Batik Sogan CrossStitch Project

Diantara serbuan *perang kaleee* kit kristik dengan tema-tema luar negeri seperti pemandangan dan bunga negara empat musim, sebenernya ada pilihan tema-tema bernuansa Indonesia yang unik dan khas. Gak banyak sih, tapi ada aja dan bagus-bagus pula. Diantaranya adalah kit Loro-Blonyo yang sudah kukerjakan beberapa waktu lalu, kit pasangan pengantin beberapa daerah di Indonesia dan kit dengan tema batik. Salah satu toko craft yang menjual kit dengan tema-tema khas indonesia adalah Cross Stitch Point. Setahuku ada beberapa gerai Cross Stitch Point di Jakarta ini, tapi yang sering aku kunjungi adalah Cross Stitch Point yang ada di Mal Ambassador. Lokasinya lumayan deket dengan kantor, jadi sekali-sekali bisa meluangkan waktu nge-mol di Ambass, belagak halan-halan cuci mata dan cuci dompet di sono, belagak doang sih, hahaha….

Sebenernya aku sudah pernah ngerjain kit batik, dan hasilnya cukup bagus.Gambar batik Pekalongan yang aslinya memang berwarna-warni,  khas batik pesisiran.

.

Image

.

Cantik kan ? Aslinya kit ini menggunakan kain 25ct white dikerjakan over 2, tapi berhubung aku udah takut duluan ama ct-nya,maka kuganti dengan aida 14ct. Gak terlalu beda sih, dan alhamdulilalh benangnya juga cukup. Setelah satu  kit batik ini, aku sempet mikir gak lag-lagi deh ngerjain kit batik, quarter dan backstitch-nya itu lho, ribet. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, sayang amat ya, lha wong udah terbukti hasilnya bagus kok, sesuai lah ama perjuangannya, hehehe…

So, beberapa waktu lalu, pas mampir ke CSP mal Ambassador akhirnya aku beli kit batik lagi. Kali ini aku pilih kit batik sogan. Berbeda dengan batik pesisir yang kaya warna, batik sogan  didominasi variasi warna coklat . Jadi memang tidak semeriah batik Pekalongan.

.

.Image

belanjaan di CSP ambass…

.

Kali ini aku berniat untuk tetap menggunakan kain yang sudah di sediakan di kit-nya, ecru 25ct. Sempet rada ragu karena belum punya ‘alat bantu’ lampu magnifier, maklum mata  sampun yuswo alias sudah tuwa. Jadi agak siwer juga kalau melihat kotakan yang mungil-mungil…Tapi setelah dicoba, alhamdulillah ternyata tidak se-horror yang kubayangkan, hahaha… Apalagi ini dikerjakan over 2, alias lompat 2 serat kain, jadi gak beda jauhlah dengan ngerjain di kain 14ct. Plus dengan 25ct sangat mudah membuat quarter stitch, langsung hajar aja gak perlu ngotot-ngotot menembus kainnya dengan jarum, sudah ada bolongannya di tengah,hehehe… Jadi, lanjoooot….

.

Image

.

Image

.

Image

.

.

sempet ada insiden pendedelan, segala… tapi Alhamdulillah gak terlalu mengganggu..

Image

.

.

dan salah satu keuntungan mengerjakan kit kecil adalah mudah ditenteng kemana-mana, jadi bisa untuk sambilan pembunuh waktu saat menunggu pertolongan pas mengalami ban bocor di jalan tol…:p.

Image

 .

lanjuuuut….

Image

.

.

Image

.

.

dan akhirnya, alhamdulillah kelar juga….🙂

Image.

.

.

4 thoughts on “Batik Sogan CrossStitch Project

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s