Merah atau Jingga ?

Saat membangun pagar belakang, aku sudah wanti-wanti pengin dibuatin semacam paragola untuk tanaman merambat. Tau sendirilah, aku cinta banget sama bebungaan. Jadi dimanapun juga maunya ditempelin tanaman berbunga.

Sebenernya lumayan banyak jenis tanamam merambat berbunga yang aku taksir. Alamanda ungu, solandra, kemuning rambat, mawar rambat… aiiisssh, akeh wis pokoknya. Tapi berhubung lahan terbatas, ya kudu sadar diri juga sih. Daripada rumah malah jadi kayak hutan tanaman rambat, aku pilih saja beberap tanaman rambat yg jarang terlihat di daerah sekitar perumahanku, sok eksklusip gitu lhooo…. *kibasin kudungan*

Di halaman depan sudah ada Wundani dan Oleander rambat yg rajin berbunga, plus mandevilla yang kurang rajin berbunga karena ga kebagian ditanam di tanah, alias ditanamnya di pot saja. Nah giliran yang dibelakang ini yang jadi rada binun, dilematis gitulah… #preeeet. Pilihannya antara wundani seperti yang di depan, atau jenis lain yang udah aku penginin dari dulu, wich is bauhinia coccinea yang berwana jingga terang, menawan hati…. #ahiiik.

Berdasar pengalaman, wundani termasuk tanaman yang cepat pertumbuhannya, jadi kalau pengen buru-buru terlihat rimbun ya pilih wundani, sementara untuk bauhinia aku belum ada pengalaman sama sekali. So dengan nekat hati akhirnya aku tanam dua-duanya di bagian bawah paragola baruku.

Wundani memang tumbuh lebih cepat dan banyak menghasilkan bunga yang semarak. Tapi nggak enaknya jadi produktif juga menghasilkan sampah, bunga wundani memang relatif tidak bisa bertahan lama, alias cepet rontok. Bentuknya yang kecil-kecil juga makin membuat kegiatan menyapu halaman jadi makin asooooy… baru juga disapu sudah banyak rontokannya lagi. Plus suka nyansang di pohon adeniumku juga tu rontokan bunganya.


Alhasil setelah berbunga meriah satu sekali seperti gambar diatas, si wundani aku potong pendek, tapi gak pake diblow sih…. *eeeeeh*.

Lalu gantian si bauhinia yang yang pengen aku lihat tampilannnya di paragolaku. Nunggu agak lama juga sih, secara pertumbuhannya juga gak secepat wundani. Siram dan pupuk NPK tetap jalan, dan Alhamdulillah si bauhinia berbunga semarak juga akhirnyaaaa…. taraaaa :



Alhamdulillah terbukti tidak mengecewakan bukaaaaaaaaaaaaan ? *kipas-kipas sekop*. Tapiiii, sekarang aku yang jadi binun, tanaman yang mana yang akhirnya bisa jadi penghuni tetap di paragolaku ?

Dua-duanya masih hidup sih, memang si wundani sudah dipotong pendek, tapi tu tanaman emang bener-bener tipikal tanaman liar yang gampang numbuh dan tahan banting. Tetep aja menjulur kemana-mana dahannya. Bahkan kemarin sempet berbunga cukup banyak juga sewaktu di bauhinia baru timak-timik belajar berbunga. Dan kok ya ada aja tetangga yang merhatiin, trus nanya ama tukang yang kebetulan sedang ada di rumahku. “Pak itu kok bunganya ada dua warna ya ?”. Dan si tukangku dengan yakinnya ngomong, “Lha kan ini bunga langka Bu, makanya bisa berbunga dua warna begini”. Beneran sotoy tuh tukangku.

Jadiiii, biar tu tetangga gak bingung lagiii…. yang mana nih yang kudu pindah tempat ? si wundani atau bauhinia-nya ?

Iklan

64 thoughts on “Merah atau Jingga ?

  1. Aku jadi ingat ada satu spot di Singapura yang di tengah-tengah median jalan ditanami bougenville. Cantik sekali karena ada 2 warna. Tapi ternyata, dia bukan tanaman langka, wong kalau kita perhatikan teliti, itu dua pohon dua warna yang ditanam saling berdekatan, begitu tinggi langsung dibelitkan sehingga kelihatannya akarnya satu hihihihihi………..

  2. bundel said: Aku jadi ingat ada satu spot di Singapura yang di tengah-tengah median jalan ditanami bougenville. Cantik sekali karena ada 2 warna. Tapi ternyata, dia bukan tanaman langka, wong kalau kita perhatikan teliti, itu dua pohon dua warna yang ditanam saling berdekatan, begitu tinggi langsung dibelitkan sehingga kelihatannya akarnya satu hihihihihi………..

    kalau bougenville memang sudah biasa ditumbuhkan warna-warni dalam satu batang besar mbak, jadi disambug gitu…. bahkan satu pohon bisa sampai 3 atau 4 warna. Saya juga punya sih, tapi bougenville emang bukan pohon langka, secara di sepanjang jalan tol banyak ditanem…:) ini bougenville warna-warni saya :

  3. Itu akarnya jadi satu ya? Cantiknya ngungkuli yang saya lihat di Singapura lho. Yang di Singapura kelihatan banget sebetulnya bahwa itu dari dua pohon yang berbeda, tapi dijalin di bagian atas. Pohonnya sendiri setinggi pohon kamboja Jepang deh.

  4. ummuazka said: cantikkkk… mba pink…. eh iya bunga langkanya emang harus dipindahin yg atu ya?qiqiqiqi

    makasiiiih….kayaknya sih emang kudu dipindahin, kalau nggak nanti rebutan lahan dan gak maksimal numbuhnya…

  5. bundel said: Itu akarnya jadi satu ya? Cantiknya ngungkuli yang saya lihat di Singapura lho. Yang di Singapura kelihatan banget sebetulnya bahwa itu dari dua pohon yang berbeda, tapi dijalin di bagian atas. Pohonnya sendiri setinggi pohon kamboja Jepang deh.

    iya mbak, ada juga yg sengaja dijalin gitu biar batangnya makin kliatan bagus. Bougenville memang termasuk tanaman yang mudah diatur…:)

  6. orangjava said: Kok ndak ada bunga dari Jejeran Sleman Jeng…???

    masih ada mas, tapi kok gak kluar2 bunga-nya ya ? numbuhnya juga cendurung pendek… apa karena perbedaan iklim/cuaca ya ? penasaran juga nih saya….

  7. pingkanrizkiarto said: masih ada mas, tapi kok gak kluar2 bunga-nya ya ? numbuhnya juga cendurung pendek… apa karena perbedaan iklim/cuaca ya ? penasaran juga nih saya….

    Kok aneh mungkin tanahnya kurang rabuk???disini kalau Sommer panas juga ..coba rabuk pake GUANO….di Bandung bisa hidup…

  8. orangjava said: Kok aneh mungkin tanahnya kurang rabuk???disini kalau Sommer panas juga ..coba rabuk pake GUANO….di Bandung bisa hidup…

    sudah pakai tanah berpupuk yg kemarin saya pakai utk nanem sayur organik, sayurnya numbuh, tapi bunganya kayaknya kurang optimal.Bandung sepertinnya lebih dingin dibanding Bekasi mas. apalagi kalau bandung-nya daerah lembang sana….tapi nanti saya mau coba tanam baru lagi, bibitnya alhamdulillah masih lumayan banyak

  9. axhu said: belum pernah liat Bauhinia yang satu ini, Mbak Pingkan, cantik! ada juga Bauhinia jenis lain warna jingga ya.

    yg di HK seperti ini ya Mar ? disini ada juga, tapi biasa disebut sebagai bunga kupu-kupu. Sama sih marga-nya bauhinia, tapi kalo gak salah yg kupu-kupu ini nama lengkapnya bauhinia racemosa

  10. grasakgrusuk said: Lucunyaaa,,, aku pengen berkebun di rumah tp malah jd ijo royo2 g warna warni. Abis bingung mau tanem apa asal tancep tanamen aja, hihi..

    sekali-sekali main ke tukang taneman yang di pinggir jalan tuh, banyak kok tanaman berbunga yg lumayan gampang hidup… tapi tanaman ijo juga bagus lho, sedap dipandang dan bikin seger lingkungan…:)

  11. sepasangmatabola said: Biarkan aja dua-duanya nongkrong di paragola, mbak Ping. Kan cantik jadinya? πŸ™‚

    hihihi, bikin bingung orang dong…:Dtakut gak maksimal juga ntar akhirnya, rebutan lahan tu taneman…

  12. nur4hini said: butuh berapa bulan sampai tinggi begitu bu ping? belinya sudah di dalam pot gitu ya?

    kalau yang wundani sih cepet, beberapa bulan juga udah menjalar kemana-mana, tapi kalau yang bauhinia butuh waktu hampir 2 tahun, untuk bisa sampai setinggi dan selebat itu…

  13. mbak boleh gak minta cangkokan wudaninya ,dan alamanda ungunya. soalnya saya bari beli rumah nih itung-itung uat teduhan rumah dan percantik rumah

    • boleh ajaa… wundani kebetulan sudah ada anakannya, tp kalo alamanda ungu-nya kayaknya belum bisa dicangkok, soale belum terlalu besar pohonnya…

    • mbak sorry baru balas, baru tau sekarang
      jadi loh mbak saya minta cangkokan wudaninya ya, kalau bisa sekalian alamanda ungunya mbak
      tolong dikirim ke Alamat saya ya mbak. PT. Kepuh Kencana Arum
      Alamat : Jl. WR. Supratman No. 53 Mojokerto – Jawa Timur
      Up. : Nana Ida Nopita

      Entar tak ganti ongkos kirimnya.
      ( kalau jadi kirim tolong info ke email saya ya mbak : backtea_21@yahoo.com
      Thanks

      Bekti

  14. oogitu, siippoo… mau coba aaaaahhhh… pakai NPKnya sesering apa mba? trus siramnya pagi sore ya? sampai dia berbunga-bunga cantik gitu berapa lama πŸ™‚ ga sabaran hihihihihi

    • npk sing sebulan sekali juga gpp… siram pagi sore… wah kalo masalah berapa lama bisa berbunganya sih aku kurang tahu pasti, tapi setahuku wundani termasuk cepet kok berbunganya… πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s