Rumah Cantik…

Dari sebuah status fesbuk temen, aku sampai pada sebuah artikel ini : http://www.thejakartapost.com/news/2011/11/29/menteng-heritage-house-lies-ruins.html . Bener-bener berita yang membuat aku sedih… Aku memang ga da hubungan apa-apa dengan pemilik rumah itu, gak punya sejarah apa-apa pula dengan rumah itu… boro-boro dah, nginjek tanahnya aja belom pernah.

Tapi aku termasuk fans berat tu rumah… gimana enggak, aku sampai bawa-bawa gambar rumah itu waktu mau memperluas rumah kami tiga tahun lalu. Memang nggak bisa sama persis sih, secara luas tanahnya juga gak memungkinkan. Tapi beneran rumah itu sudah memberi aku inspirasi… Bukan hanya rumahnya, tapi juga tamannya yang menurut aku kereeeeeeeeeeeen banget. Yaaah, mungkin karena aku sendiri termasuk produk jadul kali ya ? jadi aku cocok banget ma selera-selara jadul, seperti yang terlihat dari bangunan rumah dan taman yang sering disebut sebagai Rumah Cantik itu.

Seingatku dari tiga buku tentang pertamanan yang aku beli, tiga-tiganya menyertakan foto sebagian dari taman di Rumah Cantik itu. Subhanallah… bener-bener membuat aku terpesona… Secara aku juga suka banget ma bebungaan n tanam-tanaman. Jadi walopun halaman rumah gak terlalu luas, boleh dong usahe biar bisa tampak cantik dengan bunga-bunga dan tanaman seperti si Rumah Cantik itu. Ah, bener-bener deh… tu rumah so inspiring buat aku…

Dan sekarang rumah itu sudah dicederai sampai tinggal rangka doang… taman hancur… bunga mati…. Tapi bisa apa sih aku ? Toh itu rumah juga bukan punya-ku, terserah yang beli dong mau diapain, sirik aja nih simbok…. lagian pemerintah kenapa ndak dibeli aja siiiiih, trus dijadiin museum ato apa gituuu… hiks…

beneran gw pengen nangis lihat gambar kondisi rumah itu sekarang….

gambar dari : http://www.thejakartapost.com/news/2008/04/08/039rumah-cantik039-waiting-new-soul-mate.html

63 thoughts on “Rumah Cantik…

  1. sukmakutersenyum said: mahal ya Mbak?rumahnya antik, bagusmengingatkan jaman2 dulumbayangin noni2 n sinyo2 main2 di halaman rumah ituayahnya ngopi di halaman…*)imajinasi tinggi

    kalo buat aku ya muahaaaaaaaaaal…. 16 M je..tapi buat yang beli ya enggak kaleeeee….. *sirikajadeh*

  2. pennygata said: katanya dibeli si Ibas… trs dirubuhin bgtu.. dasar, you can be rich and buy everything, but you cant buy taste ..

    mbuh lah Tha, siapapun yang beli, aku nyeseeeeel banget liat nasib Rumah Cantik itu sekarang… tapi jare ncen arek iku sing tuku…

  3. pingkanrizkiarto said: mbuh lah Tha, siapapun yang beli, aku nyeseeeeel banget liat nasib Rumah Cantik itu sekarang… tapi jare ncen arek iku sing tuku…

    udah ada di Internet, disebut dengan jelas pakek nama lengkap, aarek cluluk iku seng tuku, sugih tapi pancen ndak duwe taste.. !

  4. pingkanrizkiarto said: kerjo opo sih arek iku ? duwik’e akeh men…😀

    anak’e seng mbaurekso nang indonesah, ya sugeh rek… lha kemaren mari manten, pasti rekening’e nambah gendut :))

  5. pennygata said: Kalo katanya Bossku, itu dulu rumahnya Sari Sudiono.. dulu temennya punya kebun bunga, dan salah satu langganannya ya Ibu Sari itu..

    tamannya bu Sari Sudiono bener-bener membuat aku terpesonaaaaa….

  6. pingkanrizkiarto said: tamannya bu Sari Sudiono bener-bener membuat aku terpesonaaaaa….

    kalo mennurut atasan aku itu, bunganya dan jenis tanaman2nya buanyaaakk banget, dan bbrpa jg udah jarang yg punya, tadi dia aku kasih tau kalo rumah ini dirobohkan ama si Ibas.. dia sewot ngamuk2, langsung sms temennya yg jualan bunga itu..

  7. pennygata said: kalo mennurut atasan aku itu, bunganya dan jenis tanaman2nya buanyaaakk banget, dan bbrpa jg udah jarang yg punya, tadi dia aku kasih tau kalo rumah ini dirobohkan ama si Ibas.. dia sewot ngamuk2, langsung sms temennya yg jualan bunga itu..

    bu Sari kalo belanja tanaman di temen’e bos-mu iku yo ? dimana sih tempatnya ?

  8. pingkanrizkiarto said: iya di menteng… dulu buat shooting kabut sutra ungu ya ? baru tau nih…

    yup aku ampe apal ntu dipake buat main pelem apa aja, kabut sutra ungu, tinggal bersama, apalagi ya lupa… kebetulan temen smp tinggal di mes bbd deket situh… jadi suka lirik2 ni rumah… sampe punya impian pengen punya rumah model gini juga

  9. aku tiap kali lewat menteng, selalu bilang ama suami, mana rumah yang bagus ituasli aku terpesona tiap kl lewat situ, bunganyaaaaaa…en asli memang cantiken skrg aku dah ga bisa liat rumah itu lagihiksss T_T

  10. intan0812 said: yup aku ampe apal ntu dipake buat main pelem apa aja, kabut sutra ungu, tinggal bersama, apalagi ya lupa… kebetulan temen smp tinggal di mes bbd deket situh… jadi suka lirik2 ni rumah… sampe punya impian pengen punya rumah model gini juga

    aku cuma bisa niru jendelanya….

  11. @BuPing duluuu buu, skrng wes enggak jualan kayaknya.. Wong udah lama jg gak terhunung ama rumah itu , pas td aku crita ama Bu Bos dia bilang ‘ he? Menteng?? Nomer berpa? Salah2 rumahnya Bu Sari , trs pas tak kasih liat fotonya, sewotlah dia.. Entah sih kenapa rumah itu juga bisa dijual, tapi dulu itu pernah ada berita kalo yg punya rumah sdh gak mampu membiayai maintenance rumah itu, tapi mestine kalo mmg jd house heritage, mmestinya dibeli pemerintah lalu diletarikan ya.. Ini malah diancurin.. Tsk!!

  12. rirhikyu said: aku tiap kali lewat menteng, selalu bilang ama suami, mana rumah yang bagus ituasli aku terpesona tiap kl lewat situ, bunganyaaaaaa…en asli memang cantiken skrg aku dah ga bisa liat rumah itu lagihiksss T_T

    iya, sediiiiiiiiih…. :((liat foto-foto kondisi rumah itu sekarang di inet bener-bener bikin hati gw hancuuuur…

  13. kaklist said: yup udah ancur aja, baru deh media ribut..tapi heran deh, koq pemilik barunya ga jatuh cinta ya sama model lamanya yg cantik itu ?

    different taste laaaaaaaaah…. pan yang lagi nge-trend sekarang rumah model minimalis…:D

  14. pennygata said: @BuPing duluuu buu, skrng wes enggak jualan kayaknya.. Wong udah lama jg gak terhunung ama rumah itu , pas td aku crita ama Bu Bos dia bilang ‘ he? Menteng?? Nomer berpa? Salah2 rumahnya Bu Sari , trs pas tak kasih liat fotonya, sewotlah dia.. Entah sih kenapa rumah itu juga bisa dijual, tapi dulu itu pernah ada berita kalo yg punya rumah sdh gak mampu membiayai maintenance rumah itu, tapi mestine kalo mmg jd house heritage, mmestinya dibeli pemerintah lalu diletarikan ya.. Ini malah diancurin.. Tsk!!

    lha ya itu… aku sih bisa ngerti alasan bu Sari jual rumah itu, secara rumah gedong di menteng, bukan cuma masalah maintenance, tapi juga masalah pajak-nya itu lhooo….

  15. orangjava said: *** , tapi juga tamannya yang menurut aku kereeeeeeeeeeeen banget. Yaaah, ***ngomong ngomong bibit bunga tumbuh??

    baru dicoba tanam lagi kamas… tapi saya agak kuatir juga nih, cuaca jakarta dan sekitarnya puanaaaaasss pooolll… kalo siang berasa ada dua matahari di atas kepala… kira-kira bisa numbuh gak ya ?

  16. iahsunshine28 said: yaahh…gak bisa liat rumah itu lagi deh klo lewat menteng…hhmmm… sedih banget, klo di luar negeri, rumah antik begitu pasti dilestarikan…

    udah ancur say, sedih banget ngeliat foto-fotonya…😦

  17. nunksubarga said: hehehe …aku pernah punya niat post di jurnal ttg rumah ini…lengkap dengan foto terakhir pas rumah ini hancur…tapi sudah terwakili bu pink….memang rumah itu indah tenan……………

    aduuuh, kemarin aku nyaris mewek, udah pengen nangis aja liat foto kondisi rumah itu sekarang… sayang bangeeeeeeeeeet….:((

  18. debapirez said: Kmrn saya mau bayarin Rp100 juta ga dikasih tuh, Bu Pink hehe…Pas saya bc beritanya, awalnya saya berpikir Rumah Cantik Citra hehe…

    seratus jeti dapet berapa senti tanah di menteng Ded ? qiqiqi…jiyaaaah, dasar Dedy kebanyakan gaul ama emak-emak nih…😀

  19. pingkanrizkiarto said: different taste laaaaaaaaah…. pan yang lagi nge-trend sekarang rumah model minimalis…:D

    mau yg minimalis ya mestine ga perlu beli yg itu to bu… -_-ya coba kiita liat ke depan bakal seperti apa…btw..misal yg ngancurin rumah itu q ato rakyat yg lain…hmmm beda bgt pasti perlakuan pemerintah

  20. hanifahnunk said: mau yg minimalis ya mestine ga perlu beli yg itu to bu… -_-ya coba kiita liat ke depan bakal seperti apa…btw..misal yg ngancurin rumah itu q ato rakyat yg lain…hmmm beda bgt pasti perlakuan pemerintah

    lahannya kan menggiurkan say, di lokasi elit je… lebar pulak…sekarang aja udah kliatan gak sinkronnya tanggapan pemda…😀

  21. pingkanrizkiarto said: lahannya kan menggiurkan say, di lokasi elit je… lebar pulak…sekarang aja udah kliatan gak sinkronnya tanggapan pemda…😀

    si mas’nya bilang bukan dia yg beli bu…siapa yaaaaaaapanggil doraemon aja deh

Tinggalkan Balasan

