Tukang Kebon Belajar Motret

Yak, begitulah adanya… gara-gara pengen pamer *ahem, kebiasaan* kembang yang lagi mekar di kebon, aku jadi niat pengen belajar motret yang baik dan benar. Lha selama ini main jeprat-jepret aja to ? iya sih, jeprat-jepret-aplot aja, sing penting kan pamer kembang *mintak disambit sekop*… Tapi trus pas ngider di inet dan  nemu foto-foto bunga yang cantik nian, kok jadi kepengen bisa motret cakep juga. Jadi senapsaran lah rasa hatiku… kok bisa ya, orang motret bunga jadi cakep banget begitu. Tanya sana-sini dapet jawaban kalau jenis kamera pun sangat menentukan hasil fotonya.  Langsung lirik kamera punya masboss deh, mana tu kamera sejak dibeli lebih banyak nganggurnya daripada dipakainya. Yo wis, ku berdaya gunakan saja toh ?

So, pegang kamera dslr lalu selesai masalah ? oh tiidaaaaak…. datang masalah lain lagi dong. Gimana enggak, selama ini aku cuma ngandelin kamera bb, gampang dan juga lebih praktis. Selesai jepret bisa langsung aplot ( baca : pamer ) di socmed. Mentok-mentok cuma pake kamera saku yang tinggal jepret aja gak pake mikir macem-macem. Jadi begitu megang kamera gede dengan segala macam tombol dan segala macam settingan, langsung puyeng deh aku… Baca manual book ? tambah ngelu sodara-sodara… Lagian sejak kapan sih manual book itu enak dibaca ? Manual book cuma enak dipake buat ganjel pintu *mecucu*.

Tapi berhubung hasrat pamer kembang sudah sampai ke ubun-ubun, ya wis bela-belain aja tanya ( lagi ) sana-sini, gimana caranya ntu kamera segede gaban bisa dipakai motret. Mpe beli buku-buku fotografi juga lhooo, hehehe.. tentu saja buku yang dipilih adalah buku-buku yang judulnya menggunakan kata-kata “pengantar”, “pemula” atau yang paling dicari adalah kata “cara gampang”. Secara emak-emak sudah mulai lemot kalau diajak mikir abot. 

Dari tekad menuju nekat, inilah hasil belajar njepretin karet gelang kamera di kebonku….

 

546663_3843899266615_207342731_n

Ocha Serrulata, also known as Mickey Mouse plant
aslinya dari Afrika Selatan, tumbuh ideal di dataran rendah sampai sedang dan perlu sinar matahari

 

575812_4141836834868_1119660870_n

Siapa yang gak kenal Bougainvillea ? *etdah, tulis aja bugenvil napah*
“bunga” yang tampak cerah berwarna-warni itu sebenernya adalah daun yang telah termodifikasi. Bunga sejati-nya ngumpet di sela-sela daun warna-warni itu, berbentuk tabung kecil tapi panjang, kira-kira 5 senti. Makin kena sinar matahari, maka makin hebohlah tanaman ini berbunga. Terapi stress air juga bisa memacu pembungaan. Bisa hidup di dataran rendah sampai tinggi

 

10577_4509705191347_1181634983_n

salah satu varian adenium obesum, ning aku lali namanya… *garuk2jidat*
secara umum adenium obesum termasuk tanaman sukulen yang mampu hidup dalam kondisi kurang air, terkenal pula sebagai bunga mawar gurun alias dessert rose. Sama seperti bugenvil, terapai stress air bisa memacu munculnya semarak bunga adenium.

 

059 copy

iyaaaa, ini mawaaaar….
aku lagi seneng ngumpulin mawar, termasuk tanaman yang gak rewel perawatan dan gak rewel di kantong juga, alias murah meriah mantab.

 

376321_4246262645448_186745

maap, bukannya saya sengaja, tapi maap… *mpok minah mode-on* aku gak tau nama ni kembang, udah gugling sana-sini tapi malah mumet dewe.
Dari yang aku lihat, tanaman ini termasuk tanaman yang rajin berbunga tapi perlu penopang, karena ranting-rantingnya yang kurus dan cenderung menjulur kesana-kemari. Namun hal itu bisa diakali dengan cara okulasi ke batang yang lebih kokoh, jadi jangan heran kalau di lapak tanaman hias tampak ada pohon tinggi besar yang dipenuhi kuntum bunga ini. Cantik sih, tapi itu hasil okulasi, bukan aslinya tanaman itu sendiri.

 

554580_10200857646114080_1217501039_n

seriyes aku sebenernya penasaran ama jenis kembang ini, tapi yang ukurannya lebih gede, yang mekarnya barengan ama jam dinas mbak Kunti tuh… Wijayakusuma memang cakeeeeep…
Tapi sementara belum punya yang gede, senangkan hati dulu dengan yang kecil2 ini…. Oh ya, gak seperti wijayakusuma besar yang perlu naungan untuk tumbuh baik, wijayakusuma seri mini ini lebih doyan sinar matahari dan biasa dipajang sebagai tanaman gantung.

 

306738_10201023934751192_634306458_n

ini beneran Gerbera
sempet bikin aku takjub, secara yang aku tahu, gerbera hanya bisa tumbuuh baik dan berbunga di dataran tinggi yang berhawa dingin. Tapi mungkin ini jenis budidaya-nya kali ya, jadi bisa hidup dan berbunga di Bekasi yang berhawa panas, gak repot pula ngurusnya, alhamdulillah….

 

052 copy

Mawar lagi dong, hehehe…
kata penjualnya ini varian mawar kampung yang aseli gak diapa-apain… tapi justru punya aroma wangi yang jarang dimiliki mawar hasil budidaya. Mawar sendiri termasuk tanaman yang mudah perawatannya, cukup pupuk, cukup air dan cukup siraman sinar matahari, lebih baik lagi sinar matahari pagi.

 

Untuk ajang pamer kembang *preeeeet*, aku punya album sendiri di akun fesbukku. Tapi kadang iseng juga sih, numpang moto kembang punya orang, macem ini nih…

334400_4659312851445_1267192553_o

tapi enggak diaku taneman sendiri lhooo… ntar diomelin abang tukang tanemannya lah, dagangan orang kok di-klaim hasil kebon sendiri. Tapi abangnya sempet pesen mintak di-tag kalo udah di aplot di pesbuk… *asli-bo’ongnya*

 

Dan berhubung pokok masalahnya adalah aku ini tukang kebon bukan tukang poto, jadi jangan suruh aku motong kembang hanya untuk difoto. Menurutku tempat terbaik sekuntum bunga adalah nempel di pohonnya, dan biarkan saja di situ terus sampai habis masa berlakunya, sekian dan terima setoran…. *eeeeeh*

333353_4130257185384_430147426_o

Iklan

26 thoughts on “Tukang Kebon Belajar Motret

  1. woah itu putih yang ga tahu namanya bukan melati ya? melati jepang gitu? *eh?
    suka kuntum mo mekar mawar kuning deh..
    setuju deh kalu bunga itu asik di tempatnya, bukan di pot.. kalu banyak sih suka juga metik taroh di pot..
    *sodori kebon tanpa bunga ke buping deh..

    btw, yang motret masboss pake dsrl juga? kameranya duwa dong?

    udah gape nih jadi pemotret andalan plus tukang kebon..

    • aku coba gugling jasmine, eh yang nongol banyak beneeeeeeeeeer….. :p
      kebon tanpa bunga ? kebon kacang ? kebon sirih ? kebo nanas ? *berasa naik angkot*

      kagak, simbok in action dipoto pake hape saja, heheheh….

    • abisnya ga ada yang urus kebon, jadi ya cuma ada pohon nangka, belimbing wuluh, alpokat, mangga, pepaya, sawitsawitan yang bijinya merahmerah itu apa sih?
      juga beberapa pohon kunyit, rias, pandan, cabe, yang tinggal petik itu..

    • coba berkebun kembang dong Tin, asik lho… apalagi kalo udah pada mekar bunganya, wuiiih, senangnyaaaaah… 😀

    • hahahaha… support bin nggrecokin… :p
      tapi anak-anak memang kudu bisa nggrecokin emaknya kok, biar tambah seru…
      terima kasih sudah mampiiir… 🙂

  2. wooow foto bunganya cantik-cantik kereen…aku juga suka bunga..aku juga baru mau belajar jepret-jepret… betul kadang mau pinter foto tapi kok ya males baca buku panduannya yak wkwkwkk…boleh dong sharing ilmunya…

    • terima kasiiiiih…. ayo doong, diaplot foto-foto bunganya, aku dulu juga dari modal nekat kok, dari foto-foto gak jelas sing penting pamer kembang, qiqiqiq…
      sharing ilmu ? whuaduuuuuh…. maluuuuuuuu…. *ngumpet*

  3. mak’e pingkan itu moto knpe kursi ruang tamu dibawa2 *cabe dech… tp foto2nya cakep2 * khusus bunganya ( serius! ), bukan yg moto hihihihihiiiiiiiiiiii …. *kaburrrrrr

    • yo gak popo tooo… daripada kursi tetangga yang dibawa-bawa….:p

      makasiiiiiiiiiiiiih…. *sambit ulekan*

  4. Bunga putih yg belum ketemu namanya itu kemungkinan Wrightia antidysenterica. Di tukang2 kembang, suka nyebut pohon jasmine (untuk yg sdh diokulasi bentuk pohon). Oya, sy yg dulu kirim mesej ke fb mb pingkan nanya kembang sepatu ungu…

    • terima kasih tambahan info-nya Bu… iya, memang lazim disebut jasmine, tapi kalau saya googling yang nongol malah kembang2 lain, hihihi…
      pesan di inbox sudah saya balas ya Bu, dan saya sudah kirim info Flona-nya ke nomor yg ibu tuliskan di inbox, Flona tahun ini mulai tanggal 7 Juni sampai 8 Juli 2013

  5. Ohya, kelupaan nih. Boleh minta tolong lagi? Nanti kalo mb Pingkan ke Flona, minta tolong mintakan no kontak penjual2 tanaman hias berbunga terutama yg wangi (sapa tahu mrk juga bisa kirim ke luar kota :D), misal mawar2 kampung, melati pandan/bunga kerak nasi, petrea ungu, melati madagaskar, bunga Hoya, dsb. Seperti nya sy tak bisa ke flona. Awal juni ke jkt, tapi cuma sampe tgl 3 aja. Maks tgl5, pdhl Flona mulainya tgl 7 :((. Gugling2 nemu bbrp penjual tanaman ol, tapi ukurannya kok gede2 (baca: harga nya jg nguras kantong :))) ) . Sy cari yg jual ukuran kecil aja lah, biar hemat. Terima kasih sebelumnya ya mbak….

    • iya Bu, nanti saya usahakan cari nomer kontak penjual tanaman-nya di Flona… sudah pernah mencoba tanam Hoya ya Bu ? Dulu saya pernah, hidup sih, tapi tidak mau berbunga… mungkin karena iklimnya tidak cocok, di Bekasi panas. …

  6. Waaaaa… jepretan tukang kebon keren bangettt, hihihiuuu… salam kenal mbak, saya takjub sama jepretan2nya… aksi motretnya juga udah pakar banget, 😀

    Ilmu baru neh, coz saya termasuk yg ga tahu nama tanaman.. >.<
    Salam buat si kecilnya ya mbak.. ^^

    • hahaha… kalo urusan bergaya sih udah bawan dari orok, qiqiqi…

      terima kasih sekali sudah berkunjung dan meninggalkan pesan… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s