Dressmaker’sDaughterProject : Autumn Beading

Tiba saat yang ditunggu *halaaaah*. Salah satu alasan aku pengin punya satu project Mirabilia adalah masalah perbeadingannya. Project Mirabilia selalu bertabur blink-blink beads yang menawan hati… selain mempercantik juga memberikan tantangan baru untukku, karena aku memang belum begitu akrab dengan beading. Etapi selain beading, ada juga pemakaian benang metalik yang juga memberik kesan mewah… Untuk kotak gaun Autumn, benang metalik digunakan untuk membentuk kalaung dan sedikit tambahan di bagian kaki manekin baju/dress form.

Seperti biasa, saat menjahit benang metalik aku menggunakan bantuan conditioner ( threads heaven ), biar gak didera frustasi gara-gara benang metalik yang gampang banget mbrudulnya….

.

563667_10202015109769948_279320401_n

.

1384057_10202015107489891_2075132269_n

taraaa, baru tali-nya aja, belum dipasangin manik2/beads-nya

.

Beads yang dipakai di Dressmaker’sDaughter ini memang termasuk alahiyum gambreng banyaknya… kuhitung ada 25 kotak sendiri. Terdiri dari  19 jenis MillHill beads dan 5 jenis Millhill glass/crystal Treasures. Jumlah total ada 25 karena ada kotak yang dobel agar jumlahnya cukup.

.

007

sok-sok pake pembidangan, padahal ujung-ujungnya tetep berasa ribet dan dilepas lagi, qiqiqqi…

.

Kotak gaun Autum menggunakan MillHill frosted glass beads 62031, glass seed beads 02045, glass beads 18820, glass beads 16606, glass beads 16081, small bugle beads 72023 dan glass treasure 12010.

.

092

.

Sebenernya ini bukan pertama kali aku memasang beads di  kristikku, tapi kali ini sungguh berasa istimewa meskipun tanpa telor…. *eaaaaaa*. Bahkan aku hanya menjadwalkan akhir pekan aja untuk urusan pasang beads ini. Bukan apa-apa sih, selain merasa lebih bisa berkonsentrasi karena waktunya yang lumayan longgar, aku juga merasa lebih nyaman memasang beads di siang hari saja. Bukan di waktu malam hari sepulang kerja.

Pasang beads mulai dari gambar buah di sekeliling gaun

.

133

alhamdulillah gak ribet, dipasang satu-satu dengan menggunakan half stitch

.

Di bagian gaun lumayan ribet ternyata. Sempet bongkar ulang karena merasa hasilnya sangat jauh dari rapi, jejel uyel-uyel alias berdesakan. Beads yang harus dipasang banyak berderet, sementara tempat-nya berasa kurang lebar. Alhamdulillah setelah satu kali bongkar akhirnya aku bisa rada ayem juga melihat hasilnya….

.

new

Berusaha lebih memaafkan diri sendiri karena hasilnya gak terlalu rapi, qiqiqi….

.

Sesuai dengan petunjuk di chart-nya, barisan beads memanjang ini dibuat dengan cara merangkai/meronce beads tersebut mulai dari satu sisi gaun ke sisi gaun satunya lagi. Agar lebih kuat menempel lalu digunakan teknik couching diantara beads-nya.

Sebenernya di chart disarankan untuk meronce per-empat beads aja, lalu lanjut 4 beads lagi, Tapi aku sih hajar bleh aja… selama barisannya masih sejajar ya aku ronce sampai penuh aja, toh nanti di-couching juga, hehehe…. *ngeyel .com*. Untuk couching sudah aku bahas sedikit di : https://pingkanrizkiarto.wordpress.com/2013/01/01/belajar-craft-yuk-mencoba-couching/

.

1385878_10202015113010029_1332732957_n

.

.

Banyak beneeeer yang kudu dipasang untuk satu gaun aja…. *lap kringet*. Dari atas sampai bagian bawah gaun yang berumbai-rumbai dengan hiasan beads….

.

121

.

Agak mikir pas pasang beads glass treasure-nya, lha piye iki masangnya… gak bisa seperti pasang beads biasa yang menggunakan halfstitch. Tapi akhirnya nemu caranya juga

.

 048

sebelah kiri adalah glass treasure 12010 yang digunakan sebagai bros di gaunnya. Sebelah kanan adalah seed beads yang akan kugunakan sebagai ‘jangkar’ untuk menahan si glass treasure itu.

.

.

052

pasang dengan menggunakan benang yang dimunculkan dari sisi belakang  aida  seperti biasa

.

.

058

tambahkan seeds beads diatasnya, lalu tusukkan/masukkan benang kembali ke lobang di bagian tengah bunga. Matikan/bundel benang di bagian belakang aida.

.

.

1375854_10201992280959242_535564210_n

bros terpasang sudaaaah….

.

.

dan inilah penampakan akhir si gaun Autumn….

.

.

131

.

.

16 thoughts on “Dressmaker’sDaughterProject : Autumn Beading

    • wkwkwk… tibang beginian aja kok say, cuma bikin xxx ama pasang monte aja, hihihi… tapi yang jelas emang kudu sabar, ini proyek gede dan mbosenin…. 😀

  1. bu ping, njenengan sukses membangunkan hobi emakknya khansa yang sekian lama terkubur :). sukaaa kristik. haha sukses habis baca postingan njenengan ini, emaknya khansa ngubek amazon 🙂

    • benangnya bisa ganti benang cina, lumayan kok Mah, sing merk cmc, ora luntur tur warnanya juga bagus…. kalau benang varigata n benang metalik-nya beli yang merk dmc aja, luwih murah… sing luntur iku malah sing larang je Mah… *mecucu*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s