Berkebun : Tanaman Merambat-ku

Selain mawar dan kembang sepatu,  aku juga suka jenis tanaman merambat yang berbunga cantik. Saat ini sudah cukup banyak tanaman merambat yang aku tanam di kebunku. Pengennya sih masih nambah lagi, tapi ya kudu mikir juga lah, karena pada umumnya tanaman merambat membutuhkan penopang untuk tumbuh dan bakalan makan banyak tempat karena sifatnya yang maunya menjalar-njalar selalu kian kemari…*ular naga kaleee*

Tanaman merambat di kebunku termasuk tanaman merambat yang  tahan terhadap panas, bukan apa-apa, ini Bekasi cuuy, hawanya panaaaassssh…. Jadi kalau kepingin halamanku berhias tanaman merambat yang rajin berbunga, ya aku harus milih tanaman merambat yang bisa tumbuh dan berbunga di dataran rendah. Karena ada juga  beberapa jenis tanaman merambat yang hanya bisa berbunga cantik di dataran tinggi yang berhawa dingin. Bisa sih mereka numbuh di dataran rendah, tapi biasanya bakalan cuma rajin berdaun doang, tapi bunganya gak mau nongol.

Saat ini di kebunku ada :

578080_3879372673428_336045229_n

Wundani alias Quisqualis Indica, di lapak tukan tamanam sering disebut juga sebagai Melati Belanda. Sebenernya ada dua jenis Wundani, ada yang berbunga tumpuk, ada yang tidak. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang gampang banget hidup, perbanyakannya bisa dengan stek batang atau cangkok. Bunganya harum dan bisa berubah warna, saat pertama kali mekar -biasanya petang hari-, bunga akan berwarna putih, lalu lama kelamaan akan berganti warna menjadi merah.

550906_3878446010262_105442603_n

Strophantus Gratus , sering disebut juga sebangai climbing oleander, karena bunganya yang mirip oleander. Bisa diperbanyak dengan stek batang

487260_4222815659288_1001173974_n

wundani dan oleander rambat di halaman depan rumah

311161_4675171727907_151327988_n

Alamanda ungu, cukup lama juga aku nyari-nyari ni tanaman, karena kebanyakan yang dijual adalah jenis alamanda yang berbunga kuning. Bisa diperbanyak dengan stek batang atau cangkok.

481462_4888207253662_975106701_n

Passiflora. Saat ini sudah banyak jenis passiflora yang dijual di pasaran, ada yang berwarna ungu, ada yang hijau dan ada juga yang bunganya rada curly, lucuuuu…. Perbanyak dengan stek batang atau cangkok.

3081_4182923662013_498338512_n

Bauhinia cockiana, rajin banget berbunga, gak habis-habis sepanjang tahun…. warnanya jingga gonjreeng, membuat taman jadi berasa lebih semarak. Ini sengaja aku rambatin di paragola yang kubuat melengkung diatas pintu pagar kebun, sebagai pengganti ucapan selamat dataaaaaaaaang…. :p

Sebenernya masih ada Petrea Volubilis di kebunku, jenis tanamana merambat yang berbunga ungu semarak, sayang masih belum berbunga karena tanamannya sendiri  masih relatif kecil, baru juga beli di Flona Lapangan Banteng tahun kemarin. Beli yang kecil ajalah, ntar juga bisa gede kan ? soalnya kalo beli yang sudah gede bakalan menguras kantong, hehehehe….

43 thoughts on “Berkebun : Tanaman Merambat-ku

  1. Waaahh kereeeen.. Rumahnya asri banget, kayanya kalau nyari rumah nya ngga sulit, pokoknya yg banyak bunganya !!! Cantik2 semuaaa… Nanti awal Mei beli2 bunga, trs november mati semua😦

  2. subur semua ya bunga rambatnya.. pernah jalan ke taman anggrek yang sebelahnya ada mal juga dan depannya ada daun merambat, itu namanya apa ya? keren deh jadi pager, dan daunnya sulursulur gitu.. numbuh dari atas ke bawah..

    • apa ya Tin ? jadi penasaran deh eike… sayang mal taman anggrek jauh bener dari Bekasi. Bukan daerah jajahan gue… :p

  3. Selamat siang Mba, salam kenal. Mba, saya mau tanya kalau mau cari pohon Bauhinia cockiana itu dimana ya ? saya sedang bangun rumah, ada 1 sisi rumah yg akan saya tanami pohon merambat. Waktu saya searching, nemu blog Mba dan langsung klik sama si pohon Bauhinia cockiana. Kalau boleh minta dibantu ya, Mba. Banyak terima kasih. (Desi – Jaksel)

    • halo selamat siang juga, seneng ada yang mampir ke blog-ku untuk urusan berkebun…🙂
      bauhinia cockiana kalau nggak salah dulu aku beli di sentra tanaman hias yang ada di perumahan alam sutra, maaf agak lupa karena sudah cukup lama. Tapi biasanya di pameran2 tanaman suka ada yang jual juga. Aku pernah ketemu waktu ada pameran tanaman hias di halaman parkir taman anggrek TMII, di Flona lapangan banteng-pun biasanya juga ada. Tapi biasanya memang harus ditanya-in sih, karena jarang terlihat dipajang dengan bunganya, karena bauhinia cockiana lebih banyak berbunga kalau sudah besar, jadi kalau di pameran mungkin agak susah untuk dipajang.

      atau kalau mau bisa aku kirim bijinya, jadi sambil nunggu pameran Flona ( biasanya bulan Juni-Juli ) bisa iseng2 nanem bijinya, siapa tahu bisa tumbuh. Kalau berminat inbox alamat aja di fb-ku atau kirim lewat email

  4. mba pingkaan,rumahnya pasti cantik bgt dg bunga2 ituu. ak baruu aja pgn beli tanaman rambat buat dpn kmr biar ga panas mba. bunga apa ya yg cantik,suka panas dan perawatannya mudah? hihihihi,maunya three in one yaaakk :p

    • terima kasiiih….
      kalau yang mudah dan cukup rajin berbunga bisa dicoba passifora tuh, rajin berbunga gak kenal musin. Bauhinia yang warna orange itu juga rajin berbunga sepanjang tahun. kalau yang oleander rambat dan wundani ada masanya gak berbunga, tapi kalau pas berbunga bisa banyak bener bunganya…🙂
      rata-rata tanaman rambat berbunga suka matahari dan gampang perawatannya kok… :

      terima kasih sudah berkunjung…🙂

  5. mbak.. bagus bgt tanaman rambatnya.. Aku lagi search di internet, eh.. nongol blog ini. Rumahku juga di bekasi.. seneng bgt bisa nemu Bauhinia cockiana. Flona di lap banteng dimananya ya mbak?

    • Haloo, terima kasih lho sudah berkenan mampir….🙂. Flona diadakan setahun sekali di Lapangan Banteng yg deket stasiun Gambir itu lho… Depan Kantor pos Pasar Baru….

  6. aslkm. siang mbak. salam kenal.
    mbak, aku mau nanam tanaman merambat di kanopi. bagusnya tanaman apa ya? rumahku menghadap matahari sore ditambah di depan ada danau, jadi panas bgt kl sore. kl melati belanda kira2 cocok ga mbak? biasanya gmpg dibeli dmn ya mbak? mksh

    • kalau mau yang rajin berbunga, melati belanda/wundani cocok tuh.. batangnya juga cenderung tidak terlalu besar. Soalnya kalo di kanopi kan takut memberati kalau batang-nya besar… wundani juga termasuk gampang dan cepat pertumbuhannya. Wundani ada masa-masa berbunga-nya dan ada masa istirahatnya juga, sebaiknya rajin dipangkas kalau habis masa berbunganya.
      kalau mau yang berbunga terus sepanjang tahun, bauhinia cockiana bisa dipilih, tapi batangnya relatif lebih tebal daripada wundani.

      terima kasih sudah mampir dan meninggalkan pesan…🙂

  7. Terima kasih infonya. Sebetulnya saya mencari tanaman merambat yg hijau, tapi kalau ada bunganya ya bonus, apalagi kalau mudah perawatannya. Saya akan menanyakan di penjual tanaman di Kebayoran dan Senayan, jika ada saya akan info kembali. Terima kasih

  8. Hi mbak,
    Rumahnya cantik banget, penuh bunga gitu!
    Di belakang rumahku ada tembok tinggi pembatas dengan tetangga belakang. Saya ingin tanami bunga rambat yang cepat tumbuh. Kalau ditanami bauhinia, bisa menutupi dengan baik tidak ya?
    Kalau ada info dimana bisa mendapatkan bibitnya tolong kabari ya mbak.

    • bauhinia termasuk cepet tumbuh sih, tapi sepertinya termasuk tumbuhan yang batangnya keras dan bisa jadi besar, jadi mungkin kurang fleksibel kalau untuk menutup tembok. Mungkin bisa dicoba passiflora, termasuk cepat tumbuh juga dan menurutku sih batangnya lebih lentur kalau untuk menutup tembok. Tapi yang perlu diingat keduanya memerlukan sarana untuk merambat, jadi tidak bisa menempel sendiri ke dinding. Morning Glory juga lumayan fleksibel, tapi umurnya terbatas karena termasuk tanaman semusim/annual.
      jenis yang bisa menempel sendiri ke dinding setahuku tanaman dollar, tapi itu tidak berbunga.
      bauhinia biasanya banyak dijual di pameran sih, tapi aku pernah lihat bauhinia dijual di sentra tanaman hias yang ada di BSD, tapi aku lupa nama tempatnya, maaf….

  9. Mb,,cantik2 banget bunganya..boleh ga minta/beli juga mau banget bibitny.hehehe…aq tinggal di bekasi jg dan lagi cari tanaman rambat.di Bekasi bisa di cari di mana y?

    • halo, terima kasih sudah mampir kesini…🙂
      kalau pas ada anakannya sih silahkan saja, tapi saat ini aku belum sempet memperbanyak…. Bekasi di daerah mana ya ?
      Walaupun tidak lengkap, tapi lapak tanaman hias yang ada di dekat pintu air bekasi barat itu lumayan juga koleksinya. Aku pernah nemu morning glory disana…. tapi kalau wundani sepertinya memang tidak ada…

  10. SELAMAT PAGI MBAK PINKAN …SAYA JUGA RUMAH DIBEKASI, UDAH LAMA PENGEN PUNYA POHON RAMABT ….MBAK KALO DIDAERAH BEKASI YANG JUAL TANAMAN HIAS RAMBAT DIMANA YA….MOHON DIBANTU MBAK

    • untuk tanaman rambat kadang untung-untungan juga sih, saya pernah nemu morning glory di lapak tanaman yang dekat pintu air bekasi barat tuh… atau coba aja ke tukang tanaman yang ada di kalimalang, yang deket pangkalan jati tuh…

  11. Oh ok ntar mau nyobain nanam melati belandanya. Udah beli bauhinia, tapi udah 1 bulan ga ninggi2 pohonnya, bagian daunnya ada yg agak gosong juga, gimana caranya supaya cepet numbuh tinggi ya mbak? Kalo untuk di carport kira2 batangnya berat ga ya mbak? Thanks.

    • agar tumbuh baik, usahakan mendapat sinar matahari yang cukup, air dan pupuk jika dianggap perlu… batangnya bisa besar juga sih, tapi menurutku masih bisa lah untuk carport

  12. Oh yah…Ibu mau nanya..beli bibitnya dimana yah…soalnya Ibu tinggalnya sih…di Makassar, tolong beritahu Ibu yah…..habisnya Ibu pengen sekali dengan bunga merambat yaitu Bunga Air mata Pengantin dan Bunga Melati Belanda. Terima Kasih.

  13. Mbk pingkan..salam kenal🙂, bisa dijelaskan..apakah alamanda ungu bisa menempel ditembok untuk tembok belakang rmh..trs karateristik tanamannya gimna y..apakah cepet tmbuh dan menutup tembok..perwatannya mudah atau susah..makasih infonya..maturnuwun

    • alamanda termasuk tanaman rambat yang berkayu keras, jadi sebenernya bukan murni tanaman rambat yang biasanya punya semacam akar yang bisa mengait pada rambatannya.

      dalam pertumbuhannya memang alamanda perlu penopang agar bisa tumbuh tegak, jadi mungkin agak susah kalau harus menutup permukaan dinding tembok. Yang paling tepat mungkin untuk menutup bagian atas tembok, jadi tembok yang akan menjadi penopang si alamanda.

      untuk perawatnnya sih relatif mudah, asal cukup sinar matahari dan air saja. pemupukan juga perlu untuk merangsang pembungaan.

  14. Mba aku seneng deh liat bunganya bagus2….aku mao mba menanam bunga tp untuk kamar diatas jd ada sedikt lahan didepan kamar atas dr pd aku kasih kanopi niatnya aku mo kasih besih trus aku rambatin pohon bunga menurut mba bunga apa yaa yg terus berbunga dan perawatannya ga ribet.

    • terima kasiiih…🙂

      bauhinia cockiana ( yg warna orange ) termasuk gampang perawatan dan berbunga terus… bisa dicoba, tapi termasuk bisa tumbuh besar, jadi harus rajin dipangkas juga…🙂

  15. Subhanallah adem bener ya mbak .. liat kembang2 nya seneng banget… pernah ada masalah dg ulat tdk mbak..? Pernah tdk ulat nya sampai masuk ke rmh… atau ada cara jitu mengatasinya..? Makasih info nya

    • alhamdulillah terima kasiiih… ulat ya ada aja sih, apalagi kalau memang pas musimnya. Tapi selama ini alhamdulillah masih aman-aman saja, tidak sampai masuk rumah. Untuk membasmi ulat aku pakai insektisida yang banyak di jual di lapak-lapak tanaman…🙂

  16. Saya terkesima dengan tanaman rambat yang mbak Pingkan pelihara. Saya sendiri dirumah ada beberapa tanaman rambat diantaranya Ceguk Wundani tumpuk persis di pintu masuk pagar dengan kanopi besar, stephanot ungu yang seperti kanopi panjang didepan jendela atas, air mata pengantin, hujan emas, petrea ungu, russian vine yang semi rambat, kuku macan, dan combretum. Bauhinia cockiana dg susah payah saya dapatkan di Cihideung. Saat ini berumur sekitar dua tahun yang merambat diatas pagar depan rumah. Hanya, dia kok pelit berbunga ya mbak. Baru sekali menghasilkan biji, sementara tanaman kelihatan sehat. Dari biji tersebut apa bisa sebagai metode perbanyakan tanaman tersebut? Kalau ya, bagaimana cara menyemainya karena hanya menghasilkan satu biji saja. Saya tinggal di Yogyakarta daerah dataran rendah. Saya ucapkan terimakasih sebelumnya karena mau berbagi……salam

    • Sependek yang aku tahu Bauhinia Cockiana termasuk tanaman yang mudah perawatan dan rajin berbunga, dengan kondisi cukup air dan sinar matahari yang banyak. Belum rajin berbunga mungkin karena faktor umurnya, Bauhinia milikku baru berbunga lebat setelah tanaman cukup besar dan menjalar memenuhi paragolanya. Atau mungkin masih harus beradaptasi dengan daerah Jogja yang lebih panas daripada Cihideung.
      Masalah perbanyak dengan biji, terus terang aku sendiri pernah mencoba menanam biji yang jatuh, tapi ternyata belum berhasil hidup sampai besar.
      Untuk masalah pembungaan mungkin bisa dicoba pemupukan dengan NPK dengan kadar P yang tinggi

  17. Hai mbak….
    salam kenal… senang liat tamannya dan terutama tanaman merambatnya…. aku nyari tanaman Bauhinia (yg orange itu) cantikkk banget kok belum nemu yaaa, mbak… apa bs melalui stek batang yaaa?? kalo ada info mau yaaa, mbak….
    Salam…..

    • halo, salam kenal juga.. terima kasiih…
      kalau posisi di Jakarta, bisa dicari nanti pas pameran tanaman Flona di Lapangan Banteng, biasanya sih di bulan Agustus…🙂
      kalau perbanyak dengan stek aku kurang tahu juga ya, belum pernah coba soanya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s