Berharap Pada Mawar

ciyeh judulnyaaaaa….

Ehem… padahal cuma mau posting soal tanamana paporitku yang baru, wich is kembang mawar. Lha ya sopo to ya, yang enggak kenal bunga mawar. Lagu pop, ndangdut mpe keroncong juga udah ada yang nyeritain soal si Mawar ini. Tenar tenan wis pokokna…
Lha kalau memang sudah tenar dari jaman dahulu kala, kenapa pula baru sekarang aku suka mawar ? Kalau masalah senengnya sih udah dari lama lah sebenernya, cantik banget gitu lho… tapi baru berani nanem di kebon sendiri ya baru belakangan ini. Bukan apa-apa, walaupun sudah mupeng-semupeng-mupengnya liat gambar-gambar kebun mawar di seluruh dunia ini, sebagian besar atau bahkan nyaris semua mawar adalah jenis tanaman dataran tinggi. Ada juga sih beberapa yang tumbuh di dataran rendah, tapi kebanyakan bunganya berukuran jauh lebih kecil daripada yang tumbuh di dataran tinggi, plus warnanya pun tidak sesemarak mawar daerah dingin.
Tapi beberapa bulan yang lalu, pas aku iseng mampir ke Pameran Tanaman di TMII, aku ketemu nursery yang lokasi kebunnya ada di Bekasi, dan nursery itu memajang mawar-mawar yang cantik nian rupanya. Penasaran dong aku, tanya2lah tu mawar hasil rawatan mana, Puncak kali ya ? katanya sih mawar-mawar itu dirawat di Bekasi, alias sama panasnya ma rumahku yang juga di Bekasi juga….. Jadi pengen nyoba beli doooong, pegen coba nanem juga dooong…
Akhirnya iseng-iseng aku beli 2 pohon yang warna putih kemerahan dan kuning… yg kek gini nih bunganya pas aku beli
cantik-cantik kan ? siiip…. tapi kan belum terbukti bisa mekar secakep itu di rumahku. Selama ini sudah sering denger cerita, ibu-ibu yang kuciwa gara-gara pohon mawar yang dia beli Puncak atau bahkan dari tukang tanaman keliling ternyata berakhir duka, enggak mau berbunga lagi, macet, atau bahkan sampai mati merana kepanasan.
Bismillaaaaah… si putih aku tanam di bawah pohon agak teduh, sementara yg kuning aku tanam di pot gerabah. Pengen lihat hasilnya. dan taraaaa… Alhamdulillah ternyata berbunga lagi sodara-sodaraaaa… ini diaaa…
181148_4104516101873_1557038171_n copy
tetep cantik kan yaaaa…. walaupun kalau diperhatikan lebih jauh gradasi warnanya nggak sama persis ama yang pertama, ukurannya pun tidak sebesar waktu dibeli dulu. Tapi itung-itung lagi adaptasi lah ya, hehehehe….
Merasa ‘sukses’ dengan mawar dari pameran di TMII itu, di Flona tahun ini aku mulai cari-cari pohon mawar lagi. Apalagi dari hasil gugling sana-sini, aku jadi tahu kalau ternyata saat ini sudah mulai banyak dibudidayakan mawar yang lebih tahan panas, jadi bisa hidup dan berbunga di dataran rendah alias di daerah panas seperti Jakarta dan sekitanya. Istilahnya sih mawar hibrida gitu, cuma si hibrida ini memang tidak se-hot mawar dataran tinggi, dan biasanya tidak beraroma wangi. Ya gapapa to yaaa… wong ya tetep cantik je…
Dan kok ya di Flona aku ketemu lagi sama si nursery van Bekasi yang kemarin aku temuin di pameran di TMII. Jadi deh bela-beli pohon mawar lagi deh, qiqiqi….
255270_4213710631668_1533537455_n copy


 546835_4924231514246_1019121831_n
 
480496_4241194958759_891739795_n copy
198310_4965686790602_699256508_n
545373_4638545852283_1415810880_n
66466_4998364607527_1330142439_n
 
Ketagihan, wkwkwkwk… gapapalah, sekali setahun ini… *korek2dompet*. Tapi fyi, parade gambar diatas adalah gambar bunga bawaan pas dibeli pohonnya, paling ya kuncup pas dibeli dan mekar pas udah ditanam di rumahku, jadi bukan yang pyuuuur numbuh bunga dari awal di rumahku. Jadi mari kita tunggu saja hasil perawatan nursery Simbok di Bekasi sektor Ciketing… yuk mari berkebun !!
Iklan

46 thoughts on “Berharap Pada Mawar

  1. aih cantik-cantiknyagak heran deh klo buat motret sampe bela2in manjat hahahabtw itu yang pertama dan kedua jauh banget ya warnanyadan menurutku lebih cakep warnanya setelah ditangan bukping deh

  2. itsmearni said: aih cantik-cantiknyagak heran deh klo buat motret sampe bela2in manjat hahahabtw itu yang pertama dan kedua jauh banget ya warnanyadan menurutku lebih cakep warnanya setelah ditangan bukping deh

    makaciiiih…qiqiqiq, kalo yg manjat pas motret kembang sepatu kok, kalau mawar pohonnya masih pendek, malah jongkok2 deh motretnya….:pitu karena yang pertama dipotert pake hp, sementara yang kedua pake dslr sih….:D

  3. cantikkkkkkkkkk… q g berani nanem mawar.. takutnya g mekar cantik, apalagi d karawang dg udara panas dan banyak kambing2 berkeliaran (kacapiringku tinggal berapa helai daun, dicomotin kambing tak bertanggung jawab hiksss)

  4. qqmerangkumkisah said: cantikkkkkkkkkk… q g berani nanem mawar.. takutnya g mekar cantik, apalagi d karawang dg udara panas dan banyak kambing2 berkeliaran (kacapiringku tinggal berapa helai daun, dicomotin kambing tak bertanggung jawab hiksss)

    waduh, kalo hama kambing emang ngeselin… kemarin2 bahkan sempet berani masuk halaman tuh, Alhamdulillah sekarang sudah mulai berkurang….:)

  5. depingacygacy said: “yang pertama dan kedua jauh banget ya warnanya” bu arni, itulah beda kamera hp & dslr. apalagi kalo udah pake lensa yg cihui *nyari ikon kompor koq ga ada ya? ;p

    *timpuk karung goni basah*

  6. musimbunga said: cacing mah aku pegang2 klo ulet ama lintah waduuuuw

    padahal lebih sering ketemu ulet sih, daripada cacing.. apalagi kalo pas abis musim kupu2 bertelur…kalo cuma satu dua sih masih aku pindahin aja ke kebon kosong di sebelah rumah, kasihan gitu, namanya juga mau numpang hidup… tapi begitu hitungan udah sampai sembilan ya aku semprot insektisida aja deh, qiqiqiqi…

  7. srisariningdiyah said: mawarku juga sudah berbunga lagi niy, tapi baru kuncup-kuncupppp mbokkkk yang kemarin aku foto itu udah rontogggggg

    kalo udah berkuncup lagi berarti sukses dong, ntar lagi berbunga-bunga deh halamannya….:))

  8. pingkanrizkiarto said: Lagu pop, ndangdut mpe keroncong juga udah ada yang nyeritain soal si Mawar ini

    nama samaran korban perkosaan jg. “sebut saja namanya Mawar, 19 tahun” hehe….bu Pink, halamanku dibantu utk ditanamin tuh…. ga keurus…

  9. debapirez said: nama samaran korban perkosaan jg. “sebut saja namanya Mawar, 19 tahun” hehe….bu Pink, halamanku dibantu utk ditanamin tuh…. ga keurus…

    ketauan baca-annya apaan…wani piro Deeed ?urus sendiri doooong…. biar rumahnya tambah cantik…:))

  10. Permisii. Mau nanya nursery mawar di bekasi sebelah mana yaa?? Kebetulan saya bekasi juga. Mau lihat lita dan pengen bgt meminang si mawarr.. Huhuhu

    • Nursery khusus mawar sih sepertinya tidak ada, selama ini aku hanya mengandalkan lapak tansman hias pinggir jalan yg ada di deket pintu air bekasi barat itu. Ada satu yg kadang menyediakan tanaman mawar yg sudah cukup besar, bukan yg di polybag kecil2 itu. Aku mmg lebih suka beli tanaman mawar yg sudah besar krn relatif lebih tahan hidup dan berbunga lg drpd yg kecil2.
      Kalau nursery yg aku ceritakan diatas kalo gak salah kebunnya ada di Bojong Kulur, Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s