MyCrossStitchProject : Pola Tercetak di Kain

Uhuuuy, ngomongin kristik lagi dah… Kali ini aku pengen cerita soal pengalamanku ngerjain kit kristik yang sudah ada pola tercetak diatas kain/aidanya.  Tapi sebenernya ini gak sengaja juga sih,  awalnya aku juga gak tau kalau kit yang aku pesen ini ternyata jenis kit kristik yang polanya sudah tercetak diatas kain. Hanya tahu kalau kit ini keluaran Cina yang biasanya emang user friendly banget. Sangat bersahabat karena selain harganya yang murah meriah, kit cina kebanyakan  menggunakan aida dengan ct yang kecil, alias kotakannya gede-gede, beneran nyaman di mata, walaupun nanti hasilnya juga bakalan ngejebrag lebarnya, hahaha….

Kelebihan lain, rata-rata pola/chart kit cina menggunakan kertas mengkilap dan berwarna, jadi enak dan nyaman bener bacanya. Hanya saja harus waspada juga sih kalau beli kit CIna, karena harganya yang murah,  kadang benang yang digunakan mutu-nya kurang bagus, gampang putus dan gampang mbrudul. Ya sesuailah dengan pesan simbah dulu, ono rego ono rupo, alias harga emang kagak bo’ong, hehehe…

.

 001

.

Diatas itu adalah penampakan cover kit yang aku beli. Cakep kan ya ? Cakep tapi ora iso moco tulisane, alias kagak bisa baca tulisannya, wkwkwkw… Jadi begitu dibuka aku rada kaget juga, woooooowww.. so kalerpuuuuul, alias lha kok isinya warna-warni gonjreng marojeng–rojeng begindang yah…

.

008

.lihat itu aidanyaaaa….

.

Sebenernya seneng juga sih, nggak perlu repot-repot lagi bikin grid, Semua beneran tinggal jahit aja. Tapi rasanya masih belum terbiasa aja ngerjain aida yang sudah ada polanya seperti ini.

.

012

Warna-warni pola plus angka yang menunjukkan nomer urut benang yang harus dipakai.

.

Yang ditunjukkan di pola memang urutan nomer benang, bukan kode benangnya. Tapi disediakan pula daftar kode benang yang menggunakan standar kode DMC. Jadi kalau sampai terjadi kekurangan benang dan kepekso harus nambah sendiri, bisa dicari dengan mudah berdasarkan kodenya. Tapi berdasar pengalamanku sih, rata-rata kit cina murah hati bener dalam menyediakan benang, biasanya masih lebih dari yang dibutuhkan.

.

.

005

ini daftar  kode benangnya, dicocokkan dengan warna yang tercetak di pola

.

.

009

except the magic word ‘cross stitch’, i can’t read anything , not a single word, ra mudeng blas…. :p

.

Ra mudeng kok dituku, kagak ngarti kok dibeli… hahaha… ya biar to ya, kit cina memang sering membingungkan karena tulisan di lembar instruksinya yang macam pagar bambu jigrik-jigrik. Tapi seperti yang sudah aku tulis diatas, kan ada kelebihan-kelebihannya juga to ? jadi asalkan masih berjudul kristik, ya mari kita hajar sajaaaaa…. :D.

.

.

011

.

.

001

.

.

006

.

.

001

.

.

002

.

Jadi, seperti bisa dilihat dari gambar diatas, crossstitcher akan sangat terbantu oleh pola yang sudah tercetak di kain. Tinggal ikutin saja kotak-kotak yang sudah diwarnai sesuai kode benang-nya. Tidak perlu lagi bolak-balik  baca pola di kertas untuk mencocokan dan menghitung berapa  dan ke arah mana xxx harus dibuat, Efisiensi kerja yang luar biasa, qiqiqi…

Dan kalaupun belum merasa nyaman dengan cara ini, pola konvensional yang tercetak di kertas juga masih tetap tersedia. Anyway,  tulisan di pojok kanan atas hasil kristik itu intinya berisi harapan agar keluarga aman dan tentram, sip kan ? hasil nanya-nanya ke seller-nya sih, hehehe….

Setelah semua selesai dijahit, tiba saatnya untuk menghilangkan  grid dan gambar pola yang tercetak diatas kain. Gak susah juga kok, cukup rendam beberapa saat di air, dan taraaaaa…….

.

.

020

.

memang ada sedikit ‘kecelakaan’ kecil sih, tarnyata cetakan warna merah di kain susah bener ngilanginnya… masih samar-samar membekas di kain. Tapi untuk kit ini gak pa pa juga sih, karena posisinya di pinggir, jadi ntar bakalan ketutup juga kalau sudah dibingkai….

Pola di kain ? siapa takuuuut….. 😀

.

.

.

Iklan

11 thoughts on “MyCrossStitchProject : Pola Tercetak di Kain

    • wkwkwk… iya, si fuyunghai juga kudu dikristik… berapa hari ya ? lupa… alhamdulillah ga luntur, kan emang kudu dicuci dulu….

  1. saya kepengen ikut po yg ini juga mbak ping, tpi ntar aja adeh 😀
    saya punya kit yg polnya tercetak di kain juga, saya suka sama benangnya karena lembut mbak, malah lebih lembut dr benang dome, hehehe

    • diurai dulu, seutas benag sulam isinya enam helai… jumlah helai untuk pemakaian biasanya dituliskan di lembar pola… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s