MyCrossStitchProject : Balerina Imut

Sebenarnya dulu aku sudah pernah ngerjain seri kit balerina ini, tapi karena ada temen yang tertarik dan pengen dijahitin, maka baiklah aku kerjain lagi lah seri itu.  Termasuk kit kecil sih, tapi lumayan menantang karena harus memasang benang hias yang blink-blink untuk rok balerinanya. Ada 3 balerina dengan 3 pose berbeda yang harus kujahit, tapi ya seneng2 aja sih, kecil-kecil ini ukurannya. isi kit-nya sendiri sih standar aja, kain, pola, jarum dan benang, termasuk benang blink-blink untuk roknya…

.

2

.

pengerjaan kristiknya sih biasa-biasa aja, aku mulai dari badan sampai yang terakhir bagian kepalanya….

.

3

.

.

5

.

.

6

.

.

7

.

.

1459121_10202198856323497_1826915040_n

tiga balerina tanpa rok tutu…. :p

yang agak lain dan mungkin jadi pertanyaan bagi beberapa crossstitcher adalah bagaimana memasang benang blink-blik yang penampakannya seperti benang berbulu itu. Beberapa tahun lalu saat pertama kali ngerjain kit ini aku nekat saja memasang benang itu dengan tusuk jelujur. Cara nekat yang sebenernya nyusahin diri sendiri dan membuat si benang bulu jadi brodol di beberapa tempat. Walaupun hasil akhirnya tidak jelek-jelek amat, tapi sungguh sangat tidak disarankan deh, memasang benang bulu-nya dengan cara jelujur….

Jadi gimana doooong ?

Untuk kali ini, dengan berbekal pemikiran dan pemahaman baru *preeeeet*, aku memasang benang bulu dengan menggunakan teknik couching. Apa itu couching ? secara sederhana sudah pernah aku posting di https://pingkanrizkiarto.wordpress.com/2013/01/01/belajar-craft-yuk-mencoba-couching/ Dan sebelum ber-couching ria, tentu saja balerina-balerina itu harus dicuci dulu untuk menghilangkan gridding alias garis bantunya.

.

8

 aku mulai couching dengan menambatkan benang pengikat-nya di bagian badan.  Dan di tiap pemberhentian aku buat simpul alias bundelan agar benang bisa terikat kencang.

.

9

sebenarnya pola dalam kit ini sudah mencantumkan ‘jalur’ untuk memasang benang bulu ini, tapi aku kok malah mumet dewe kalau harus mengikuti jalur itu. Jadi yo wis kumatlah ajian sak karepku dewe alias suka-suka gue lah… so yang kulakukan adalah membuat semacam jalur membentuk rok seperti yang dicontohkan di cover kit-nya. Setelah terbentuk, barulah kulanjutkan mengisi bagian dalamnya dengan benang yang tersisa.

.

15

inilah tampak belakang couching benang bulu-nya

.

.

11

tampak depannya lumanyun, eh lumayan  juga kan ? 😀

.

10

.

12

.

13

.

.

14

.

Dan demikianlah kisah project kali ini, untuk memenuhi permintaan seorang sahabat sekaligus mencoba memperbaiki kesalahan cara pasang benang di masa lalu… 😀

.

.

Iklan

8 thoughts on “MyCrossStitchProject : Balerina Imut

  1. Cantik..lucuuu.. pengeeen.. pengen dibuatin bukan bikin sendiri hehee
    Kapan2 coba main ke tempat kerajinan aahh..siapa tau terpanggil jiwa raga buat meniru buat, meski yg sangan sederhana 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s