa bertahan hidup dan mau berbunga, hehehe…  dan dari mantengin Flona lapangan Banteng aku berhasil menambah beberapa jenis gerbera di kebunku.

.

.

10492148_10204093934419265_4038828096354088123_n

.

10426878_10204041483628028_5915227858475432674_n

.

10345573_10203912648407228_1697385047302935779_n

.

.

10530817_10204074413371251_3513126286635649055_n

.

Dua jenis gerbera diatas ukuran bunganya lebih kecil dari gerbera pertama-ku. Dua-duanya aku beli di Flona lapangan Banteng dengan harga cukup murah, 20 ribu saja per-polybag yang lumayan penuh dengan rumpun gerbera. Sengaja aku tanam di pot dengan tujuan agar bisa dipindah-pindahkan, plus aku juga belum yakin benar dengan kondisi tanah di kebunku, cocok tidak dengan si gerbera ini.

.

.

10703813_10204745965319630_5220262499470021586_n

.

.

10506710_10204648387080235_706947628949277228_o

nlolor-nlolor memanjang deh tangkainya, hehehe….

.

Setelah dua varian gerbera kecil itu, aku juga menambah lagi 2 jenis gerbera yang aku beli di Flona tahun ini. Satu pohon sudah berbunga, dan yang kedua masih harap-harap cemas menunggu due date-nya, qiqiqiq…

.

10293571_10204753069057219_931843174131386190_o

yakin banget gerbera yang satu ini bakalan nongol bunga berwarna kuning….

.

.

10347716_10204772862792050_1971521933750510596_n

awal mekar memang kuning sempurna…

.

.

10687221_10204812274257312_7868859723787253647_n

tapi beberapa hari kemudian muncul semburat jingga di kelopaknya, cantiiiik…..

.

jadi, meskipun tinggal di Bekasi yang berhawa panas, aku tetap bisa menikmati indahnya gerbera di halaman rumah, alhamdulillah….

happy gardening, yuk mariiii….

.

.

.

21 thoughts on “Gerbera di Kebunku

    • terima kasiiih… cari tanaman yang minim perawatan, banyak juga kok, yang penting jangan lupa disiram aja…🙂

    • iya, memang gak semua jenis gerbera, tapi terbukti ada yang bisa tumbuh baik di Bekasi… Jakarta dan Bekasi kan 11-12 iklimnya…🙂

    • wah kalau di Bekasi aku kurang tahu juga ya, kebetulan waktu itu tukang tanaman langgananku bawa satu… yang lainnya aku dapet di pameran Flona lapangan Banteng…🙂

  1. mb e. aku jg suka bgt dengan tanaman garbera. aku tinggal di batam. suhunya luar biasa panas. gmn perlakuan bwt garbera spy rajin bunga. trims

  2. Aku juga di tambun mbak.nyari gerbera di sini kok ya susah.kalo mawar bejibun di tukang kembang yang lewat.sekarang aku juga lagi nyoba nanem dahlia.nekat aja lah.padahal tambun kan panas banget…

    • itu aku juga untung2an tuh, dapet dari tukan tanaman langganan… coba nanti di Flona Lapangan Banteng, biasanya satu-dua ada aja tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s