Kotak Tissu bentuk Semangka

Berhubung tembok di rumah sudah semakin crowded saja, sementara hobi kristik-mengkristik terus melaju,  mau gak mau aku harus mencoba jurus diversifikasi alias penganeka-ragaman produk kristik … *etdah kalimatnya*. Jadi gak melulu bikin gambar kristik yang akhirnya digunakan untuk hiasan dinding. Salah satu yang jadi pilihanku adalah kit kotak tissu  yang dari awal sudah bikin aku penasaran. Bentuk dan warnanya lucu-lucu…

Kalau dilihat dari bentuk jahitannya, sebenernya kit ini lebih cocok disebut sebagai tapestry atau needlepoint, karena bentuk sulamannya yang hanya setengah dari bentuk X, atau yang lebih dikenal sebagi half-stitch dalam kristik. Media-nya juga bukan kain evenweave atau aida yang lemas, tapi berbentuk seperti kanvas plastik yang kaku dan besar lobang2nya. Ewwww, daripada bingung bikin deskripsi-nya, liat aja langsung deh kitnya…

.

Image.kit berisi benang mirip benang wol, plastic canvas dengan bentuk dan ukuran sesuai pola, jarum dan kertas petunjuk. Dari awal sudah tau sih, kalo instruksinya ditulis dalam huruf cina, tapi yo nekat wae lah, namanya juga penasaran….

.

.Imageplastic canvas untuk badan semangka-nya memang sudah dipotong sesuai bentuk, tapi perlu diperhatikan bagian atas dan bagian bawahnya saja. Sekilas memang mirip, tapi sebenernya beda.

.

.

Daaaan… inilah kisahku waktu nyoba-nyoba ngerjain kit ini :

.

Imagekerjakan half stitch dengan warna benang sesuai petunjuk di polanya

.

.

Imagesisi depan dan belakang semangka sudah jadi…

.

.

Imagesesuai petunjuk pada pola, sisi samping semangka bentuk jahitannya  berbeda daripada sisi depan dan belakang. Gambar di kanan atas adalah caraku ‘menambatkan’ benang biar gak bablas

.

Imagehasil akhir jaitan untuk sisi semangka

.

.

Imagepenutup alias bagian atas dengan lobang untuk ngeluarin tissu-nya

.

.

Imagesecara garis besar, njait bunganya seperti ini. Ada 2 ukuran bunganya, yang besar untuk bunga warna kuning, yang kecil untuk merah jambu dan putih.

.

.

Imagedaun, sama dengan bunga, untuk bagian pinggirnya ditutup dengan benang sesuai gambar pola

.

.

Imagesemangka masih dalam bentuk terurai… :p

.

.

Imagegunakan laizy daisy stitch untuk membentuk biji semangkanya

.

.

Kelar ? ya belooooom… cuma kelar urusan jait menjahitnya dowang, selanjutnya adalah urusan merakit, dan tetep pakai jahitan juga…

.

Imagedipandang-pandang duluuu… 😀

.

.

Imagegak bisa baca instruksi-nya, jadi aku kira-kira seperti inilah cara nyambungnya. Dijait aja dari lobang ke lobang, bikin jaitan yang ketat biar nempelnya bagus. Aku sengaja membuat stitch-nya miring, karena lebih menutup daripada stitch lurus.

.

.

Imageagak susah untuk nyambungin sisi depan/belakang dengan bagian sampinganya, kudu dijaga agar bisa pas nyambungnya, gak kurang atau kelebihan panjangnya

.

.

Imageakhirnya kliatan juga bentuknyaaa…. :D.

Sekedar saran, kalau ingin memasang bunganya dengan cara dijahit, lebih baik bunga dipasang sebelum rangka dirakit menjadi bentuk seperti ini. Tapi bisa juga bunga ditempel dengan cara di lem, lebih praktis sih…

.

.

Imagepenutup bagian bawahnya gak usah disulam permukaannya, gak kliatan ini, hihihi… Dijahit nyambung dengan badan semangka-nya juga hanya di satu sisi aja, karena musti bisa dibuka tutup untuk masukin tisunya. Jaitan sengaja aku dobelin biar kuat. Dan untuk pengancingnya aku pasangin benang aja, ntar tinggal disimpul untuk ngancinginnya… akal-akalan sendiri sih, secara kagak bisa baca lembar instruksinya… 😀

.

.

dan inilah penampakan kotak tissu ala Semangka-ku….

.

Image

dengan sedikit perjuangan, akhirnya aku masang bunga-nya dengan cara dijahit… 😀

.

.

10 thoughts on “Kotak Tissu bentuk Semangka

    • terima kasih… aduh, aku lupaaa.. udah lama bangeeeet… maaf…. tapi coba aja cari di online shop kristik yang di FB, banyak kok…

      tapi coba aja ke Cross Stitch atau Fun stiching di FB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s