Halan-Halan : Taman Herbal Lawu

Libur Lebaran kemarin selain nyamperin Batu_Malang, aku juga masih sempat munggah sedikit ke arah Tawangmangu, lebih tepatnya ke Taman Herbal Lawu yang ada di Karangpangan, Karanganyar. Taman Herbal Lawu sendiri adalah proyek beberapa teman SMA-ku yang  menaruh perhatian pada pelestarian dan pemanfaatan potensi-potensi kekayaan dan keanekaragaman alam, hayati, dan kultural Nusantara. Dalam web-nya di http://herbal-lawu.blogspot.com , disebutkan bahwa misi Tamah Herbal Lawu adalah mempromosikan pengetahuan dan pemanfaatan keanekaragaman tumbuhan herbal melalui taman, perpustakaan, edukasi, studi, penelitian, acara, berbagi pengalaman, kampanye, dll. Keren lah wis pokoknya, apalagi jika dibandingkan dengan ‘misi’ berkebunku yang cuma pengen ngumpulin ( dan pamer, ahem… ) tanaman bunga  sebanyak-banyaknya sampai jejel uyel-uyel ra karuan…. *umpetin tumpukan pot*

Berangkat dari rumah Kerten-Solo cuma bertiga, barengt Fachri dan pengasuhnya, karena masBoss dan 3 anak yang besar sudah balik duluan ke Bekasi. Tapi Alhamdulillah ada tambahan peserta, Astin teman SMA-ku, plus suami dan putrinya yang paling kecil, jadi gak berasa sepi lah… Eh jujurly, Astin ikut  digeret-geret dalam rangka jadi petunjuk jalan juga , lha wong walaupun dulu pas jaman SMA *entah abad keberapa itu* aku lumayan sering ke Tawangmangu dalam rangka hiking-kemping-hiking, tapi posisi Taman Herbal Lawu-nya sendiri ada dimana aku juga belum ada bayangan sama sekali.

Pengakuan selanjutnya, sebenernya aku lumayan keder juga harus nyetir melewati jalur Solo-Tawangamangu. Rada ngeri aja sih ngebayangin harus ketemu bis gede ngebut di jalur antar kota, sementara di Jakarta aku lebih sering ketemu metromini dan  jalanan yang macet. Ning pokok’e diniati aja deh, Bismillah…  sluman-slumun-mbah slamet, hehehe…. berangkaaaaaaaaaaat…..

.

1150645_10201637303565029_1394645559_o

turis dari Ciketing…. :p

.

.

Alhamdulillah perjalanan lancar jaya merdeka, dan disambut pemandangan khas dataran tinggi di Karangpandan. Dan inilah penampakan awal Taman Herbal Lawu….

.

.

246.

.

245

bangunan utama ini adalah perpustakaan. Tapi lihat sekeliling aja dulu deh…

.

212

213

.

.

.

.

195

.

199

.

203

.

206

.

244

.

.

Sebenernya masing-masing tanaman itu punya nama dan khasiat sendiri-sendiri, tapi berhubung pengetahuanku soal tanaman obat masih teramat sangat memprihatinkan, jadi aku hanya bisa unjuk gambar aja. Gambar pun  seadanya, semampu kamera hape menjepretnya… *banyak bener alesannya*.

Lanjut ngintip isi perpustakaannya. Kesan pertama adalah rapiiiii dan bersiiiiiiih…..

.

222

.

224

.223

.

.

.

dan lihatlah apa yang kutemukan, ( jaman muda ) guwe bangeeeeeet….😀

225

ada si Lupuuuuuuuuusss…. jadi ngikik sendiri ingat Boim, Gusur, Fifi Alone, Poppy, Lulu…. Haisssssh, untung perpustakaannya lagi sepi, jadi gak ada yang nimpuk sendal gara-gara terganggu cekikikannya emak-emak yang lagi nostalgia jaman muda dulu… :p

.

226

ada Hardy Boys jugaaa …. Trio Detektif, Lima Sekawan, Malory Towers…. beneran berasa balik ke jaman abege  lagi,hahahaha… Tapi gak semua buku jaman dulu kok, ada juga buku cerita jamannya anak-anakku seperti bukunya Catherine Wilson yang beberapa kali kubeli untuk Rahma.

.

.

Dan Alhamdulillah Fachri juga lumayan betah di situ….

.

229

237

.

.

Setelah puas ketawa-ketiwi dan inspeksi isi perpustakaan, akhirnya tengah hari pamit pulang. Tapi sebelum itu, poto-poto duyuuu, teteeeeep…..

.

255

narsis is d way of life… :p

256

bocah ganteng , turis dari Bekasi….🙂

249

makasih buat Astin yang sudah bersedia jadi guide…😀

.

Dalam perjalanan pulang sempet ketemu rombongan pawai 17 Agustus-an. Lha iya karena saat itu hawanya memang masih beraroma 17-an juga sih… Kagum juga sih dengan kreativitas dan ‘kenekatan’ warga. Motor yang rodanya cuma 2 bisa ‘disulap’ menjadi  jeep, tank, bahkan helikopter…. Sayang aku tidak bisa mengambil gambarnya dengan lebih jelas. Gak mungkin lah driver merangkap tugas jadi tukang foto pada saat bersamaan. Jadi hanya bisa motret buntut pawainya aja nih, pas dicegat untuk memberi jalan iringan-iringan pawai lewat….

266

tiga kendaraan di depan itu isinya motor sodara-sodara, didandani jadi kendaraan roda 4 jaman perang …. lumayan bikin takjub juga sih. Tapi yang membuat aku heran adalah yang satu ini :

267

ini maksudnya apa coba ? emang jaman dulu ada pejoang maju perang naik motor begini ?

Haiiish sirik aja sih… sing penting kan hepi, ikut berpartisipasi… tul kan ?😀

Merdeka !!

.

.

6 thoughts on “Halan-Halan : Taman Herbal Lawu

  1. asik itu ada kembang jengger ayam, lavender.. yang poto paling bawa kaya motor berjamur pohon ya.. ada ada aja..
    happy juga ketemu bukubuku jadul jaman sekolah dulu.. hardyboyyyyys, lupus, malorytower, dll..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s