Mencoba Needlepoint

Mengapa judulnya mencoba ? lha karena memang statusnya masih di taraf coba-coba, alias belum pernah mengerjakan needlepoint sebelumnya. Kok berani-berani-nya sharing ? kayak yang udah bolak-balik khatam aja… Dih, yo ben to, biarin aja. Toh niatnya emang berbagi pengalaman bukannya sok ngajari… *kibasin poni *. Tapi kalau dilihat sekilas sih needlepoint ini mirip-mirip dengan chunky cross stitch yang pernah aku coba buat beberap waktu yang lalu. So, nyobain needlepoint ? siapa takut….

Namanya juga coba-coba, beraninya dari yang kecil dulu lah. Jadi ku pilih kit dengan judul Dragon Lily Mini dari Dimensions ini. Singkat cerita inilah isi kit-nya.

.

ndl16

.

Dari pandangan pertama awal aku berjumpa… *naluri dangdut*, isinya terlihat gak beda jauh dengan kit kristik Dimensions. Benang yang sudah sorted, media yang kali ini berupa kanvas/mesh alias strimin plastik, jarum, chart dan lembar instruksi. Tapi yang langsung membuat jeri adalah chart alias pola-nya sodara-sodaraaa… wedewwww, langsung mblawur deh mataku, qiqiqi….

.

IMG-20140721-00415

.

dan seperti terlihat pada gambar pertama, di kanvas-nya sendiri juga sudah tercetak pola yang sama, untuk mempermudah pengerjaannya. Tapi namanya juga baru pertama kali nyoba, bawaannya stress aja duluan…. *lap-lap kringet*

.

ndl3

.

Lembar instruksi menyebutkan bahwa untuk kit ini hanya dibutuhkan 3 jenis stitch.

  1. tent/continental stitch,
  2. basket weave stitch
  3. backstitch.

Lha memangnya ada berapa jenis stitch sih ? dari yang kubaca di buku dan inet sih jenisnya banyaaaaak…. tapi untuk meminimalisir kepanikan *apaansiiiih*, abaikan aja gerombolan stitch lainnya, konsentrasi penuh pada 3 stitch yang sudah disebut diatas aja.

.

ndl1

ini diagram sederhana untuk tent/continental stitch yang ada dalam lembar instruksi

.

ndl2

dan ini basket weave-nya

.

13602_10204435029506429_7644969051509648681_n

backstitch, tidak akan dibahas disini karena sudah pernah diposting di :

https://pingkanrizkiarto.wordpress.com/2010/02/28/belajar-menyulam-yuk-crossstitch-kristik-kruistik-what-ever-lah/

.

.

Jadi mari kita lanjut ngobrol soal tent/continental stitch dan basket weave stitch. Sekilas tent stitch terlihat sama dengan halfstitch yang sudah kita kenal di dunia persilatan perkristikan sebelumnya. Walaupun penampakan di sisi atasnya sama, tapi arah perjalanan jarum untuk membentuk kedua stitch tersebut berbeda.

.

00381201005280102108074

arah perjalanan jarum pada halfstitch

.

00381201005280107267867

arah perjalan jarum pada tent stitch

gambar dari : needlepointforfun.com
 
 

Lalu ngapain juga susah-susah mengubah arah jahitan ? toh dari depan penampakan sama ini… eits jangan salah sista, tetep aja terlihat beda. Dengan tent stich, jahitan benang akan tampak lebih padat dan gendut-gendut *jadi inget bodi sendiri, uhukss* dibandingkan jika dijahit dengan menggunakan halfstitch biasa.

Lalu bagaimana kita bisa tahu bahwa jahitan kita sudah bener menggunakan tent stitch kalau tampilan depannya sama ? tampilan depan boleh mirip, tapi tampak belakangnya jelas beda….

.

ndl13

.

benang merah aku jahit dengan menggunakan tent stitch, sementara benang biru menggunakan halfstitch. Terlihat bedanya kan ? benang merah terlihat lebih montok daripada benang biru yang langsing terjahit di kanvas. Bagian belakang benang merah membentuk garis-garis miring menyilang arah serat kanvas, sementara bagian belakang benang biru hanya membentuk garis-garis lurus yang sejajar dengan serat kanvas.

Bagaimana dengan basket weave stitch ? Tampilan depan-nya pun sama dengan halfstitch, tapi bagian belakangnya akan membentuk jalinan mirip dengan jalinan keranjang, dan dari situlah maka nama basket weave stitch disematkan.

.

ndl5

Kiri tent stitch, kanan basket weave stitch. Tent stitch rada mbrudul karena ujung benang yg kuselipkan disitu

.

Pada media kanvas atau mesh, secara umum coverage atau daya tutup tent stitch dan basket weave stitch akan lebih bagus jika dibandingkan dengan halfstitch. Hasil jahitannya pun relatif lebih kuat alias tidak mudah kendor dan mbrudul… *mbrudul is one of my favourite word, jadi jangan protes yak*. Ini ada hubungannya dengan hasil akhir needlepoint yang kebanyakan digunakan untuk barang yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, alias tear and wear product seperti sarung bantal, tas atau permadani. Walaupun tidak menutup kemungkinan needlepoint juga digunakan untuk hiasan dinding seperti crossstitch, yang hampir tidak ada resiko aus atau rusak akibat pemakaian-nya.

Tent stitch digunakan untuk bidang-bidang yang kecil, seperti bagian detail gambar atau untuk membentuk garis sempit memanjang. Sedangkan basketweave stitch digunakan untuk menutup bidang yang lebih luas atau untuk blocking. Tent stitch sendiri punya kecenderungan membuat kanvas terdistorsi alias jadi mencong, karena semua stitch-nya miring ke arah yang sama, kompak dan seragam macem tentara Kumpeni lagi baris *elhadalah*, sementara basketweave stitch cenderung lebih aman dari urusan permencongan tersebut *disambit kamus bahasa Indonesia*.

Kembali ke kit. Sesuai petunjuk yang aku baca, dianjurkan untuk mulai menjahit dari bagian terkecil atau detail gambar yang akan disulam, dengan menggunakan tent stitch tentu saja…

.

ndl17

lumanyun lah untuk langkah awal… :p

.

.

ndl9

detail dengan tent stitch

.

.

ndl19

untuk blocking pada bagian background gunakan basketweave stitch, dimulai dari sisi kanan atas…

.

.

ndl14a

seluruh bagian sudah terisi benang, tinggal menambahkan backstitch untuk detail lebih lanjut

.

.

ndl14

Alhamdulillah inilah needlepointku yang pertama…. *mrenges*

.

Sebenernya masih ada beberapa hal yang ingin kubagi soal pengalamanku ber-needlepoint ini, tapi untuk sementara ini dulu lah ya, yang nulis udah mulai cape, maklum faktor U…. *elus-elus uban*. So, sekian dulu ya sista, dan tunggu kisah selanjutnyaaa…

.

TUBITUKINYUT

( baca : TO BE CONTINUED )

.

.

.

6 thoughts on “Mencoba Needlepoint

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s