Back to Batik

Jujuuuuuuuuuuuur…. ngaku salah duluuuuuuuuuuu….

Dulu-dulunya aku tidak begitu tertarik pada batik. Entah kenapa, walaupun aku suka menjahit baju dan membuat pernak-pernik dari kain, aku lebih menyukai kain katun dengan motif bunga-bunga kecil yang lucu. Motif batik buatku terkesan berat dan seriyus…. Sementara daku walaupun secara bodi boleh dibilang berat juga, tapi jiwaku kan cerah ceria gembira tralalalala…. *dikepret sendal*
Padahal simbahku tu jago nge-batik, plus ibuku sendiri waktu kecil juga pernah mburuh batik di jaman susah dulu… Jadi bisa dibilang pengetahuan tentang batik ibuku bisa dibilang cukup lah, ngerti cara pembuatannya secara detil plus tahu dikit2 tentang motif dan nama-nama batik. Sementara aku ? oh tidaaaaaaaaaak… tahunya cuma motif lereng doang, qiqiqiqi….
Kesanku tentang batik yang seriyus dan berat mungkin karena dulunya yang aku kenal hanyalah batik aliran Solo-Jogja yang didominasi warna coklat alias sogan. Belum begitu kenal dengan batik aliran pesisir yang ceriah ceria dan penuh warna. But, selalu ada pintu menuju pengetahuan bukan ? qeqeqeq….
Dan semua itu dimulai dari gambar sebuah tas cantik berbahan batik yang nyelonong nempel di tembok-ku di lapak sebelah. Whuaaaa…. cantik nian batinku… lain dengan tas-tas batik yang biasa aku lihat sebelumnya. Jadi pengen tahu dooong, mupeng juga doooong… colek sana colek sini, akhirnya aku bisa juga punya tas batik seperti yang aku lihat di tembokku itu…
Dan gara-gara urusan perburuan tas batik itu aku jadi kenal dan berteman ma bakul-bakul batik di lapak sebelah. Jiyaaaah, jadi berlanjut deh demamnya… jadi tau macem-macem batik lebih jauh lagi. Dan terpesona pada batik pesisiran yang riang gembira tralala…
Dan salah satu yang membuatku terpesona mpe ngeces2 adalah batik tulis motif Hokokai.
cantik sekali bukaaaaaan…
dan ternyata dibalik motif Hokokai ini ada sejarahnya lho….
eww, tapi ntar aja ceritanya ya, atau barangkali MamahDepin yang mau cerita, karena kalau gak salah kisah Hokokai ini digelar di Pekalongan…
Mamaaaaaaaaaaaaaaaaaaah …. *TOA switch on*
Iklan

57 thoughts on “Back to Batik

  1. @mba iahmungkin krn masa produksinya pendek, jd itemnya cuma dikit, sementara motifnya cantik *teori asalaku mlh baru tau dr bu ping, yg namae hokokai tuh yg ini.baru tau jg ada budukan budokai *msh geli tau istilahnya 😀

  2. iahsunshine28 said: mana ceritanyaaa…. aku penasaran bu, kenapa harga batik hokokai aslinya sampe bikin pingsan yaaa…hihihi..

    semua batik lawas memang cenderung mihil sih Iah…:))tapi memang untuk hokokai asli bisa dibilang merupakan barang yang langka, karena batik hokokai yang asli hanya dibuat pada rentang waktu 1942-1945, seumur dengan penjajahan jepang di Indonesia, jadi memang jumlahnya tidak banyak.Setelah itu memang ada motif yang mirip2, tapi bukan hokokai asli, alias penerusnya, yang memakai nama Djawa Baroe…etdah, harusnya MamahDepin yang pidato iniii…

  3. depingacygacy said: @mba iahmungkin krn masa produksinya pendek, jd itemnya cuma dikit, sementara motifnya cantik *teori asalaku mlh baru tau dr bu ping, yg namae hokokai tuh yg ini.baru tau jg ada budukan budokai *msh geli tau istilahnya 😀

    whuakakakakak….. batik motip budukan….:D

  4. pingkanrizkiarto said: semua batik lawas memang cenderung mihil sih Iah…:))tapi memang untuk hokokai asli bisa dibilang merupakan barang yang langka, karena batik hokokai yang asli hanya dibuat pada rentang waktu 1942-1945, seumur dengan penjajahan jepang di Indonesia, jadi memang jumlahnya tidak banyak.Setelah itu memang ada motif yang mirip2, tapi bukan hokokai asli, alias penerusnya, yang memakai nama Djawa Baroe…etdah, harusnya MamahDepin yang pidato iniii…

    oooh pantesan.. baru tau klo itu bikinan jaman jepang.. pantes namanya hokokai ya bu, kayak nama jepang :)barang sedikit, permintaan banyak, gak diproduksi lagi juga… jadi mahal ya bu..pantesan juga Djawa Baroe itu mirip2 hokokai.. kadang susah bedain bu, kecuali pedagangnya yg bilang ini “Djawa Baroe”..hihi.. *awam*

  5. bundel said: Batik pesisiran itu yang ditaksir. Juragan batik Solo boleh lah, dandannya batik pesisiran, biar jadi sahabat dengan sesama juragan batik. 🙂

    cantik-catik bener je mbak, warna-warni menarik hati…:))

  6. depingacygacy said: @mba iahmungkin krn masa produksinya pendek, jd itemnya cuma dikit, sementara motifnya cantik *teori asalaku mlh baru tau dr bu ping, yg namae hokokai tuh yg ini.baru tau jg ada budukan budokai *msh geli tau istilahnya 😀

    ha? budokai… adeknya hokokai? hihihi..

  7. depingacygacy said: msh dibwh 100 jeti ga mba?krn kbrnya di sini ada yg koleksi jualannya sampe ratusan *tp jgn tanya wujudnya ya, kesanapun ga berani aku :((

    ha ratusan? haduh… perlu sedia oksigen dong klo bgitu sih… sesak napaass dengernya..hihihi…

  8. depingacygacy said: “ssstttt….hahaha…” <<< mba iah jg punya?pamer dong, pengen liat dalemnya *kirim pendedel wkwkwkwk

    iihh… punyaku belum jadi maahh…wkwkwk..ssstt ada juga tas batik bentuk hobo biasa, bukan yg kayak bu pink.. dalemnya, ya sama dg tas hobo lain…hehe..

  9. depingacygacy said: makanya ga berani ke sana mba. takut shock, by rumah sakit mahal ;))tas hobo tuh kaya apa mba? *gagap fashion

    oksigennya juga mahal…hehehe..hobo tas biasa mah.. kotak aja, kayak tas belanja dari kertas gitu, gak pake restleting, cuma ini dari batik..

  10. depingacygacy said: ” harusnya MamahDepin yang pidato iniii…” <<< saya kan hanya numpang idup di pekalongan buk, numpang lair juga :p

    Dudu mung numpang, ayo ganti kata-kata numpang iku, wong memang tanah tumpah darahmu je nak!

  11. bundananda said: ayo dong mana ni cerita hokokai dan budukan-nya?#lebih suka sejarahnya dibanding harga batiknya.

    nanti deh Bun, udah direncanakan nih postingannya…tinggal realisasinya aja yg mbuh kapan…:D

  12. depingacygacy said: ganti pake apa bun :))iya bun, bukan numpang.tp walo rakyat kota batik, ga semua paham soal sejarah batik lho. termasuk aku, cuma amat sangat sedikit tau aja bun :))

    mbok gawe postingan soal batik maaaaaaaaaaah…..*ngomporin*

  13. grasakgrusuk said: batiknya cerah ceria, tralalala. pasti lucu kalo dibikin baju bt ngantorrr

    iya, cerah… tapi gak tega mau nggunting dijadiin baju, qiqiqi…tetep jadi kain aja deh, buat jaritan….:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s