MyCrossStitchProject : Alhamdulillah, akhirnya beads untuk gaun Winter

Di penghujung tahun ini, alhamdulillah akhirnya project gede Dressmaker’s Daughter-ku kelar juga. Groundbreaking *haiiiisssssh* dimulai pada tanggal 25 Mei 2103. Seperti kebiasaanku, aku mulai project dari kanan ke kiri, alias dari kotak gaun Autumn trus merembet ke kanan, sampai akhirnya sampai ke gaun Winter ini, horeee…. *girang bener*. Dan dari awal sudah kliata sih, kalau gaun Winter ini bakalan tampil lebih wah dan blink-blink dari gaun lainnya. Beads-nya itu lho, terlihat lebih kemruyuk alias lebih banyak. Pun tampilan gaunnya juga tampak lebih wah dengan buntutnya yang panjang menyapu lantai. Gak kebayang deh tu baju kalo dipake jalan di gang becek…. *plaaaaak*

Aku memulai beading dengan memasang beads untuk kalung-nya. Agak khawatir juga sih, secara tampilannya wah bener… Terdiri dari 3 lapis beads. Yang paling atas adalah Ice beads size 6, lalu bugle beads small ice dan paling bawah adalah seed beads ice. Rada mumet juga, tadinya aku coba membuat rangkain 3 beads tersebut, lalu ditempelkan di kristiknya. Ternyata salah besar sodara-sodara… lha wong ukuran gak sama, kok dipaksain dipasang bareng, ya gak cucok lah… Akhirnya aku membuat per-lapis aja, lapisan pertama pasang ice beads size 6 dulu, lalu dilanjutkan dengan bugle beads-nya, dan terakhir si seeds beads yang kecil-kecil untuk lapisan paling bawah.

.

IMG_3110


paling atas ice beads size 6, bugle beads, lalu seeds beads ice-nya baru mulai dipasang…

.

terus terang memasang bugle beads cukup merepotkan buat aku. Gimana enggak, bugle beads bentuknya memanjang kaku, harus dicari jalan agar bisa membentuk barisan melengkung yang halus dan rapi. So bismillah, pasang satu-satu dengan memperhatikan kapan harus mulai dipasang miring agar terbentuk lengkungan seperti yang diharapkan. Dan alhamdulillah kelar juga akhirnya, lumayan rapi… Paling gak sudah lulus standar pribadi-ku deh, wkwkwk… *mekso*. Setelah itu pasang deh lapisan terakhir kalungnya. Dan jujur saja, untuk seed beads aku tidak pernah mencocokkan jumlah yang harus dipasang versi pola/chart dengan jumlah yang kupasang di kristiknya… melelahkan bok, hihih… cukup dikira-kira aja deh, dipas-pas-in sendiri jumlahnya. Alhamdulillah fine-fine aja sih hasilnya… sekali lagi standar pribadi juga sih, hahaha…

.

DSC_0110 copy


hasil akhir kalung untuk gaun Winter

.

setelah tantangan mendebarkan ini selesai *preeeeet*. Aku mulai memasang seeds beads untuk hiasan background kotak gaun winter ini. Asik euy, gak susah, ga ribet, modal sabar aja nyocokin satu-satu beads mana yang harus dipasang. Karena untuk background ini, ada 2 beads berbeda yang harus dipasang… satu beads berwarna putih, dan satu lagi yang bening alias ice.

.

DSC_0141 copy

.

DSC_0143 copy

.

Untuk selanjutnya aku memasang beads pada gaun, memanjang kebawah dengan pola yang berulang. Seru juga lho… untuk barisan beads horisontal aku masih mengikuti pakem pemasangan beads yang biasa, dipasang miring pada kotakan aida-nya. Tapi untuk barisan vertikal aku memilih untuk membuat rangkain alias meronce jumlah beads yang dibutuhkan, baru kemudian kupasang pada tempatnya dengan menggunakan teknik couching. Gak nurut aturan yo ben , ambil jalan pintas ya biarin…  yang penting aku terhindar dari rasa frustasi akibat barisan beads vertikal yang mletat-mletot… mungkin nanti kalau aku sudah cukup mahir dan mumpuni pasang beads, baru kucoba membuat barisan vertikal yang dipasang satu demi satu… *janji gak jelas*

.

DSC_0102 copy

.

DSC_0103 copy

.

DSC_0115 copy

.

Setelah kelar dengan barisan beads yang memanjaaaaaaang dari atas sampai ke bawah gaun. Aku mulai memasang beads yang ada dibagian ekor gaun winter yang menyapu lantai dan juga bagian kecil dressform yang masih terlihat.

.

DSC_0134 copy copy

.

DSC_0119 copy

.

DSC_0226 copy

.

DSC_0214

.

Kelar ? beloooom… ada sedikit kecelakan kecil, tragedi kali ya ? wkwkwk… gara-gara sembarangan nenteng kesono-kemari, salah satu beads penting yang harusnya dipasang sebagai bros pada gaun ini ternyata  pecaaaaah, huwaaaa… Padahal itu belinya ya cuma satu itu, satu kotak isinya ya cuma satu ituuuu…. Terpaksa lah minta tolong Liana untuk beli lagi ke Sewandso…

DSC_0068

Cantik ya bentuknya ? judulnya Medium Snow Flake Crystal Bright. Tapi lumayan mikir juga sih masangnya. Gak seperti bross gaun Autum dan Summer yang letak lobanganya ada di tengah, untuk si Snow Flake ini lobangnya ternyata ada di bagian atas. Gak bisa pula pakai cara seperti yang kugunakan pada pemasangan bross gaun Autumn dan Summer, yang menggunakan 1 seeds beads untuk jangkar. Pikir punya pikir akhirnya aku memutuskan untuk menjahit saja langsung tanpa tambahan beads lagi. Sengaja kupilih benang berwarna putih agak kebiruan agar tidak terlihat jelas….

.

DSC_0078 copy

.

Dan ternyata si MillHill treasure yang berjudul Medium Snow Flake Bright ini memang benar-benar briiiiiiiiight…. kinclooooong…. *kumat norak*

.

DSC_0101 copy

.

1523926_10202582925564988_1556743660_o

.

akhirul kata, aku hepiiii banget akhirnya project Dressmaker’s Daughter ini kelar juga…. tapi efek sampingnya lha kok aku jadi ketagihan. Pengen ngerjain kristik yang blink-blink lagi dengan hiasan beads dari MillHill….

.

.

1c

.

.

16 thoughts on “MyCrossStitchProject : Alhamdulillah, akhirnya beads untuk gaun Winter

  1. bu ping…..keren pisan dressnya:)

    makkhansa sebenarnya sudah mulai bikin paris market, tapi hari ini ada kecelakaan fatal. benang-benangnya sama polanya ketumpahan French vanillanya si khansa huhuhu. emak jadi bingung deh saking marahnya. istighfar sambil nyuruh si khansa ke kamar. itu si benang akhirnya dicelup celupin air sekarang di biarin dulu semoga kalo kering ntar bisa dipake lagi.

    • insya Allah tetep bisa dipakai kok jeng, benang Dimensions mutunya cukup bagus dan tidak luntur… 🙂

      Paris Market ? waaaah, barengan dooong… hari ini aku juga baru mulai ngejahit Paris Market untuk project SAL-nya xstitcher indonesia bagian facebook… 😀

    • bu Ping, nanya dong, kog harga di sewandso cenderung lebih mahal ya? dibandingin online store lainnya. hari ini sempat ngubek sewandso sama crossstitchword, dan ngebandingin harga. itu karena kualitas benangnya kah?

    • kalau sudah dalam bentuk kit ya sama aja sih mutunya jeng, apalagi yang udah ada merk-nya…. Sewandso biasanya lebih mahal untuk kit produk amerika seperti Dimesions atau Bucilla… tapi untuk kit2 yang produk Inggris seperti Bothy Threads biasanya lebih murah.. 🙂

  2. Wah…kebetulan bias sama. Apa itu project SAL xstitcher pu Ping?

    Hihihi emak khansa bikinnya bakalan lamaaa…soalnya kepegang biasanya cuma weekend aja.

    Alhamdulillah kemarin benangnya sudah kering, bisa dipake lagi. si Khansa kena time out emak seharian kemarin 🙂

  3. Mba pingkan,mau tanya lg ya,maaf bawel. Hehe. Mba,kalau beli di sewandso pk kartu kredit ya? Prosedur belinya ribet ga mba?aku blm pernah beli online store luar soalnya. Smp ke indo ya?shippingnya brpaan mba?trims 🙂

    • waduh, kalau soal beli onlen ke luar negri biasanya aku minta tolong Liana, yang punya ols Rumah Kristik… atau kalau gak ya ikutan PO yang dibuka ols kristik disini. Sebenernya sih kalau dilihat2 alurnya gak ribet juga, samalah ama belanja di ols sini yg pakai shopping chart. Masalahnya aku ga punya kartu kredit, gak punya paypal, jadi ya ikut PO atau nitip aja ke Liana…

      Kalau masalah pengiriman biasanya sih 2 atau 3 minggu gitu. Dan saranku untuk pilihan cara pengiriman, JANGAN PERNAH PAKAI JASA KURIR, mendingan pilih Pos aja. Jasa kurir biasanya membebankan banyak biaya tambahan seperti handling, kargo dan administrasi. Belum lagi mereka juga sering me-mark-up perhitungan pajaknya. Kalau menggunakan pos, setelah barang sampai akan ada panggilan untuk mengambil barang ke kantor pos yang ditunjuk, bawa panggilannya ke sana lalu bayar pajak yang sudah ditentukan, baru deh barang bisa kita ambil.

      untuk gambaran perhitungan bea masuknya bisa dilihat disini : http://www.ariefew.com/umum/perhitungan-bea-masuk-pajak-kiriman-luar-negeri/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s