Gak Penting Banget….

Kemarin di wall fb-ku aku nemu link sebuah portal berita yang memuat berita berjudul “Putri Rhoma Irama Ancam Pindah Negara Jika Jokowi Jadi Presiden”. Judul yang  lebay kalau menurutku sih,  dan mari kita coba tengok apa yang ditulis putri bang Hadji tersebut, yang disebut sebagai ancaman oleh portal berita itu :

“Jika Joko Widodo nyapres & jika tidak ada Rhoma Irama dalam bursa capres 2014 saya bertekad untuk PINDAH DARI JAKARTA, & jika Joko Widodo terpilih menjadi Presiden 2014 maka saya bertekad untuk PINDAH NEGARA Sebagai warga Jakarta  berharap mempunyai Gubernur yang istiqomah, yang komit dengan janjinya memimpin Jakarta setidaknya 1 periode, bukan 1/2 atau 1/4 periode.

lalu mari kita coba lihat apa itu ancaman menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

an.cam
[v] meng.an.cam v (1) menyatakan maksud (niat, rencana) untuk melakukan sesuatu yg merugikan, menyulitkan, menyusahkan, atau mencelakakan pihak lain: kaum buruh ~ akan melakukan pemogokan; pembajak kapal terbang itu ~ akan membunuh para sandera; (2) memberi pertanda atau peringatan mengenai kemungkinan malapetaka yg bakal terjadi: dukungan negara lain thd kaum pemberontak di sini dapat ~ hubungan diplomatik antara kedua negara; (3) diperkirakan akan menimpa: penyakit pes sudah ~ daerah itu

 

So, kesulitan, kesusahan, kecelakaan atau bencana apakah yang akan terjadi kalau neng Debby jadi pindah negara ? Langit runtuh ? Gunung meletus ? Banjir melanda ? Tanggung bulan duit abis  ? *eh itu sih bencana pribadi kali ya*. Kagaaaak, kagak adaaaaaa sodara-sodaraaaa. Gak ada ancaman apa-apa, itu cuma sepotong status galau gak jelas yang ditulis di media sosial. Jadi apa perlunya kata Ancam dicantumkan gede-gede sebagai judul berita ? oh My… Sepertinya sudah biasa kalau saat ini media massa banyak berperan sebagai kompor meledug. Satu hal yang sebenernya biasa aja sengaja diplintir, dipoles, dibumbui atau bahkan kalau perlu diputar balikkan hanya untuk mengejar kehebohan berita.
.
 Selanjutnya link berita di-share kesana-sini, dan kehebohan pun menyusul di media sosial. Langsung atau gak langsung kata ancam akan mengundang ‘kemeriahan’ tersendiri. Kalau  kita mendapat ancaman yang kita anggap gak bakal mendatangkan bahaya apapun, apa reaksi kita ? Yang paling seru tentu saja ledekin aja abis-abisan. Hina-dina-tralala ampe ke dasar sumur  kalo perlu… Segitu serunya sampai lupa bahwa gak ada gunanya juga kita larut dalam kemeriahan bullying atas sesuatu yang sungguh sangat tidak penting, dan gak bakalan berpengaruh apa-apa pada hidup kita.
.
Buatku sungguh menyedihkan, bahwa sepotong status gak penting dari orang yang sebenernya juga gak penting pun bisa jadi bahan ghibah nasional. Dan kalaupun keberatan menganggap neng Debby apes ini sebagai sodara, baiklah dan mohon maaf kalau aku ubah redaksinya, “perumpamaan orang yang membicarakan keburukan orang lain adalah seperti memakan bangkai orang lain“. Eniwei, Debby R Irama masih dianggap orang kan ya ? *deuh, nyolooooot*
.
Mungkin ada yang berkilah bahwa itu resiko dari nyemplung dan menulis di media sosial, berani nulis status jadi yo tanggungen dewe kono, ya tanggung aja sendiri lah situ resikonya…. Oh oke, baiklah selamat datang di dunia media sosial. Tapi yang jelas aku gak pengen jadi bagian dari resiko yang hanya akan merendahkan manusia ke level pemakan bangkai, apalagi untuk tulisan yang menurutku jelas-jelas kagak penting.
.
Buang waktu percuma untuk nambahin dosa, rugi bandar lah cuy….
.
.

7 thoughts on “Gak Penting Banget….

  1. makanya saya jarang share berita di FB, mbak. karena belum yakin valild atau tidaknya berita yang dimaksud dan mikir nggak ada manfaat kalau ngeshare, baik bagi diri sendiri apalagi buat orang lain. apalagi malah jadi bahan ghibah dan fitnah.

    jadi kalau ngeliat dan baca berita, yang lebay mah media ya 😀

    • sepertinya ghibah berjama’ah di media sosial semakin dimaklumi aja ya…. 😦

      konon katanya media mencerminkan masyarakatnya lho, jadi ? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s