Mawar-mawarkuuuu… :)

Alhamdulillah, bisa juga nanem mawar di kebon sendiri di Bekasi yang panaaasss… dulunya kan sempet pesimis karena mawar kan sebenernya termasuk tanaman dataran tinggi yang biasa hidup di udara dingin. Tapi setelah lumayan sukses mencoba nanem mawar yang aku beli di pameran di taman anggrek TMII, jadi deh aku ketagihan nanam mawar… :

pada dasarnya yang dibutuhkan tanaman mawar adalah sinar matahari pagi yang cukup banyak, tanah yang cukup subur ( bisa diusahakan dengan pupuk ), dan penyiraman yang cukup. Apalagi saat ini sudah cukup banyak dibudidayakan tanaman mawar yang lebih tahan terhadap udara panas, jadi bisalah, penghuni dataran rendah seperti aku ini berkebun bunga mawar di rumah, gak perlu buka kapling di daerah Puncak atau Lembang dulu baru bisa berkebun mawar, hehehe…

jadi yuk menanam mawar…:)

255270_4213710631668_1533537455_n copy

546835_4924231514246_1019121831_n

482963_4153093836286_1549958769_n copy

480496_4241194958759_891739795_n copy

484197_4845977437943_203966353_n

406720_4276319716856_1096936360_n copy

198310_4965686790602_699256508_n

431979_4280297696303_125386463_n copy

397125_4915743742057_868725746_n

66466_4998364607527_1330142439_n

27925_4929223039031_1579225838_n

085 copy

181148_4104516101873_1557038171_n copy

Iklan

18 thoughts on “Mawar-mawarkuuuu… :)

  1. Cantik2 semuanyaaaa..!!! πŸ™‚ jadi kepengen nambah koleksi mawar lg, tp kadang banyak kutunya ya? Paling sebel liatnya, putih2 dan bikin daun dan kelopaknya jelek 😦
    Mawar2 saya sekarang sedang pada “tidur” kedinginan, nanti pd berbunga lagi kalau sudah mulai hangat, insyaAllah.
    Jenis bunga Mawarnya wangi kah?

    • terima kasiiiih… kutu emang nyebelin banget, bikin daun kriting dan mengkerut, bunga juga jadi ga sempurna mekarnya. Temen ada yg kasih saran semprot dengan air perasan daun lantana.. tp aku ga sabaran, langsung pakai insektisida aja…. alhamdulillah sembuh πŸ™‚

      mawar yang aku punya kebanyakan mawar budidaya, jadi ya bisa dibilang enggak ada wanginya… yang wangi justru malah mawar yg merah jambu tuh, yg mekar bertiga πŸ™‚ , yang kata penjualnya jenis mawar kampung… πŸ˜€

    • Oh pestisida ya.. Ada yg bilang pakai air rendaman tembakau, lha ndak ada yg merokok, masa sengaja beli hehehe
      Trs ada yg bilang air sabun, semprot2.

      Tp memang yg wangi mah Mawar yg murni blm diapa apain, di dpn rumah ada, tp tdk sebesar dan secantik yg sudah dineko2 yaaah πŸ™‚

    • waktu adenium-ku kena kutu aku sudah coba pakai air tembakau, sengaja pula beli rokok yang katanya paling ‘berat’, tp ternyata ga ngaruh…. Pernah juga nyoba pakai lotion anti nyamuk yg dicampur air, lumayan berhasil juga, tp harus beberapa kali semprot… sabun belum dicoba..

      pengen punya sih mawar yang wangi semerbak, tapi ga tau bisa numbuh gak di Bekasi yang panaaass… jadi untuk wangi-wangi-an cukup melati aja deh… πŸ™‚

    • matur nuwuuuuuuun…. lha ayo to tandur mawar, pasti bagus banget kalo ditanam di daerah empat musim, adeeem… πŸ™‚

    • mawar tahan panas n dinginnya sampe suhu berapa yo Mbak? disini kalo summer skitar 35C n humid…winter skitar -4 gitu..tahan ra mawarnya?

    • pada dasarnya aku suka nanem apa aja, tp memang lebih seneng kalo ada bunganya sih.. tp untuk bagian pekarangan yang agak kurang panas matahari-nya, mau gak mau aku tanam yang ijo-ijo aja, alias jenis tanaman hias daun yang tidak berbunga… karena memang untuk menumbuhkan bunga perlu sinar matahari yang cukup

  2. @helen : waduh, kalo soal suhu-suhu begitu aku gak mudeng say, maklum di Bekasi taunya cuma panas dan panas banget, hihihi…. kayaknya sih kalo di negara 4 musim gitu suka ada masa tidurnya tuh mawar….

  3. salam kenal mbak, saya dr bali,udh lama nyari2 mawar kampung yg warna pink tapi gak nemu2 juga. termasuk jenis mawar apa ya itu n dimana belinya? mupengbanget.com
    kl boleh tau fbnya ya,biar bisa nanya2 gt

    • Salam kenal juga….. :). Aku jg kurang tahu nama aslinya, yg jual cuma bilang kalau itu jenis mawar kampung. Aku belinya di pameran tahunan Flona yg di Lapangan Banteng Jakarta. Di penjual tanaman yg biasa memang gak ada, yg sering ada justru mawar hibrida. Link ke FB-ku kan ada tuh di halaman depan/beranda depan blog-ku ini. ID-nya sama kok, pingkanrizkiarto… πŸ™‚

    • terima kasiiih… kalau mawar biasanya aku beli tanaman jadi, belom pernah coba tanam dari biji… susah katanya sih, hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s