Berkebun : Tanaman untuk Tempat Teduh

Aslinya aku memang suka banget tanaman berbunga, maunya sih pekarangan dipenuhi tanaman berbunga warna-warni bak gambar hiasan di kalender *uhuksss*. Tapi apa daya, hal itu agak sulit terlaksana. Bukan apa-apa sih, kebanyakan tanaman berbunga memerlukan banyak sinar matahari untuk mendukung produksi bunganya, sementara pada keyataannya ada beberapa bagian di pekaranganku yang bisa dibilang tidak pernah terkena sinar matahari langsung. Hal itu bisa terjadi karena posisi rumah yang membelakangi lintasan matahari, jadi ya gutbai sinar matahari langsuuuung….

Putus asa ? jangan dooong… tanaman kan tidak hanya bisa dinikmati bunganya saja toh ? masih ada banyak pilihan tanaman tanpa bungaΒ  untuk menghias pekarangan kita, yang kebetulan tidak bisa terkena sinar matahari langsung.

.

ImageNah ini dia bagian pekaranganku yang tidak terkena sinar matahari langsung, tetep bisa terlihat cantik dan segar kan ?

Β Berbeda dengan kebanyakan tanaman berbunga, tanaman yang tidak berbunga atau yang sedikit berbunga memang tidak membutuhkan banyak sinar matahari untuk hidup. Beberapa bahkan ada yang tumbuh lebih baik jika terhindar dari sinar matahari langsung. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, beberapa jenis tanaman yang ditanam di tempat teduh antara lain :

Image

Kuping Gajah, termasuk jenis Anthurium yang populer sejak jaman dahulu kala. Yang aku tahu, ada jenis kuping gajah yang daunnya lebaaaar, ada pula yang kecil. Yang ada di gambar ini termasuk kuping gajah berdaun kecil, jadi bisa tampak cantik ditanam di pot kecil.

.

Image

Aglaonema Snow White. Sependek yang aku tahu semua jenis Aglaonema tidak menyukai sinar matahari langsung. Kemungkinan masih bisa hidup, tapi tidak bisa tumbuh sehat dan optimal.

.

Image

Jujurly, aku kurang tahu persis nama tanaman ini, tapi sepertinya termasuk jenis Philodendron. Gampang ditemui di lapak2 tanaman hias pinggir jalan. Termasuk cepat tumbuh dan seperti kebanyakan philo, tanaman ini cenderung bisa tinggi dan bisa menggunakan akar serabutnya untuk menempel atau memanjat.

.

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

 

Image

Salah satu jenis dari banyak banget jenis Begonia. Perlu kondisi teduh dan penyiraman secukupnya saja. Terlalu banyak air bisa membuat tanaman ini membusuk.

.

Image

Orang jawa sering menyebutnya sebagai tanaman Sri Rejeki. Termasuk populer, gampang ditemukan, dan gampang pula perawatannya.

.

Image

Ada banyak sekali jenis pakis atau paku-pakuan seperti ini, banyak digunakan pula sebagai tanaman gantung. Sangat disarankan untuk menempatkan tanaman pakis ini di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

.

Image

Spathiphyllum… etdah susah bener namanya, qiqiq… Daunnya lucu seperti bergurat dan mengkilap. Tapi daunnya tidak akan tumbuh bagus jika terkena sinar matahari langsung.

.

Image

calathea silver plate, berdasarkan pengalamanku, tanaman satu ini takut banget kena sinar matahari. Daunnya bisa menggulung dan tampak tidak sehat jika ditempatkan di tempat yang terkena matahari langsung. Padahal warna daunnya cakep banget nih…

.

Image

maap, ga tau ini namanya apa, penampakannya sih kayak rumput liar. Tapi kalo naksir ya bawa aja gambarnya ke tukang taneman, trus minta dicariin, qiqiqi… *disambit pot*

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

Image

naaah, ini aku juga gak tau namanya apa-aaaan, ma-aaaap… :p

wah, udah lumayan banyak juga ya gambarnya…. moga-moga bisa sedikit membantu untuk yang tetep pengen menghias rumahnya dengan tanaman, meski kurang mendapat sinar matahari. Selamat Berkebuuuun…. πŸ™‚

.

.

.

25 thoughts on “Berkebun : Tanaman untuk Tempat Teduh

  1. Sedang berteduh di bawah pohon apa tuh mbak Pingkaaan…?? πŸ™‚

    Kalau saya mah, tanamannya musiman, kalau pas semi dan panas bisa berbunga-bunga.. Begitu masuk gugur, berguguran pula… Tp lagi ngincer tanaman yg buat dalam rumah, sejenis Palm gitu…

    Tapi kalau lihat hijau2 gitu, bikin adem emang yaaa…apalagi yg warna ijo-ijo ada di dompet hihihi

    • sebenernya aku ngiri lho ama gardener di negara 4 musim, pilihan jenis dan warna tanaman bunga-nya amazing bangeeeeeet… tapi kagum juga sih, rajin banget bertanam dari nol lagi setelah musim dingin… sementara aku maunya sekali nanem aja jangan mati-mati lagi, hahaha…

      dimari isi dompet yang paling hot warnanya merah Teh, hahahaha…

  2. Selain tanaman bunga, bagus juga nanem pohon buah. Kayak mangga, ac/rambutan, talok dll. Itu kalo ada lahan luas πŸ˜€

    Si Emak ga nanem bunga Sepatu? Atau Songgo Langit. Ngelingi jaman cilik xixixi..

    • pohon buah-buahan mengundang bocah nyolong, wkwkwwk… gak ada lahan juga sih, tempat terbatas… πŸ™‚

      kembang sepatu akeh… ncen seneng ngumpulin. kalau songgolangit gak nanem sih…

  3. yah untung untungan ituh mbak,, kalo gag ya harus di usahakan bikin taman,, *babat pekarangan tetangga haha
    tapi taman mini yang ada dah bagus luh mba, bisa buat cuci mata biar gag liatnya tembok melulu,, hihi,

  4. depan kamarku juga banyak tanaman, Mak. Dari paprika sampai pohon jambu.
    yg rajin berkebun di rumah itu mamah, kalau aku ndak pernah berkembang tanamannya alias mati, katanya tangannya panas –“.

    • waaah…. seru juga tuh kalo bisa bertanam sayur seperti paprika gitu, aku pernah nyoba nanem sayur, sayang belom apa-apa udah digasak tikus… 😦
      pengen juga bisa nanem pohon buah, sayang tempat terbatas….

  5. Dedaunan hijau juga tetep cakep lah meski tiada bunganya. Duh, lihat ini jadi mengingatkan betapa ceteknya pengetahuan botaniku… Aku tuh suka lupa2 & gak tahu namanya, apalagi cara berkebunnya :D. BTW waktu kemaren jalan2 ke Gedung Sate liat tanam2annya… Ternyata sekumpulan tanaman tanpa bunga berdaun warna merah dipadukan dengan daun/rumput hijau indah juga dipandangnya… ^_^

    • mungkin karena dari sononya aku seneng berkebun, jadi lumayan ngerti lah nama-nama tanaman, hasil sering ngobrol ama tukang tanaman, hahaha….
      tanaman berdaun merah menyala yang sering dipakai untuk hiasan biasanya Kastuba, dan hawa Bandung sepertinya juga lebih bersahabat untuk tanaman daripada Bekasi yang puanaaassss… πŸ˜€

  6. Duh, mbak, halaman rumahmu dan jendela rumahmu mengingatku dengan rumah dan halaman rumah Uti di Malang. Tanaman kuping gajah punya Utiku dulu yg gede daunnya dan karena gedenya aku dulu percaya itu masih ada hubungannya sama kuping gajah betulan, hahaha. Salut dengan keseriusanmu mengurus halaman, mbak.

    • hahahaha…. anak kecil gampang diapusi yow ? aku juga punya tanaman kuping gajah yang gede, gagah dan kesannya vintage gitu, hehehe….
      terima kasih Dian, namanya juga hobi, jadi ya serius bin seneng lah ngerjainnya… πŸ˜€

    • Bikin aku terdorong mau serius juga ngurusin halaman belakangku, mbak. Malesnya itu nyiangi tanaman liarnya di beberapa pojokan. Angel men memusnahkan tanaman yg merambat itu.

  7. Emaknya khansa pernah, pas summer beli water lily dari IKEA ditaruh dalam rumah. Suatu hari kog pengin ngeluarin. Akhirnya ditaruhlah di balkoni. We lha dalah kelupaan, akhirnya kering kerontang kena ganasnya sinar matahari :(.

  8. Itu calathea silver platenya berbunga mba pingkan? Ku sih newbie dlm tanam menanam.. awalnya jatuh cinta sama calathea multicolor, jd keterusan pengen koleksi calathea yg berdaun unik πŸ™‚ nice info mba, usefull banget buat nambah2 kolΓ¨ksi taman mungilku. Kapan2 ta fotoin klo dah byk tanamannya πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s