Jowo Jadul

Beberapa bulan terakhir ini aku ma masAdi punya kesenengan baru, mengisi akhir pekan dengan dinner berdua saja, huehehe…. asik toh ? dimana ? di angkringan hik depan komplek perumahan kami. Ngglosor duduk lesehan di tiker yang dihampar di emperan ruko, dengan menu sego kucing sak uba rampe dan wedang jahe, mat wiiiiss….

 
Sebagai penjelasan, masWiki menuliskan bahwa :
Angkringan (berasal dari bahasa Jawa ‘ Angkring ‘ yang berarti duduk santai) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Solo dikenal sebagai warung hik (“hidangan istimewa a la kampung”) atau wedangan. Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitu senthir, dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.
Angkringan yang di depan kompleks perumahan kami memang tidak sekumplit dan selengkap angkringan yang di Solo atau Jogja. Tapi lumayanlah, sudah cukup mewakili dengan sego kucing, tempe dan tahu bacem, sate usus, sate ati-ampela, sate puyuh dan sate ceker ayamnya… Mungkin makanan yang di sajikan tidaklah istimewa, dan sangat jauh dari empat sehat lima sempurna. Tapi aku menikmati atmosfer yang ada di cafe ala Jawa itu. Ngobrol ngalor-ngidul sambil terseret irama alon-alon dalam menghabiskan makan malam porsi camilan itu. Lha piye to, yang namanya sego kucing itu kan tiga kali disendok juga udah habis tandas masuk perut semua. Sesekali si bapak empunya angkringan juga ikut nimbrung komentar ini-itu, jadi deh aku mengasah kembali kemampuan conversation in Javaneese kromo madyo-ku, sementara mas Adi cukup ngerti saja tapi tak bisa ngomong jowo, hehehe….
 
Yen ta’ pikir-pikir… ngunduri sepuh alias seiring umur yang makin matang *mangga kaleeeee… takut bener ngomong tuwir, qeqeqe… *, rasanya aku jadi semakin seneng mengumpulkan berbagai hal yang bisa menghubungkan aku dengan masa kecilku dulu di Jawa sonoooo…. Hang-out duduk lesehan di angkringan misalnya, menikmati aroma Jawa yang jelas ndak akan bisa aku temukan kalau hang-out-nya di Starbuck *kayak pernah ngangkring di setarbak aja*
 
Tapi mungkin hal itu tidak berlaku kalau aku masih tinggal di Solo kali ye ? pan tiap hari juga ude ade temen ngomong jawa, enggak kayak di Bekasi sini, mau ngomong Jawa aja kudu nyari sparing partner dulu, wkwkwkwk….
 
Bahkan dalam mendekor rumah pun aku memilih kembali jadi orang Jowo, ndak peduli yang lagi trend itu gaya minimalis, aku maunya tetep jowo jadulers, huehehehe…..
 
 
 

62 thoughts on “Jowo Jadul

  1. pennygata said: mesin jahit n kacanya itu aku jg punya, punya emak sih, jd kacanya diwariskan ke anak emak yg palin tua, dan ternyata orah diopeni..😦

    whualah sayang banget tuh… benda antik lho….

  2. bundel said: Siji maneh kurange jeng, pot kuping gajah sing seko pecahan keramik mester putih kae, dipajang nang pojokan. Ben dina godonge dilapi, jadul tenan lho!

    saya punya lho mbak, pohon kuping gajah… saya pajang di samping teras, tapi belum pakai pot pecahan keramik, masih pake pot plastik…. kapan2 cari ah…:)

  3. orangjava said: Tak kiro ngenyek aku Jadul.wekekek….aku ora iso mangan ning ANGKRINGAN..mules loro weteng…reged rupane, malah Andre mbiyen keno Typhus..kapok….

    whuahahaha… saya juga sudah masuk barisan jadul lho mas…enggak terbiasa ngangkring nggih Mas ? perutnya sudah ikut bule tuh, hihihihi…. saya sih sudah lumayan kebal, tapi ya tetep liat-liat juga sih, kalau angkringannya jorok saya juga ogah…:)

  4. pingkanrizkiarto said: sesuai ama yang punya rumah, produk jadul, wkwkwkwk….

    selalu kangen dg suasana yg njawani seperti ini, di tengah banyaknya pilihan minimalis

  5. pingkanrizkiarto said: whuahahaha… saya juga sudah masuk barisan jadul lho mas…enggak terbiasa ngangkring nggih Mas ? perutnya sudah ikut bule tuh, hihihihi…. saya sih sudah lumayan kebal, tapi ya tetep liat-liat juga sih, kalau angkringannya jorok saya juga ogah…:)

    Dulu waktu di Yogja, makan diankringan dekat Alun² Kidul, makan sate ayam, makan lontong, kami 2 Bule, 1 Blasteran 1 Jowo asli, makan lahap…malam di Hotel, rebtan kamar mandi, besoknya ke RS dikota baru Bethesda kalau tak salah, cuman disuruh minum air terus, aku talefon dokterku di Jejeran Sleman dikasih tau, beli Perenterol, di RS untungnya ada, hanya Andre yang terus sakit…payah…

  6. bunda2f said: selalu kangen dg suasana yg njawani seperti ini, di tengah banyaknya pilihan minimalis

    tapi sepertinya pilihan minimalis memang paling klop untuk kondisi saat ini, hemat tempat gitu…:D

  7. orangjava said: Dulu waktu di Yogja, makan diankringan dekat Alun² Kidul, makan sate ayam, makan lontong, kami 2 Bule, 1 Blasteran 1 Jowo asli, makan lahap…malam di Hotel, rebtan kamar mandi, besoknya ke RS dikota baru Bethesda kalau tak salah, cuman disuruh minum air terus, aku talefon dokterku di Jejeran Sleman dikasih tau, beli Perenterol, di RS untungnya ada, hanya Andre yang terus sakit…payah…

    wkwkwkwk…. tragedi sate ayam ya Mas….bolak-balik ke kamar mandi pasti bikin lemes badan tuh….

  8. larass said: wow bener2 rumah yg berasri jowo yah buuuu….aku pernah ada tuh kaca yg kayak itu tp sayang itu warisan nenek jd diambil deh ma om aku hehe

    yang masih bagus banyak juga lho diperjual-belikan, tapi ya lumayan mahal juga sih… kalau yang ini aku dapet dari ibuku, warisan juga dari mbah-ku…:)

  9. pingkanrizkiarto said: wkwkwkwk…. tragedi sate ayam ya Mas….bolak-balik ke kamar mandi pasti bikin lemes badan tuh….

    Untuk cuci perut kali bagus yak cuman badan lemes dan suhu naik……..KAPOK….

  10. katerinas said: Tapi mbak Pingkan sehari-hari ndak berbusana kebaya jadul kan mbak? *ngebayangin mbak Pingkan berkebaya sambil berkebun dan menyulam**kabur

    aiiiisssshh…. bisa kejungkel deh kalo maculnya pakai kain, qiqiqi….

  11. pingkanrizkiarto said: wkwkwkwk…. jangan sampai kejadian 2 kali deh Mas….:D

    Yo aku menghindari makan dipinggir jalan….gak lewat yang sedang bakar sate….tetapi di Mesir juga mirip jorok, makanan kena debu, dah basi masih dijual….maksa lagi jualannya…

  12. orangjava said: Yo aku menghindari makan dipinggir jalan….gak lewat yang sedang bakar sate….tetapi di Mesir juga mirip jorok, makanan kena debu, dah basi masih dijual….maksa lagi jualannya…

    widih, kalau udah basi sih kelewatan bener itu… serem…

  13. keren. jaga keasliannya. suka sebel sama orang yg asal renov rumah dengan ngawur. di menteng banyak banget rumah tua yg dibeli orang tajir, terus dirusak keasliannya.salah atu perusak anaknya sby.

  14. pingkanrizkiarto said: widih, kalau udah basi sih kelewatan bener itu… serem…

    Iya Jeng ada yang jualan Roti Sesam sebetulnya enak(dihotel), ditaruh diatas kepala penjual, jalan sambil teriak² nawarin….debunya tuh, asap Mobil, laler??payah….

  15. pingkanrizkiarto said: saya punya lho mbak, pohon kuping gajah… saya pajang di samping teras, tapi belum pakai pot pecahan keramik, masih pake pot plastik…. kapan2 cari ah…:)

    Hayo buruan cari, terus naruhnya dideketkan sama suflier, wis persis jadul hihihi….

  16. hehe jadi inget, kalo karet di mesin jahitnya putus, pernah makkhansa nyoba mbenerin sendiri dengan di bakar, trus ditempelin, walhasil, karetnya malah jadi pendek, ketahuan deh kalo dah mutusin karet mesin jahit🙂

  17. martoart said: keren. jaga keasliannya. suka sebel sama orang yg asal renov rumah dengan ngawur. di menteng banyak banget rumah tua yg dibeli orang tajir, terus dirusak keasliannya.salah atu perusak anaknya sby.

    matur nuwun mas…:)yang rumah cantik menteng itu ya Mas ? duh saya ngenes banget lihat kondisinya setelah dibeli sama si mas itu….😦

  18. orangjava said: Iya Jeng ada yang jualan Roti Sesam sebetulnya enak(dihotel), ditaruh diatas kepala penjual, jalan sambil teriak² nawarin….debunya tuh, asap Mobil, laler??payah….

    ya kalo dagangan pinggir jalan memang resikonya debu ma laler sih Mas…:)

  19. nur4hini said: hehe jadi inget, kalo karet di mesin jahitnya putus, pernah makkhansa nyoba mbenerin sendiri dengan di bakar, trus ditempelin, walhasil, karetnya malah jadi pendek, ketahuan deh kalo dah mutusin karet mesin jahit🙂

    wkwkwkwk… malah jadi mengkeret yo ?

  20. miapiyik said: Enaknya ada angkringan, belum nemu deket2 rumah sini. Oya, aku punya kaca ituu di musholla. Samma mba, aku penggemar jadoel dari dulu, seneng blusuk2 nyarinya

    di Solo sebenernya ada pasar yang isinya banyak banget barang jadoelnya… asik banget deh blusukan di situ… tapi sayang harganya harga turis, hihihihi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s