Selasa Siang di Pelita Desa Ciseeng

Selasa tanggal 4 Maret 2014 kemarin, sekolah Fachri mengadalan outbond ke Pelita Desa, sebuah wahana wisata edukasi yang terletak di  Jl. H. Miing Rt 01/03 Rawa Bangsa Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Sebagai emak rempong berbakti tentu saja aku pengen ikut mendamping si bocah dalam kegiatannya kali ini, sayang karena satu dan lain hal, aku gak bisa mengikuti dari awal. Jadi pagi-pagi banget Fachri berangkat dulu dengan ditemani mbak pengasuhnyai bersama rombongan sekolah, n then siangan dikit setelah kondisi memungkinkan aku akan nyusul ke sana.

Niat sih niat, tapi hati keder juga secara aku sama sekali ‘buta’ daerah sono, gak ada bayangan sama sekali…. Pihak sekolah juga cuma melampirkan peta std alias standar saja dalam pemberitahuannya :

Image

 Peta lurus-lurus begini jelas mencurigakan buatku, mana ada jalan ke dusun di Bogor yang lurus rapih begini, qiqiqi… Jadi memang ini hanya petunjuk arah secara kasar aja. Aku coba gugling, elha kok ya pada bae sama aja yang nongol juga peta itu lagi. Nanya ke gugel map malah tambah mumet, dikasi pilihan lewat serpong, alamaaak. Mungkin karena kata kunci pencariannya yang terlalu luas, gak bisa nunjuk langsung ke Pelita Desa, tapi Ciseeng-nya yang dimasukin. Jadinya ya gitu deeeeh, ngeluuuu.

Alhamdulillah akhirnya ada orang tua temen Fachri yang bisa memberi sedikit petunjuk arah menuju Pelita Desa. Pokok’e dari tol Jagorawi keluar pintu tol Sentul lalu masuk Bogor Outer Ring Road, lalu teruuuuus aja, lanjut ngikutin jalan ke arah Parung… setelah itu mari kita cari petunjuk yang bisa mengarahkan ke Pelita Desa nun jauh di Ciseeng sono. Dan alhamdulillah lagi, aku sudah pernah 2 kali melewati Bogor Outer Ring Road, jadi ya gak blank sama sekali lah, walaupun gak sampai menyentuh jalan raya Parung-nya.

So, Selasa setengah sembilan pagi aku memulai perjalanan dag-dig-dug dalam rangka nyusul anak lanang ke Ciseeng.  Hambatan petama yang nongol adalah macet parah di JORR-nya… alhasil habis waktu satu jam sendiri untuk menempuh perjalanan dari Jatiasih sampai keluar tol Taman Mini. Jadi yang seharusnya dari JORR langsung nyambung ke tol Jagorawi, akhirnya aku putuskan untuk keluar di pintu tol Taman Mini, muter dikit masuk lagi ke tol Jagorawi di depan Tamini Square. Biarin deh, daripada sendat-sendut gak jelas di JORR-nya.

Setelah itu alhamdulillah aman sentosa melalui tol Jagorawi. Keluar pintu tol Sentul lalu masuk ke Bogor Outer Ring Road. Sedikti tersendat setelah kelua BORR karena proyek BORR sendiri belum 100% selesai. Keder dimulai saat sudah memasuki jalan raya Parung… nyetir sambil jelalatan ke arah kanan jalan, karena berdasarkan peta, petunjuk pertama yang bisa di temukan adalah perumahan Billabong. Dan memang benar, gambar jalan yang lurus lempeng di peta ternyata menyesatkan sodara-sodara… jalannya sama sekali tidak lempeng, sama sekali ora luruuuussss.

Setelah melewati Billabong, aku makin meningkatkan kewaspadaan untuk menemukan belokan ke kiri-nya. Beberapa kali ragu-ragu sampai akhirnya bablas sampai ke perumahan Telaga Kahuripan. Berpegang pada gambar di peta, aku  langsung belok kiri pada belokan pertama setelah lewat perumanah Telaga Kahuripan. Jujur, aku sendiri gak gitu yakin, karena jalannya yang tidak terlalu lebar, pas banget untuk papasan 2 mobil. Misi selanjutnya adalah mencari pom bensin Waru Jaya dan perempatan Ciseeng. Susah ? susaaaah…. secara pom bensin gak ada yang masang nama, hiks. Sempet ragu n pengen balik kanan, karena jalan yang serasa panjang beneeer dan aku gak tau ujungnya dimana.

Akhirnya aku telpon contact person yang ada diberikan pihak sekolah, gak ada yang angkat ! Tambah stress deh… Mau nanya bingung juga, bolak-balik ketemu-nya truk pengangkut pasir, karena ternyata daerah situ banyak tambang pasirnya. Untung pengasuhnya Fachri udah aku pesenin untuk bawa hp, dan alhamdulillah bisa nyambung dan dioper ke orang yang bisa memberi petunjuk arah selanjutnya. Jadi setelah belok kiri dari jalan raya Parung tadi, lanjuuuuuuuut aja terus, ketemu pasar Ciseeng. Lanjuuuuuut terus, ada pom bensin di kanan jalan, Lanjuuuuut lagi sampai ketemu perempatan Ciseeng yang ditandai adanya Alfamart di kiri jalan…  Nah dari perempatan Ciseeng ini lalu belok kiri lagi, lanjuuuuuuut terus lewat pom bensin Putat Nutug, mentok di pertigaan lalu belok kiri lagi, dan ngooook, siap-siap ketemu Pelita Desa di kiri jalan.

Sampai disana ternyata si bocah lagi makan baso setelah sesi pemanasan outbond selesai. Kata mbak-nya sih, pemanasan diisi dengan games yang lumayan seru. Selesai pemanasan, baru deh bocah-bocah diajak outbond yang bertabur lumpur, hehehe…

Image

dimulai dengan antri masuk goa bawah tanah…

.

Image

ujung terowongan berupa gua yang cukup lapang untuk kegiatan dengan tanah liat

.

Image

jalan keluar dari gua berupa mulut ikan

.

Image

cuci tangan dulu sebelum lanjut ke outbond-nya….

.

Image

meniti, simboknya udah mulai was-was secara ini bocah demen grusa-grusu…

.

Image

tadinya udah mau kabur aja pas disuruh naik bajak yang ditarik sapi…😀

.

Image

akhirnya mau jugaaa….😀

.

Image

sok-sok nanem padi, yang ada maen lumpur dowaaang, qiqiqi…

.

Image

masih semangat, lanjuuuut….

.

Image

nyebrang, lha kok sambil cekikikan….

.

Image

suweeeer, ini simboknya streeesss… ni bocah nyebrangnya ngebut sambil ketawa-ketiwi….

.

Image

lanjut ngebutnya….

.

Image

akhirnya disemprit juga ama pengawasnya, slow down boy….😀

.

Image

naik getek ke pulau buatan di tengah danau

.

Image

dari tengah danau kembali ke darat dengan flying fox, yihaaaa…..

.

Image

aku bisaaaaa !!😀

.

Image

katanya sih ini game tangkep ikan… gak tau ikannya dimana…😀

.

Setelah semua kegiatan selesai dilaksanakan, anak-anak mandi dan ganti pakaian, lalu lanjut dengan makan siang bersama. Alhamdulillah puas dan hepi tu bocah, simboknya juga sih, hehehe…. Jujur aku hepi banget melihat perkembangan Fachri, dari yang dulu cuek bebek dan asik dengan dunianya sendiri, sekarang sudah mulai aktif dan tidak mau ketinggalan beraktifitas bersama teman-temannya. Pun sudah manut dan bisa diberitahu untuk antri tertib, meskipun sempet kebablasan juga, hehehe….

Kira-kira jam 2 siang aku ajak Fachri pamit ke rombongan untuk pulang duluan, takut keburu maceeet… dan Alhamdulillah perjalanan pulang lancar jaya merdeka tanpa tambahan bingung nyari jalan….

Terima kasih Pelita Desaaaa…..😀

.

.

6 thoughts on “Selasa Siang di Pelita Desa Ciseeng

    • makasiiiih… waktu kecil simbok outbond sendiri di kampung, kluyuran dari sawah ke sawah, qiqqi..

      iye, biar seger nih Nop, tengkyu…😀

  1. Mba, makasih info jalannya ya, helping much, tadi saya juga nyusul bocah yang ke ciseeng naik bus dr skulnya, sempet galau, lihat peta di gugel std bgt, eh tyt ada web ini yg nyeritain detil how to go there. Alhasil, bisa nyampe sana tanpa cerita nyasar dijalan… الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين…  “̮ τ.н.α.π.к. γ.ö.υ. “̮  ya mba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s