Berbunga-bunga di Bekasi

Gak cuma sekali dua aku iri bin jealous pada orang-orang yang tinggal di negara 4 musim.  Apa pasal ? tanaman bunganya itu lhoooo, masya Allah cantik-cantiknyaaa…. warnanya sungguh sangat mengirikan hati ini hiks. Bisa mpe khusuk melongonya kalau lihat gambar-gambarnya. Tapi gak usah jauh-jauh ke ngEropa atau ngAmerika sono, halan-halan ke Puncak atau Bandung pun sudah bisa bikin seneng sekaligus sakit hatiku ini. Puncak jelas bunganya cantik-cantik. Bandung, walaupun sekarang katanya sudah mulai panas, tapi masih ada  halaman rumah yang berhias tanaman bunga daerah sejuk seperti Dahlia, Azalea atau mawar dengan ukuran besar-besar.

Bekasi, halo apa kabar ? *kipas-kipas mpe kringetan*

Tapi benarkah Bekasi tidak bisa berbunga-bunga ?  Mosok mau nyerah dan kibar bendera putih begitu aja ? Jangan ah, kita kan Gardener Perjuangan, qiqiqi… Posisi Bekasi yang  berada di 19 m dpl ( kata bang Wiki sih ) memang tidak memberikan banyak pilihan untuk bunga-bunga cantik, tapi bukan berarti tidak ada kaaaan ? Dan alhamdulillah berkat baca ini-itu, tanya sana-sini plus coba-coba alias trial n error,  aku bisa sedikit mewujudkan impian punya halaman rumah yang berbunga-bunga. Memang tidak bisa menandingi heboh dan bombastisnya *apaan siiiih* taman atau kebun bunga di daerah dingin sih, tapi lumayanlah…. *daripada lumanyun kan ?*

Kunci utamanya memang berdamai dengan kenyataan dan jangan mudah menyerah pada keadaan *jaim face dan lalu digetok sekop*. Aiissssh, seriyes amat….. tapi ya mau gimana lagi, lha wong Bekasi memang panas. Jadi yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih tanaman berbunga yang bisa tumbuh optimal di lingkungan yang berhawa panas. Seperti yang sudah aku tulis diatas, pilihan memang gak banyak, tapi bukan berarti gak ada. Mau lihat contohnya ? nih…

.

399710_4535666680368_431406286_n

dimanakah ini ? Puncak ? Bandung ? Lembang ? bukaaaaan…. ini di Bekasi. Sebelah kiri adalah tanaman Wundani alias Melati Belanda alias Quisqualis Indica. Di kanan ada Oleander Rambat alias Strophantus Gratus, dan jangan khawatir, walaupun nama dagangnya oleander, tapi bunga ini bukan salah satu jenis oleander, jadi tidak beracun.

.

.

b6

b11

bauhinia cockiana, termasuk tanaman merambat berkayu keras yang butuh penopang untuk pertumbuhannya. Tanaman ini sangat rajin berbunga, terus berbunga sepanjang tahun tanpa kenal musim. Dan yang paling penting tahan panas, bahkan butuh sinar matahari penuh agar bisa tumbuh optimal.

.

.

b12

spt11

b4

 Kembang Sepatu. Tanaman yang sudah sangat lazim dan bisa dengan mudah ditemui dimana saja. Sangking banyaknya, bagi sementara orang mungkin sudah tidak istimewa lagi. Tapi dengan perawatan dan penempatan yang tepat, kembang sepatu bisa memberikan warna tersendiri di taman.

.

.

b10

b5

bbbbb

Soka alias Ixora. Pilihan warnanya bermacam-macam, mudah pula perawatannya

.

.

b14

b19

b13

memang tidak semua jenis mawar bisa tumbuh optimal di daerah yang berhawa panas, tapi Alhamdulillah aku punya beberapa mawar yang cukup bagus tingkat adaptasinya, sehingga masih bisa terus berbunga meskipun ditanam di Bekasi. Pada beberapa kasus, bunganya memang akan mengecil, tapi alhamdulillah masih tetap bisa berbunga.

.

.

b15

caliandra

Calliandra Emarginata. Sering disebut juga sebagai powder puff karena bentuknya yang unik. Termasuk rajin berbunga dan cenderung berbunga secara serempak. Sayang batangnya agak kurang kokoh, punyaku pernah patah karena terlalu berat menahan beban daun dan bunganya yang terlalu banyak.

.

.

1468612_10202274797141970_787962505_n

1467326_10202257159141031_35653160_n

Lantana. Rajin banget bunganya, gak abis-abis, sayang aromanya memang kurang enak, hihihi… tapi gak terlalu menyengat kok, jadi masih aman dan tidak mengganggu.

.

 

Cukup banyak pilihan bukan ? Lalu dimana bisa dibeli ? Biasanya aku mengandalkan tukang tanaman langganan yang sering lewat di depan rumah, atau kalau pas ada waktu aku seneng kluyuran ke tukang tanaman yang ada si sepanjang Kalimalang Bekasi, atau yang ada di dekat rumah. Pernah juga nekat berburu sampai ke sentra tamana hias di Alam Sutra dan BSD di Tangerang sono.

Plus event besar yang kutunggu-tunggu tiap tahunnya, Flona Lapangan Banteng alias pameran Flora dan Fauna yang digelar Pemprov DKI tiap tahun di Lapangan Banteng. Flona  memang menjanjikan lebih banyak pilihan, karena pada saat itu berkumpul banyak banget penjual tanaman dari berbagai daerah seputaran Jabodetabek. Pilihannya bukan hanya tanaman berbunga, tapi juga tanaman buah dan juga tanaman langka. Seru pokoknya, gak cukup sekali deh kesananya, pengen balik lagi dan lagi, hihihi…

Dibawah ini beberapa tanaman hasil perburuanku… 😀

.

 

b9Solanum Macranthum, termasuk jenis pohon yang cepat tinggi.

.

555606_10200813795577844_1694077195_nwijaya kusuma mini, gak perlu nunggu jam dinasnya mbak Kunti untuk melihat mekarnya, banyak pula kuntumnya.

.

b8udah sering lihat bunga ini kan ? namanya portulaka. Mudah perawatan, rajin berbunga, dan banyak pilihan jenisnya

.

545291_4745522406630_374263496_nnah ini juga jenis tanaman sejuta umat, namanya rolia, ada pilihan warna ungu, putih dan merah jambu

.

b16jujur baru belakangan ini aku berani pelihara tanaman anggrek,  itu juga pilih yang gampang-gampang aja perawatannya. Dan alhamdulillah yang satu ini sudah betah tinggal di rumahku

.

b7morning glory sangat mudah perawatannya, bunganya pun rajin. Yang perlu diingat adalah tanaman ini termasuk tanaman semusim, jadi masa hidupnya terbatas.

.

b3zinnia alias kembang kertas, pilihan warnanya banyak dan cantik-cantik

.

306738_10201023934751192_634306458_ntadinya gak yakin hebras alias gerbera ini bisa berbunga di Bekasi, tapi ternyata bisa, alhamdulillaaaaah….

.

b18nemu di Flona tahun ini, kalau gak salah namanya aster

.

b20ini juga nemu di Flona, after googling baru tau kalo namanya Gailardia.

.

Contoh sudah cukup banyak,  semuanya alhamdulillah bisa hidup dan berbunga di rumahku di Bekasi.  Jadi yuk mari jangan takut berkebun bunga meskipun tinggal di daerah yang berhawa panas. Ada baiknya juga mencari informasi dulu tentang tanaman yang akan kita tanam, saranku sih lebih baik googling atau baca buku. Karena seringkali tukang tanaman -apalagi yang bukan langganan- memberikan informasi yang tidak akurat atau bahkan menyesatkan. Jualan ngejar laku doang, kagak berkah tuh bang…. *manyun*. Dan yang perlu diingat, nyaris semua tanaman berbunga membutuhkan sinar matahari agar dapat tumbuh optimal dan bisa memamerkan bunganya. Jadi pastikan juga posisi tanaman ada di tempat yang banyak mendapat sinar matahari. Oke ? siiiip…

So selamat berkebun, happy gardening…. 🙂

.

b17

.

.

18 thoughts on “Berbunga-bunga di Bekasi

    • kurang sinar matahari barangkali ? seperti bunga sepatuku tuh, pas ketutupan pohon besar daunnya doang yang nongol, setelah pohon yg nutupin ditebang, baru deh nongol bunganya…

  1. wah…. banyak kembangnya…

    soka… dulu sering banget metik terus hisap2 kembangnya karena manis 😀

    rolia itu bunganya tumbuh dan rontok setiap hari yah?

    wijaya kesumanya, baru lihat yg bunganya banyak gitu. biasanya cuman satu doank

    • hihihi… berarti termasuk angkatan jadul dong, masih ngerasain isep kembang soka… 😀
      iya, rolia hanya bertahan sehari saja, pagi mekar, sorenya udah layu…
      itu wijayakusuma jenis kecil, mekarnya juga siang-siang… 🙂

    • yuk berkebuuun… tapi ini juga gak serempak semua berbunga bareng lhooo… gantian aja, majang fotonya aja yang bareng, hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s