SAL pertamaku, Green Flip by Lizzie Kate

Facebook bener-bener membuat hari-hari kristikku makin seruuuuu, hahahaha…. gimana enggak, lewat pesbuk aku bisa berkenalan dan nyambung dengan sesama penggemar ( bahasa halusnya : penggila ) kristik dari seluruh indonesia raya merdeka ini. Jelas seru lah, namanya juga ketemu dengan teman yang sehobi, n nyemplung di habitat yang sesuai dengan panggilan hati. Walaupun kalau mau jujur ada dampak menyakitkannya juga sih, menyakitkan dompet lebih tepatnya, hahahah….

Gimana dompet enggak tersakiti, lha wong gak yang disono gak yang disini, hampir semuanya rajiiiiin bener upload gambar kit yang menawan hati. Entah itu sebagai kit yang masih anget  baru dateng dari PO atau kit yang baru masuk ke wishlist alias masih dalam daftar impian. Tapi darimanapun sumbernya, akibatnya ya tetep sama aja, muncul wabah ngiler berjama’ah, wkwkwkwk…. kalau tidak kuat hati yo wis lah, dompet yang akhirnya harus menanggung resikonya. Ini hobi yang gak bisa dibilang murah jendraaaaaaaal….. 😀

Tapi selain urusan kompor-mengompori belanja kit. Tentu saja ada kompor jenis lain yang tidak membuat dompet dedel duwel, bahkan  bisa membuat semangat menyelesaikan kristik bangkit lagi, merdeka ! *haiyaaaah*. Kompor upload WIP alias work in progress terbukti bisa membuat semangat kembali membara… jadi pengenlah, kalau melihat temen bisa meneruskan atau menyelesaikan project-nya dengan mulus. Tapi kalau ada yang upload project baru ya kepengen ngikut juga sih biasanya. Makin banyak yang aplot proyek baru, makin tinggi tumpukan WIP yang dikoleksi, wkwkwkwk…. *ngumpet tudungan aida*.

Wis ah, berhenti dulu ngomongin tumpukan WIP, urusan belakangan ituuuu…. *dehem2 gak jelas*. Lha wong tujuannya mau ngomongin SAL je… trus apa itu SAL ? SAL adalah singkatan Stitch A Long, alias ngerjain kristik bareng-bareng. Bareng-bareng disini artinya bukan bareng2 secara fisik lho… tidak harus ngeriung bareng di satu lokasi untuk ngerjain kristik bersama. Juga tidak berarti satu kit dirubung rame-rame dan dikerjakan lebih dari satu crossstitcher…. bisa-bisa nanti malah jadi kroyokan cubles-cublesan jarum deh, wkwkwwkwk….. Masing-masing mengerjakan kit-nya sendiri, dimanapun posisi dan lokasi masing-masing. Yang penting adalah adanya kesepakatan tema dan rentang waktu penyelesaian kit  diantara para peserta.

Kesepakatan tema biasanya merujuk pada judul kit apa  yang akan dikerjakan masing-masing peserta SAL. Tapi tidak harus selalu  kit dengan judul yang sama sih… Bisa juga kit dengan judul yang berbeda tapi dari produsen yang sama. Jadi apapun pilihan judul kit-nya, yang penting pembuatnya masih satu pabrik yang sama. Bisa saja ada SAL BothyThreads, SAL Dimensions atau SAL Anchor. Atau bisa juga dipilih tema yang lebih luas cakupannya, seperti tema pemandangan alias landscape. Tidak harus sama judulnya, tidak harus sama produsennya, yang penting temanya landscape, habis perkara….

Biasanya ditentukan juga rentang waktu penyelesaiannya. Dead line jelas berguna untuk menjamin niat menyelesaikan kristik. Selain itu juga bisa menambah ‘tekanan’ dan seru-seruan juga sih, hahahaha…. ngelirik temen yang sudah menyelesaikan target bisa bikin panas dingin pengen nyusul juga lho, qiqiqi….. Untuk itu perlu banget adanya admin alias EO SAL yang rajin mengingatkan target  dan  batas waktu penyelesain kit.  Oh ya, target bisa dibagi per bulan atau per beberapa bulan. Sekali lagi tergantung kesepakatan atau bisa juga tergantung peraturan yang dibuat admin SAL-nya.

Seru ? ya jelas seru lah… masih ditambah lagi dengan adanya iming-iming door-prize alias hadiah pintu *eaaaaa* yang akan dibagi di akhir acara. Biasanya hadiah pintu ini juga berasal dari para peserta SAL ataupan dari para simpatisannya, hehehe… dari crossstitcher untuk crossstitcher deh pokok’e….

Dan SAL pertama yang kuikuti adalah SAL dengan tema Green Flip by Lizzie Kate. Jadi SAL  ini bersepakat untuk mengerjakan kristik berdasar satu seri pola berjudul Green Flip yang dibuat oleh Lizzie Kate. Rentang waktunya mulai dari bulan Januari sampai Juli 2013. Jadi sempritan untuk memulai ditiup pada tanggal 1 Januari 2013, dan palu tanda finish diketok pada tanggal 31 Juli 2013.

bahan

ini bahan-bahan milikku, dan kotak-kotak kecil berjumlah enam itu adalah seri pola/chartnya. Disepakati satu kotak alias satu pola harus diselesaikan dalam jangka waktu 1 bulan. Jadi dimulai dari bulan Januari sampai bulan Juli 2013, peserta SAL pada tiap akhir bulan harus setor alias melaporkan hasil kerjanya pada admin melalui fesbuk, alias aplot poto di pesbuk dan men-tag admin SAL.

Polanya gak ribet kok, sudah diperhitungkan tidak akan menyulitkan para peserta SAL, dan lagi  ini juga bukan lomba… Lha wong niat utamanya kan untuk menggalang persatuan dan kesatuan demi tegaknya kebersamaan dalam dunia perkristikan di indonesia raya, merdeka !!… *pidatoooooooooooooooooooo*

Dan inilah laporan pertamaku di bulan Januari… *masih rajiiin*

1

lanjut dengan bulan Februari….

2

Tapi berhubung bulan ketiga alias bulan Maret mulai kumat malesnya, jadi deh ngumpet aja gak ikut laporan ke admin, qiqiqqi…. lega pula pas tahu kalau ada juga yang kelewatan gak bikin, wkwkwk…. Tapi rasanya sayang juga sih kalau berlanjut terus malesnya… Dan lagi untuk SAL Green Flip ini hadiah pintu tidak hanya diberikan di akhir acara saja, tapi pada setiap akhir bulan juga akan ada hadiah yang diundi, seru….

So, pada bulan keempat aku ngikut lapor lagi, dirapel dengan kotak bulan sebelumnya

4

rajin lagi di bulan ke 5

5

5b

dan akhirnyaaaaah, di bulan ke 7 alias bulan Juli 2013, aku bisa menyelesaikan SAL ini tepat waktu, alias tidak molor melebihi dead line, 6 kotak plus tulisan dibawahnya…. Alhamdulillaaaaaah…. 😀

f

Walaupun ketiban anda-belum-beruntung dalam undian hadiah, tapi alhamdulillah sudah merasa seneng banget bisa ikut rame-rame menikmari kebersamaan dalam SAL kali ini…. uhuuuuuyyy….. standing applause untuk crossstitcher indonesia bagian facebook raya… 😀

.

.

8 thoughts on “SAL pertamaku, Green Flip by Lizzie Kate

    • grup sih banyaaaak… tapi kalau untuk SAL biasanya grup dibuat per SAL-nya, jadi lebih rapih nanti laporan dan pengumuman2nya… ikut yuk Tin… seru lhoo… 🙂

    • halo, biasanya aku dapet berita SAL dari kabar yang beredar dari wall ke wall alias melalui status di FB teman-teman sesama crosssitcher… alhamdulillah selama ini FB efektif banget menyatukan para crossstitcher di Indonesia. Kalau berminat bisa gabung di salah satu grupnya di FB seperti Dokumentasi Kristik atau Cross StitchCommunity… atau kalau tidak keberatan bisa jadi kontakku di FB… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s