BelajarCraft : Petite Stitches

Seperti yang sudah kuniatkan beberapa waktu lalu, kali ini aku pengen sedikit berbagi tentang petite stitches, salah satu jenis stitch yang digunakan dalam mengerjakan kristik. Jujur saja, sebenernya aku sendiri juga baru-baru ini saja belajar tentang stitch ini. Ini semua gara-gara gambar kucing-kucing gendut tapi kiyut yang ada di chart Calendar Cat dari Margaretg Sherry. Tau sendiri kan, Margareth Sherry emang paling jago bikin gambar kucing dengan tingkat menggemaskan paling maksimal, hehehe….

???????????????????

Sekian lama cuma bisa pegang chart doang, Alhamdulillah akhirya bulan kemarin aku bisa pesen benang dan juga aida-nya kumplit untuk 12 kucing di sebuah online shop peralatan kristik di fesbuk.

Tapi sebelum peralatan perang yang kupesan itu datang, aku sudah cari-cari tahu lebih dulu tentang apa itu petite stitches. Dari gugling lewat inet dan ngobrol2 dengan sesama crossstitcher yang sudah pernah mengerjakan kit ini, sepertinya stitch ini cukup bisa mendatangkan masalah. Ukurannya itu lhooo… seperempat dari full stitch alias seperempat dari X yang biasa. Bakalan mbrebes mili juga ni mata…. Tapi berhubung tingkat penasaran yang tinggi, dan pun niat sudah dipancangkan, maka sekali layar terkembang surut kita berpantang… uhuuuuy…

dan inilah kucing pertama yang berhasil aku buat dengan sgerombolan petite stitches-nya…

pe2

ah ya, tadi niatnya mau sharing soal petite stitches kok malah jadi pamer toh…. *disambit penonton*. Secara sederhana petite stitches dibedakan dari sitch yang biasa dari ukurannya yang hanya seperempat dari stitch X biasa. Jadi dalam satu kotak pada kain aida, yang biasanya hanya dijahit untuk satu X saja, maka kalau diisi petites stiches akan berisi 4 stitch yang kecil munyil menggemaskan ( baca : men-jereng-kan mata ).

Pada pola atau chart, petite stitches disimbolkan dalam bentuk x utuh tapi dengan ukuran lebih kecil, biasanya seperempat dari ukuran x biasa. Kalau masalah bentuknya sih sama saja seperti lazimnya full stitch ( X ). Hampir mirip dengan simbol quarter stitcth sih, tapi biasanya pada quarter ada garis miring pemisahnya, sementara pada petite stitch tidak.

p3

X di kiri adalah full stitch biasa yang banyak digunakan dalam project2 kristik. Sedangkan X kecil yang di kanan adalah penampakan di petite stitch yang kita bahas dalam postingan ini. Bentuk sama, hanya ukurannya saja yang berbeda

p4

yang di kanan adalah contoh satu kotak aida yang diisi penuh 4 petite stitches, mohon mangap kalau kurang rapi… *tudungan panci*

Dengan ukurannya yang kecil, petite stitches ini bisa digunakan untuk mengisi detil-detil dalam gambar yang pada akhirnya akan memberi efek menghaluskan. Bisa juga untuk memanjangkan atau melebarkan X dengan ukuran setengah kotak.

p1

X kedua dari atas ditambah lebarnya setengah kotak
X ketiga dari atas ditambah tingginya setengah kotak

Atau bisa juga untuk membuat X di posisi yang tidak biasa pada aida, begeser setengah baris dari barisan X yang standar.

p2

4 petite stitches yang membentuk satu kotak pada lajur yang setengah kotak lebih rendah dari lajur standar

.

dan inilah contoh petite stitches di dunia nyata… *preeeeet* ย :

bbbbbbbb

ntu kaki si kucing jadi lebih ndut setengah kotak… ๐Ÿ™‚

cccc

jemuran handuk satu ini beneran bikin puyeeeeng… petite-nya alahiyum gambreng banyaknyaaaa…. gak rapi ya biariiiiiiin…. :p

Bingung ? tanya customer service… *eeeeeh*. Enggak usah bingunglah… lha wong pada dasarnya sama aja kok full stitch dan petite stitch itu, hanya ukurannya aja yang membedakan. Dan jujur kacang ijo, kadang aku juga suka mengganti petite stitches ini dengan quarter stitch, terutama pada gambar-gambar yang membentuk bidang miring seperti gambar jemuran kaos kaki dibawah ini…

eeee

sayang pas di gambar ini chart-nya kepotong, tapi bisa dilihat dari bagian yang ditandai panah merah, ada simbol untuk 2 petite stitches bertumpuk keatas

ddddd

yang seharusnya diisi dengan 2 petite stitches vertikal tadi kuganti dengan quarter stitich, dan menurutku hasilnya malah lebih halus dan pas…

Bukannya menganjurkan untuk menganti petite dengan quarter lho, hanya sekedar masukan aja. ย Kalau tetap merasa lebih mantab dengan petite ya monggo saja… ย Danย walaupun petite stittches berpotensi menguras banyak kesabaran, tapi bukan sesuatu yang tidak bisa dikerjakan to ? hasilnya pun sesuai lah dengan efek ke-jereng-an yang ditimbulkan, hehehe…. so, tetap semangaaaat !! ๐Ÿ™‚

1074807_10201399228733307_169107752_o

Iklan

14 thoughts on “BelajarCraft : Petite Stitches

    • sebenernya pas kok kalau pakai 14 ct. bisa juga sih pakai 28 ct, tapi tetap harus diingat bahwa petite ukurannya cuma seperempat dari full stitch. Perbedaan utama full ama petite kan di ukurannya, jd kalaupun pake ct kecil tetep harus kliatan bedanya. mungkin kalau full pakai over 2, sementara utk petite cukup over 1.
      Atau kalaupun mau sama, over 2 semua atau over 1 semua, utk yg full stitch harus dibuat 4 biji, jd perbandingan full : petite adalah 1 : 4… Just my two cents sih… ๐Ÿ™‚

  1. mbak pingkan.. makasih ya sharingnya. Sangat amat berguna ๐Ÿ™‚ tapi mau nanya. klo petite stitch dan quarter stitch sama or beda ya? kmrn ini tadinya mau ngerjain pola natal dari majalah, banyak quarter stitchnya. Jadi berhenti setelah beberapa quarter…

    Salam, Sisca

    • terima kasiih, nggemesin ya…
      n terima kasih juga sudah berkunjung dan meninggalkan pesan… ๐Ÿ™‚

  2. di pola Winnie the pooh juga ada, nih, si petite ๐Ÿ˜€ dan aku setuju, untuk beberapa tempat, kadang si petite aku ganti dengan quarter karena malah lebih halus jadinya ๐Ÿ˜€

    btw, salam kenal ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s