Semarang : Ke Sam Po Kong

Nah, lanjut cerita kemarin, setelah mampir ke musium Ronggowarsito perjalanan diteruskan ke tujuan utama klenteng Sam Po Kong. Semangat juga sih, secara sudah lama banget aku pengen nyamper ke situ. Kilas balik ke masa puluhan tahun yang lalu… *jeng-jeng-jeeeeng*, doeloeeeee banget aku sebenernya sudah pernah berkunjung ke kuil Sam Po Kong, tapi berhubung udah lamaaaaa bener, jadinya yo wis lali, lupa seperti apa tepatnya penampakan klenteng itu. Cuma inget dikit-dikit aja  pake banget.

Alhamdulillah gak susah untuk menemukan jalan ke klenteng Sam Po Kong. Dari musium Ronggowarsito tinggal ikutin jalan Pamularsih, trus belok kanan di lampu merah pertama. Teruuusss aja n then ketemu deh klentengnyaaaa….. Setelah bayar tiket, kami masuk dari pintu kecil di bagian kiri klenteng.

.

DSC_1193

.langsung kumat noraknya deh, foto duluuuuuu…..

.

Dan beneran, kompleks klenteng Sam Po Kong sudah tampak berubah, lain banget dengan samar-samar ingatan yang ada di kepalaku. Puluhan tahun yang lalu je mbooook, piye to, hehehe…. Kesan pertama ? wuiiiiiih, megahnyaaaaaaaaaa, cantik bangeeeet…. Dan warna merah khas klentengnya bener-bener menimbulkan kesan tersendiri buatku. Langsung berasa bakalan ketemu bintang pilem paporitku, Jet Lee disitu *dikepret sendal*.

Dari pintu masuk langsung jalan ke lapangan tengah, lalu poto-poto lagiiii…. 😀

.

Image

.

Image

.

Image

Dari lapangan di tengah komplek ini, bisa terlihat jelas betapa luasnya klenteng Sam Po Kong.  Ada beberapa bangunan di dalam komplek klenteng ini. Di dekat pintu masuk pengunjung ada dua pendopo yang digunakan untuk menjual hio sembahyang dan menyediakan layanan jasa pemotretan dengan menggunakan kostum tradisional Tiongkok. Di pinggir lapangan, depan tempat aku mejeng di foto atas *ahem*, ada deretan tempat pemujaan. Bangunan utama berupa sebuah klenteng besar dengan patung Sam Po Kong di dalamnya. Di bagian belakang klenteng utama ini terletak goa batu yang menjadi cikal bakal klenteng Sam Po Kong. Di dalam goa terdapat sumber mata air yang bagi sementara orang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Di sebelah bangunan utama berderet beberapa tempat pemujaan, ada tempat pemujaan untuk Dewa Bumi, tempat pemujaan Kyai Juru Mudi, tempat pemujaan Kyai Jangkar, tempat pemujaan Kyai Cundrik Bumi dan tempat pemujaan Kyai dan Nyai Tumpeng. Di pinggir lapangan berdiri megah patung Laksamana Cheng Ho setinggi 12,7 meter yang didatangkan lansung dari daratan Cina. Konon patung ini merupakan sumbangan umat yang tinggal di Batam.

Deretan tempat pemujaan yang ada di kompleks Sam Po Kong ini benar-benar menarik perhatianku, mengagumkan…. Pengen sih ngambil gambar mpe kedalam-dalam, tapi gak etis lah rasanya. Secara saat itu  ada beberapa peziarah sedang melakukan ritual sembahyang disitu, kelewatan banget dah kalau sampai mengganggu kekhusyukan orang beribadah dengan sibuk jeprat-jepret sendiri. Mintak digetok lilin merah yang segede bedug tuh namanya…. Jadi ya wis, kita potrat-potret yang bisa dipotret dari luar saja.

.

Image

.warning : abaikan oom-oom ganteng yang nyelip diantara patung2 itu ya, he’s already taken, qiqiqi… *gedubrag-gusrag*

.

Deretan patung delapan dewa ini langsung mengingatkan aku pada kit kristik keren yang judulnya eight immortals… byuuuuh, beneran crossticher mpe ke tulang-tulang dah, lagi halan-halan pun nyambungnya ke kristik lagi, kristik lagi…. *jambak2 rambut tetangga*.

.

Image

.

Image

.

Image.

.

Image

.

Image

.

Image

.

Image.

Image

.

Image

.

Image

.

Image

.

Image

.

Image

.

.Image

.

Image

.

Image

.

Image

.

Sebenernya masih pengen ambil beberapa foto lagi, tapi berhubung den baguse Fachri sudah mulai rewel kepanasan, akhirnya kunjungan ke klenteng Sam Po Kong disudahi. Insya Allah kapan-kapan mampir lagi, yuk mari…. 🙂

.

Image

.

.

.

Iklan

4 thoughts on “Semarang : Ke Sam Po Kong

    • iya, tapi ada bagian yang hanya boleh dimasuki oleh pengunjung yang akan bersembahyang saja, misalnya gua gedong batu tempat menyimpan patung Sam Po Kong…

    • terima kasiiih.. iya, aku juga udah kepikiran pengen mampir kesana lagi kalau ada kesempatan. Mudah-mudahan mudik Lebaran nanti bisa mampir…. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s