MyCrossStitchProject : Sweet Pea Perfection – Dimensions

Sudah lama sebenernya aku kepengin menjajal kemampuan *berasa pendekar dah*  mengerjakan kit yang menggunakan aida berwarna hitam. Selama ini aku baru mengerjakan kit-kit yang menggunakan aida berwarna terang. Selain putih, paling jauh ya warna-warna pastel seperti krem atau biru muda yang lembut banget. Penasaran gitu lho… gimana sih rasanya mengerjakan kristik diatas media yang gelap pekat bagai malam tak berbintang *preeeeet*. Apa tantangan dan hambatannya getoooo….. *mrenges*

Tapi sepenasaran apapun diriku ini, tetap saja aku punya beberapa kriteria tambahan dalam memilih kit dengan aida hitam yang akan kukerjakan. First of all, temanya dooong, seperti biasa, tema kaporitku adalah landscape dan/atau bunga-bunga-an. Dan yang kedua, ct-nya kalau bisa 14 aja, paling mentok ya 16 aja deh… Lempar handuk duluan kalau disuruh ngerjain aida hitam dengan ukuran ct 18 keatas, ampun bagindaaaa…..

Dan setelah tengok sana tengok sini, intip sana intip siniiii…. akhirnya pilihan jatuh pada kit Sweet Pea Perfection -nya Dimensions. Sebenernya godaan lain sih banyak, mupeng banget liat kit-nya Thea Gouverneur yang Just Joey-Rose. Tapi pas liat ct dan harganya jadi mundur teratur deh, hehehe… udah mahal-mahal tapi trus jadi UFO kan bisa nangis bombay tuh. Dan inilah penampakan kit Sweet Pea Perfection by Dimensions.

 

1

kit aku buka pas persis di awal tahun ini, 1 Januari 2013

Seperti biasa, aku memulai satu project dengan membuat gridding terlebih dahulu. Berhubung aida-nya hitam, maka harus memakai water erasable yang berwarna putih. Sama sekali aku gak nyadar kalau ternyata di belakang hari water erasable pen warna putih ini ternyata menjadi biang masalah.

Dan, seperti sudah kuduga, aida hitam memang memberikan pengalaman baru buatku. Black aida, sesuwatu banget deh, menggemaskan sekali, qiqiqi…. Gimana enggak, kalau aida berwarna terang kan kliatan banget tuh lubang-lubang pada kotakannya. Jadi keluar masuk jarum di kain sih gampang-gampang aja urusannya. Sementara begitu ketemu aida hitam, ngooooook…. lubang di kain-nya pada kemana iniiiiih ? kok gak kethok alias ora keliatan, gelaaaaap…. hiks…. Selain emang lebih susah dilihat, mungkin kondisi juga berasa lebih parah gegara faktor U, huwaaaaa….. *nangis di pojokan*

Tapi kit udah dibeli dan niat udah dipancangkan, jadi kudu maju terus pantang ng-UFO dong…. percuma udah karatan jadi stitcher kalo sekali ketemu aida hitam aja terus langsung  colong playu tinggal glanggang…. *lagak sebakul*. Jadi, mari kita lanjuuuuut…..

2

penampakan pertama yang masih acak aduk

Sepertinya kisah ini kudu diberi judul Penasaran Membawa Sengsara deh, qiqiqi…. Selain grotal-gratul gegara lubang di kain yang gak terlihat. Kit ini juga  memberikan sensasi gonta-ganti benang yang lumayan yahuuuud… Baru beberapa kotak udah harus ganti benang. Untung aku sudah pasang grid, jadi membantu banget untuk urusan pindah posisi. Sebenernya gonta-ganti benang juga bisa diakalin dengan memakai jarum yang lebih dari satu. Jadi tiap warna benang sudah terpasang rapi di jarum, tinggal dipakai kapan saja diperlukan. Tapi, untuk aku pribadi, kerja dengan lebih dari satu jarum itu berarti stress tambahan sodara-sodara… maklum, bawaan ceroboh, suka sembarangan naruh jarum dan akhirnya lupa tadi jarum ada dimana. Berbahaya kan….

3

separuh aku, eh separuh project-ku…. *noahkaleeee*

Seperti biasa, aku memulai dari kanan menuju kiri. Dan berhubung chart-nya terdiri dari 2 bagian kanan dan kiri, maka aku selesai-in dulu bagian kanan baru kemudian lompat ke kiri. Tapi sebelah aja sudah kliatan cantik ya ? sudah pantes dipajang gitu, hihihi…

4

kanan dan sebagian kiri

Niat hati sih pengen cepet-cepet nyelesai-in project ini. Walaupun harus dibela-belain mbrebes mili gegara mata jereng nyari lubang di kain yang tidak terlihat. Tapi apa daya, adaaa aja kendalanya… Kali ini benang-nya ternyata ada yang kurang ! bete bener deh… padahal perasaan aku sudah hati-hati banget makainya. Warna-warna yang lain jumlahnya berlebih, lha kok yang satu ini malah kurang. Dikit sih kurangnya, tapi tetep bikin sebel bin penasaran kan.

Coba-coba minta tambahan benang ke Dimensions sono. Sebenernya sih bisa-bisa aja, karena memang pihak Dimensions sendiri menyatakan akan mengirim benang jika ada kekurangan pada kit mereka. Tapi tunggu punya tunggu kok gak nongol-nongol… sementara aku sudah gak sabar aja pengen ni project cepet kelar. Bukan apa-apa, aku sudah mulai tegiur mencoba kit yang lain je…. Takut ntar malah beneran  hilang mood untuk menyelesaikan si aida hitam ini, UFO beneran deh nanti…. sayang kan ?

Akhirnya daripada mangkrak jadi project terlupakan, aku mencoba mengganti benang yang kurang itu dengan benang DMC. Gugling konversi benang dari Dimensions ke DMC. Elha kok untuk kode yang aku cari itu ada 2 versi konversinya. Tapi setelah cap-cip-cup pas-pas-in dengan benang aslinya, aku pilih warna yang sedikit lebih tua. Alhamdulillah paaaaassss…. *pedeajalagi*

 

6

kalau melihat hasinya sih, loro-lopo sakit hati dan jari gara-gara aida hitam rasanya terlupakan deh… latar belakang hitam beneran membuat gambar bunga ini jadi terlihat jreng banget….

Masalah benang kurang solved, tapi lalu nongol masalah baru lagi… ini ada hubungannya dengan water erasable warna putih yang aku tulis diatas. Garis-garisnya enggak mau hilang sodara-sodaraaaaa….  beneran bikin dongkol bin sakit hati. Lha iya lah, sudah capek-capek bikin, hasil akhir yang cantik kok ‘ternodai’ oleh garis-garis putih yang tidak diharapkan lagi kehadirannya.

 

7

walaupun tipis tapi masih terlihat kan ?

 

Macam-macam sabun aku coba, dari sabun khusus untuk kristik, sabun cuci piring, sabun cari mpe sabun cuci aku pakai… hasilnya masiiiih ada aja tu garis-garis putih. Urusan coba-coba ini juga harus ekstra hati-hati. Takut berpengaruh ke benangnya kan ? takut luntur gituuuu…. Sampai pada akhirnya ada yang menyarankan untuk memakai sabun mandi batangan. Ya wis, coba ajaaaa… dan alhamdulillah hasilnya lumayan juga sih…

 

8

gak mau kalah ama mandi kembang tengah malam, nyuci kristik juga bisa tengah malam… :p

 

dan inilah hasilnya setelah kering…

 

9b

 

Alhamdulillaaaaaah, kelar juga akhirnya kisah kristik dengan aida hitam…. Kalau dihitung-hitung, dari awal buka kit plus waktu tunggu benang kurang, sampai selesai makan waktu hampir 6 bulan, fiuuuuuuh…..

 

 

 

note : water erasable pen putih/perak sungguh sangat TIDAK DISARANKAN. Susyaaaaaah ngilanginnya… 😦

 

 

Iklan

8 thoughts on “MyCrossStitchProject : Sweet Pea Perfection – Dimensions

  1. wow…, si Mbak rajin bener sampe selesai. saya punya satu project, dari awal nikah sampai sekarang, belum kelar juga (11 tahun bok!), sampai kainnya banyak sobek karena terlipat. huhuhu…Jadi kangen pengen nyulam lagi (dan selesai!)

    • ayo nyulam lagiii… bisa dimulai dengan kit yang imut dulu, buat penyemangat… sekarang udah banyak banget pilihannya, dan lucu-lucu juga gambarnya, hehehehe…

      terima kasih sudah mampir dan meninggalkan pesan… 🙂

    • bisa diakalin kok, ngerjainnya diatas kertas warna putih, jadi titik lubangnya bisa lebih kliatan… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s