Berkebun : Solanum Macranthum

Hari-hari belakangan ini aku males berkebun. Mungkin karena seringnya hujan turun di pagi atau malam hari, yang membuat kebon jadi rada becek, bikin ogah-ogahan gituu… *alesan wae*. Padahal merawat kebon adalah merawat sesuatu yang hidup, kebon bukan benda mati yang stagnan tanpa perubahan apa-apa kalo dicuekin. So rasakan akibatnya deh… berantakan tuh kebon… *elus jidat*. Rumput teki tumbuh liar di bedengan mawar, passiflora tumbuh nlolor kemana-mana sak geleme dewe, di pojokan si solanum makin besar mpe menghalangi sinar matahari nyampe ke tanaman di sekitarnya… haisssh, malah grundelan ra jelas….

Akirnya ga tahan juga, singsingkan lengan baju, ambil parang, tebas sana tebas sini, sadis wis pokokna… jadilah si kebon rada bersihan dikit

857373_10200488739011633_1671079306_o

pohon yang cuma kliatan batangnya di pojokan tuh, si solanum macrantum yang bunganya seperti ini :

523473_4704907511283_1998794077_n

cakep kan ? unyuuu…  Pertama kali lihat penampakannya sih liar di pinggir jalan, tapi stunning banget dengan paduan warna bunga ungu dan putih, bertebaran di seluruh dahan pohonnya. Jadi pada awalnya, saat baru mekar, bunga Solanum ini berwarna ungu pekat, lalu berangsur ganti warna menjadi putih, wangi pula….  Beneran bikin penasaran kepengen punya juga di rumah. Dan setelah penantian panjang *preeet* akhirnya nemu juga di Flona Lapangan Banteng tahun kemarin. Tumbuhan ini termasuk tanaman yang minim perawatan, gak rewel kudu dirawat ini-itu lah…. yang penting ada sinar matahari dan air yang cukup. Umur berbunga-nya pun cepat, dan kalau sudah berbunga, akan terus rajin berbunga sepanjang tahun, cakeeeep…..

Bunga-nya pun bisa numbuh bergelantungan seperti ini

67736_4934951302234_635229381_n

tapi gak tau kenapa tanaman ini juga  dikenal dengan nama giant potato tree, padahal kalau dari penampakan dan namanya sih masih termasuk keluarga terung-terungan. Tanaman ini termasuk jenis perdu yang bisa tumbuh tinggi, sampai 10 meter. Dan karena penampakan bunga-nya yang cantik, sering dipakai sebagai center point di taman.

21 thoughts on “Berkebun : Solanum Macranthum

    • nah itu dia, aku juga belum nemu nih… mungkin karena imigran dari Brazil, jadi belum ada nama indonesia-nya :p

    • terima kasiiih… kalo di eropa memang kepotong musim ya ? tapi pas giliran musim semi kan seru banget tuh…. bunganya cakep-cakep bener… bikin ngiler seember deh…😀

    • Iya cantik-cantik bunganya, apalagi musim semi, tapi..ya itu ngga enak di kantoong hehehe
      soalnya khan tanem Tulip, atau sejenis bunga yg cuma mekar cuma sampai awal Mei..udah gitu mati..cabutin..ganti sama yang buat musim panas..euuhh…,

    • banyak taneman semusim ya ? abis berbunga trus mati… potensial bikin jebol kantong juga tuh, qiqiqi… tapi berarti gardener disono emang bener-bener rajin ya, nanem mulu dari awal tiap ganti musim…

    • Betuul..berat di kantong hehehe

      Iya mereka benar2 ditugasin buat bikin taman2 kota cantik. Ada bbrp tanaman yang kuat, spt bunga Ros, winter rontok…tapi nanti musim semi dan panas dia berbunga lagi ..lumayanlaah..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s