Dress Code : Bajoe Tempo Doeloe

Setelah taun kemarin uprek-uprek dapat jatah pakai baju Papua ( wich was malah dapet baju Dayak ), untuk Kartini-an tahun ini sekolah Faiz membuat aturan dress code Kostum Tempo Doeloe, jadi baju daerah yang dipakai adalah model baju daerah jaman ibu Kartini masih hidup doeloe, misalnya baju surjan gitu… Waduh, piye kuwi. PR baru ini, sepanjang pengalamanku nyari baju adat anak-anak, belum pernah nemu surjan di tempat persewaan baju adat. Yang ada biasa ya baju adat jawa model beskap, jarit ma blangkon yang biasa itu.

Akhirnya ambil inisiatif minta tolong mbah Uti di Solo untuk cari surjan kecil di pasar Klewer Solo. Alhamdulillah ada, jadi aku tinggal cari jarit alias kain ma blangkonnya aja. Mampir ke tempat sewa baju deket rumah, ternyata jaritnya kecil-kecil semua, itu pun adanya yang model pakai hiasan blink-blink benang emas alias prada. Menurutku sih kurang cocok ama surjannya. Pikir punya pikir, akhirnya aku putuskan untuk memberdayakan jarit buluk di rumah saja, insya Allah bisa-lah diakalin biar bisa dipake jaritan Faiz ke Kartini-an tahun ini.

 

 

kain aku perkecil dulu tingginya, disesuaikan ma tinggi badan Faiz, lalu kulipat dua biar gak terlalu panjang dan susah melilitkannya

 

 

 

untuk wiron, aku jahit pakai mesin biar gak bodol lepas kemana-mana. Menyalahi pakem sih, qiqiqi… but at least lebar wironnya pas 3 jari sesuai pelajaran mewiru yang dulu aku dapet dari ibukku.

Itu baru soal jarit, untuk blangkon-pun jadi PR tambahan lagi, karena surjan adalah baju pria khas jogja, jadi pas-nya ya kudu pakai blangkon gaya jogja mataram lah ya. Lho memang beda ? jelas beda doooong….

 

 

gambar yang diatas ini blangkon gaya Solo, perhatiin bagian belakang blangkonnya pipih. Di bagian belakang itu ada buletan yang juga pipih, nah itu dia si mondolan. Blangkon gaya Solo punya mondolan pipih, sementara untuk gaya Jogja mondolannya mbejendol… ewww, boso indonesia mbejendol opo ya ? Mari kita liat gambar di bawah ini aja deh

 

 

see ? kliatan bedanya to ?
dan ternyata di tempat sewa baju itu ndak ada yang cocok sodara-sodara… akhirnya karena merasa tertantang *preeeet* dengan dress code kartini-an tahun ini, akhirnya aku bela-belain cari blangkon ke ITC Cempaka Mas di bagian jual batik. Ada sih blangkon gaya Jogja-nya, dan ternyata harganya mahal sekaleeeee….. nyerah aja deh, akhirnya aku beli blangkon koncer yang kira-kira warnanya mecing ma surjannya. Apa itu blangkon koncer ? tunggu saja penampakannya nanti ya….

Dan alhamdulillah, jungkir baliknya simbok *lebaaaaaaaaaaaaaay* terbayar lunas dengan cengangas-cengingisnya den baguse Faiz yang seneng banget dapet piala juara II lomba fashion show Bajoe Tempo Doeloe…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tintin1868
tintin1868 menulis on Apr 19
ini lucu bener momentonya.. senang ya naik bendi..

tintin1868
tintin1868 menulis on Apr 19
jagung kelapa, pisang rebus dan kacang telur..

tintin1868
tintin1868 menulis on Apr 19
ini naroh apa di blangkon?

tintin1868
tintin1868 menulis on Apr 19
hahaha laku dodok itu gimana sih sampe kejengking?

tintin1868
tintin1868 menulis on Apr 19
mendaftar?
senang ya dapat juara.. ga sia-sia deh emaknya..

tokoibufarhansarah
tokoibufarhansarah menulis on Apr 19
Ganteng banget sih, boleh saya tek-in gak buat Saffa :))

tokoibufarhansarah
tokoibufarhansarah menulis on Apr 19
kayak di pelaminan :))

rirhikyu
rirhikyu menulis on Apr 19
makin ganteng niy anak

rirhikyu
rirhikyu menulis on Apr 19
hahahahahahahaa

tokoibufarhansarah
tokoibufarhansarah menulis on Apr 19
bu, makasih ilmu per-blangkonannya tapi bener2 dah saya gak mudeng :))

rirhikyu
rirhikyu menulis on Apr 19
ampun dehh.. xixixixixi

rirhikyu
rirhikyu menulis on Apr 19
ini dah pada ganti baju ya? kepanasan kali ya 🙂

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
hai ganteng………..godain eyke dong
*dikeplak simbok

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
wah si ganteng udah keliatan nih aura juaranya

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
mantap mas …………..

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
wakakakaka………ini ngapain dia?

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
blangkonnya ada kuncir kliwir kliwir yak

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
malah jadi unik ya

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
wah ada bendinya segalan, keren deh

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
wa asik nih makanannya
saya mauuuuuuuuuuu

itsmearni
itsmearni menulis on Apr 19
sip sip…selamat yaaaaaaaaaaaaaa
jadi jura, pulang bawa piala

zahratefiani
zahratefiani menulis on Apr 19
mas ganteng….senyumnyaaa…tak pek mantu gelem po gak yaa

zahratefiani
zahratefiani menulis on Apr 19
waah udah acara kartinian yaa….seneeng liat bocah2 pake baju adat gini…

zahratefiani
zahratefiani menulis on Apr 19
gerah ya mas kok dicopot blangkone
Komentar telah dihapus atas permintaan penulis.

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
tintin1868} berkata

ini lucu bener momentonya.. senang ya naik bendi.. 

anak-anak seneng bener ya naik bendi, padahal ya cuma muter-muter gitu doang…:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
tintin1868} berkata

jagung kelapa, pisang rebus dan kacang telur.. 

jagung-nya disikat emaknya…:p

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
tintin1868} berkata

ini naroh apa di blangkon? 

iseng aja tuh, kepanasaan…:D

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
tintin1868} berkata

hahaha laku dodok itu gimana sih sampe kejengking? 

laku dodok tu yang berjalan sambil jongkok itu lhoo… biasanya untuk acara ngadep raja, gak boleh berdiri lebih tingi dari raja yang lagi duduk, jadi jalannya kudu sambil jongkok…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
tintin1868} berkata

mendaftar?
senang ya dapat juara.. ga sia-sia deh emaknya..
 

dapet nomer peserta 13,
alhamdulillah ….:))

depingacygacy
depingacygacy menulis on Apr 19
buk, mbok aku gawekne kebaya kutubaru tho buk

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19

Ganteng banget sih, boleh saya tek-in gak buat Saffa :)) 

qiqiqi…. kayaknya Shaffa udah ditek sama bukRan tuh…:D

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19

kayak di pelaminan :)) 

itu cuma kain dijembreng-jembreng kok, qiqiqi….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
rirhikyu} berkata

makin ganteng niy anak 

makacih tanteeee….:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
rirhikyu} berkata

hahahahahahahaa 

jadi salting tu bocah….:D

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19

bu, makasih ilmu per-blangkonannya tapi bener2 dah saya gak mudeng :)) 

blangkon padang ada gak uni ? 😀

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
rirhikyu} berkata

ampun dehh.. xixixixixi 

ni anak udah bete kayaknya…:p

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
rirhikyu} berkata

ini dah pada ganti baju ya? kepanasan kali ya 🙂 

iya kegerahan, apalagi yang anak-anak cewek, pan pada konde-an tuh…:D

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

hai ganteng………..godain eyke dong
*dikeplak simbok
 

#sambit blangkon mondolan besi

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

wah si ganteng udah keliatan nih aura juaranya 

wkwkwkw…. kepedean aja kali tuh…:D

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

mantap mas ………….. 

karateka pake blangkon tuh…:p

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

wakakakaka………ini ngapain dia? 

salting tuuuuuuuuh, wkwkwkwwk….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

malah jadi unik ya 

iya, lucu… jadi kayak mas didi kempot, penyanyi paporit simbok, qiqiqiq…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

wah ada bendinya segalan, keren deh 

biar seneng aja tuh bocah-bocah…
abis didandanin yang enggak-enggak ama emak-emaknya, qiqiqiq…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

wa asik nih makanannya
saya mauuuuuuuuuuu
 

sssssttt…. itu pisang ama jagung udah disikat sama emaknya….:p

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
itsmearni} berkata

sip sip…selamat yaaaaaaaaaaaaaa
jadi jura, pulang bawa piala 

terima kasiiiiih…:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
zahratefiani} berkata

mas ganteng….senyumnyaaa…tak pek mantu gelem po gak yaa 

yuk mareeeeee…. 😀

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
zahratefiani} berkata

waah udah acara kartinian yaa….seneeng liat bocah2 pake baju adat gini… 

hihihihi…. emaknya yang repooot… tapi emang seneng sih…:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
zahratefiani} berkata

gerah ya mas kok dicopot blangkone 

panaaaaaasss…. 😀

mellyheaven
mellyheaven menulis on Apr 19
Cieeeee, juara nih yeeeeeeeeeeeeeee…. 😀

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19

buk, mbok aku gawekne kebaya kutubaru tho buk 

arep nyaingi simbok-simbok bakul kinang po ? 😀

mellyheaven
mellyheaven menulis on Apr 19
Wkwkwkwkwk… ada2 aja si Faiz =P

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
mellyheaven} berkata

Cieeeee, juara nih yeeeeeeeeeeeeeee…. 😀

uhuy deeeeeh…..:D

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 19
mellyheaven} berkata

Wkwkwkwkwk… ada2 aja si Faiz =P 

salting diliatin banyak orang…:D

nunksubarga
nunksubarga menulis on Apr 19
hihihihihi…………….srimulat

25102004
25102004 menulis on Apr 19
cakepnya…..

depingacygacy
depingacygacy menulis on Apr 20
ora no mbok, tetep kalah seksi nek mbek simbok bakul kinang.
kae lho, sing pinggirane dibordir trancangan opo sulam pita mubeng.
yo mbok yo, yo, yo, yo…. plisss

*ngelunjak

tintin1868
tintin1868 menulis on Apr 20
itu batik lasem yang jadi jarig kog sayang ya dipotong.. akhirnya ga dipake lagi? cukup buat tahun depan?

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
nunksubarga} berkata

hihihihihi…………….srimulat 

bakat turunan, qiqiqiqi….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
25102004} berkata

cakepnya….. 

makaciiiih….:)

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20

ora no mbok, tetep kalah seksi nek mbek simbok bakul kinang.
kae lho, sing pinggirane dibordir trancangan opo sulam pita mubeng.
yo mbok yo, yo, yo, yo…. plisss

*ngelunjak 

mbok yo pesen tonggomu kae lho Mah, jeng Anne Avantie…
Semarang kan luwih cedhak timbang bekasi…:p

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
tintin1868} berkata

itu batik lasem yang jadi jarig kog sayang ya dipotong.. akhirnya ga dipake lagi? cukup buat tahun depan? 

enggak dipotong kok, cuma dilipet trus dijahit
selesai kartini-an trus dibongkar/didedel lagi jahitannya…
balik deh jadi kain jarit lagi…:)

bundel
bundel menulis on Apr 20
Ngati-ati den bagus, mbok kepentut qeqeqeqe……..

Kudune den baguse juara I, budhene ra trimah ki lho!

bundel
bundel menulis on Apr 20
Oh iki tha si koncer iku? TFS ya.

bundel
bundel menulis on Apr 20
Hwalah, iki sih sing kesenengen mboke!

tintin1868
tintin1868 menulis on Apr 20

enggak dipotong kok, cuma dilipet trus dijahit
selesai kartini-an trus dibongkar/didedel lagi jahitannya…
balik deh jadi kain jarit lagi…:)

jadi tebel ya.. pantes kepanasan..

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
bundel} berkata

Ngati-ati den bagus, mbok kepentut qeqeqeqe……..

Kudune den baguse juara I, budhene ra trimah ki lho! 

wkwkwkwk…. jengkang-jengking bisa kepentut ya mbak…:)

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
bundel} berkata

Oh iki tha si koncer iku? TFS ya. 

injih mbak… lucu, ada buntutnya…:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
bundel} berkata

Hwalah, iki sih sing kesenengen mboke! 

qiqiqiqi….. emang bener mbak, grontol sama pisang rebus habis saya makan…:p

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
tintin1868} berkata

jadi tebel ya.. pantes kepanasan.. 

hawanya emang lagi panas pulak…:))

estiningtyas
estiningtyas menulis on Apr 20
gantengeee anak lanang

bundel
bundel menulis on Apr 20
Aku ya ngesir grontole kuwi, nek gedang emoh, kacang atom ya emoh, isih nduwe soale iki lagi tak kletaki.

estiningtyas
estiningtyas menulis on Apr 20
faiz kelas piro to bu?

estiningtyas
estiningtyas menulis on Apr 20
wakakkakakka mas faiz laku ndodok model jengking

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
estiningtyas} berkata

gantengeee anak lanang 

matur nuwuuuun…:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
bundel} berkata

Aku ya ngesir grontole kuwi, nek gedang emoh, kacang atom ya emoh, isih nduwe soale iki lagi tak kletaki. 

grontol manis-manis gurih ya mbak…. empuk lagi…:)

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
estiningtyas} berkata

faiz kelas piro to bu? 

TK B, insya Allah nanti Juli masuk klas 1 SD

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
estiningtyas} berkata

wakakkakakka mas faiz laku ndodok model jengking 

qiqiqiqi… bocah saiki opo yo iso laku ndodok….:))

katerinas
katerinas menulis on Apr 20
Koncernya itu sekedar variasi atau memang seperti itu adanya mbak?

katerinas
katerinas menulis on Apr 20
ekpresinya dapet. Faiz cakep 🙂

srisariningdiyah
srisariningdiyah menulis on Apr 20
hihihi… wiron 3 jari kalo jarinya guede2 piye kuwiiiii

srisariningdiyah
srisariningdiyah menulis on Apr 20
selamat ya Faizzzzz… guanteng tenannnnnn

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
katerinas} berkata

Koncernya itu sekedar variasi atau memang seperti itu adanya mbak?

ya adanya seperti itu, koncernya sebagai variasi gitu…:)

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20
katerinas} berkata

ekpresinya dapet. Faiz cakep 🙂 

makacih tantee…:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20

hihihi… wiron 3 jari kalo jarinya guede2 piye kuwiiiii 

wkwkwkwk…..
#umpetin jari-pisang-kepok

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 20

selamat ya Faizzzzz… guanteng tenannnnnn 

makacih tanteeeee…..:))

musimbunga
musimbunga menulis on Apr 20
Emaknya juara deh detail soal beginian. Haduh faiz ganteng. Sini nak elus2 perut sayah hehe

orangjava
orangjava menulis on Apr 20
Waduh Putro Ngayogjokerto………..

hanifahnunk
hanifahnunk menulis on Apr 21
bu pink

akuuu ndappptaaarrrrrrrr

haduuuhhh maniiissseee cahhh…

*pelukkk faiz*

hanifahnunk
hanifahnunk menulis on Apr 21
manissss >.<

*colek faiz

orangjava
orangjava menulis on Apr 21

qiqiqiqi… bocah saiki opo yo iso laku ndodok….:))

Diajari ngesot wae jeng…..wekekek

walah
walah menulis on Apr 21
wedew, kie tak kiro arep breakdance hlo mbakyu… hihihihi

walah
walah menulis on Apr 21
weh weh… guantengeeeeee.. 🙂

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 23
musimbunga} berkata

Emaknya juara deh detail soal beginian. Haduh faiz ganteng. Sini nak elus2 perut sayah hehe 

hihihi… emaknya seneng bener jadi penata gaya amatiran…:p

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 23
orangjava} berkata

Waduh Putro Ngayogjokerto……….. 

matur nuwuuuuun…:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 23
hanifahnunk} berkata

bu pink

akuuu ndappptaaarrrrrrrr

haduuuhhh maniiissseee cahhh…

*pelukkk faiz* 

ndaptar dadi kusir andong ? qiqiqiqi….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 23
orangjava} berkata

Diajari ngesot wae jeng…..wekekek 

hahahaha…. melantai njih mas ? 😀

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 23
walah} berkata

wedew, kie tak kiro arep breakdance hlo mbakyu… hihihihi 

wkwkwkwk…. wis ora ungsuuuuuuuuuum….:D

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Apr 23
walah} berkata

weh weh… guantengeeeeee.. 🙂 

matur nuwuuuun…:))

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s