myCraft : Boneka Kusudama Sederhana

Postingan kali ini berasal dari akun lamaku di multiply dulu, blog manis penuh kenangan yang sekarang sudah lenyap ditelan jaman, hiks… haisssh, pagi-pagi udah mau mellow-jellow-hellow-hellow aja. Cemangat dong ! *senam pagi dulu ah*. Sudah cukup lama pula foto-foto ala tutorial abal-abal ini terpendam lama di file, niat hati mau posting ulang di wordpress, tapi selaluuuu saja tertunda, apalagi alesannya kalau bukan males.

Dan hari ini mumpung gak kesambit demam males, yuk mari kita posting ulang. Β Untuk pembuatan kerucut kusudama-nya sudah pernah aku posting dimari :Β https://pingkanrizkiarto.wordpress.com/2010/05/23/belajar-craft-yuk-boneka-kertas-kusudama/

ijo1

seperti biasa, yang kita perlukan adalah kertas warna-warni ataupun kertas bermotif berbentuk kotak dan lem. Tambahan yang bikin rada meriah project kali ini adalah renda-renda centil untuk hiasan gaun boneka kusudama-nya. Tusuk sate digunakan untuk rangka bonekanya.

.

.

ij2

inilah kerucut berbagai ukuran yang akan digunakan untuk membuat boneka kali ini

.

.

ij3

pasang 1 kerucut besar pada tusuk sate untuk dasar gaunnya

.

.

ij4

jahit atau hubungkan 4 kerucut sisanya dengan benang

.

.

ij5

pasang melingkar menutupi kerucut pertama yang menjadi dasar gaun tadi

.

.

ij6

tampak dari bawah rok boneka kusudama-nya

.

.

ij7

pasang lagi satu kerucut dengan posisi terbalik diatas rok-nya. perkuat dengan lem

.

.

ij8

tambahkan satu kerucut mungil untuk penyangga kepala bonekanya nanti. dan eeewww, itu pinggang bonekanya mengintimidasi banget rampingnya, qiqiqi…..

.

.

ij9

dua kerucut mungil lagi untuk bagian lengan

.

.

ij10

nah, body gaunnya sudah jadi, sekarang tinggal nambahin printilan hiasannya. Selain untuk mempercantik, juga untuk menyamarkan atau menyembunyikan sambungan yang kurang enak dilihat. Ide apapun bisa dicoba disini, silahkan berkreasi sak pol-pol’e wis, hehehe…

.

.

kep1

sekarang tiba di bagian yang rada-rada horror, bikin kepalanya, wkwkwwk…. untuk kepalanya bisa digunakan bola-bola styrofoam yang banyak dijual di toko bahan craft atau toko alat-alat jahit di pasar. Banyak pilihan ukuran yang tersedia, jadi silahkan saja pilih ukuran yang paling cocok untuk boneka yang akan dibuat. Untuk pembuatan rambutnya, bisa dilihat melalui foto-foto diatas, mohon maaf kalau rada blur, harap maklum, tahun 2010 kamera hape belum secanggih sekarang… πŸ™‚

Untuk langkah pertama, satukan/lem 2 lembar kertas berwarna hingga menjadi 1 lembar kertas dengan sisi depan dan belakang yang sama . Gunting kertas hingga membentuk semacam rumbai-rumbai. Selanjutnya pasang di sekeliling bola styrofoam dengan menggunakan lem. Lalu gunting rumbai-rumbai kertas tadi sehingga panjangnya bervariasi.

.

.

kep2

Gunakan tusuk sate untuk membuat gelombang-gelombang cantik pada rambut kertas yang sudah terpasang. Caranya cukup dengan melingkarkan rumbai kertas mengelilingi tusuk satenya, tahan beberapa saat, lalu lepaskan, dan tadaaa… rambut kertas bergelombang siap ditata sesuai selera… πŸ™‚

Untuk topi centilnya, buat lingkaran kertas dengan ukuran yang sesuai, lalu tempelkan renda pemanis di sekelilingnya. Pasang di kepala boneka, buat sedikit lipatan jika perlu, untuk membuat topi pas menempel di kepala bonekanya.

.

.

ij19

dan inilah boneka kertas kusudama bergaun hijau… selamat mencoba…. πŸ™‚

.

4 thoughts on “myCraft : Boneka Kusudama Sederhana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s