Selalu ada yang pertama kali : belanja di marketplace

Jadi begini lho sodara-sodara sebangsa dan setanah air multiply raya…
Berhubung simbok ini sudah kadung janji sama Rahma untuk mbeliin lampu kamar yg bisa nyorot ke diniding kek gini niih…


jadi ya mo gimana juga kudu dibelikan to ya ? Tadinya sih yakin banget bakalan bisa beli lampu macem ini di offline store. Tapi berhubung simbok ini juga gak ada waktu buat nyari-nyari, akhirnya diputuskan untuk beli lewat multiply marketplace aja.

Etapi bentar dulu, seingatku, dulu sebelum tu toko masang huruf T di hs-nya, dia nyebutin lho, offline store-nya ada dimana. Kalo ga salah di daerah Two Manggoes sana. Tapi mungkin karena sudah gabung di maketplace, jadi kagak boleh lagi tuh, nyantumin alamat offline storenya, pan bisa mempengaruhi arus belanja di marketplace-nya ya ? *teori ala simbok.

Bek tu topik.
Berdasar pengalaman belanja di mp sebelumnya, menurutku sih simpel2 aja. Tinggal bilang iya ama seller-nya, trus transfer jumlah uang yang disepakati, konfirm ke sellernya, n then tinggal nunggu deh tu barang nyampe di rumah. Dan Alhamdulillah selama ini baik-baik aja tuh, dalam artian barang selalu nyampai ke rumahku dengan selamat tak kurang suatu apa. Kalau ada pertanyaan atau apa, tinggal sms-an aja ama sellernya.

Jadi waktu Rahma ribut nanya “ini gimana sih Buk caranya ?”, aku sempet jengkel juga, “Masa gitu aja ga bisa sih ? Sini Ibu yang pesenin”. Gagah bener sih, tapi begitu ngadepin kompi, elha kok begini ya ? hihihihi…. kagak bisa hubungan langsung sama sellernya, kudu lewat keranjang belanja. Yo wis, grotal-gratul aja jadinya… Tapi bukan simbok kalau gak sok yakin, lanjut aja klak-klik mpe dapet nomer rekening untuk transfer duitnya. Yakin bener, jadi langsung transfer aja besok paginya. Tapi masih sempet pula ninggalin komentar di lapak sellernya “beneran ini jadi ribet…”, mak-mak gitu lho, gak asik kalo gak ngomel…

Trus besoknya dapet pm Konfirmasi Order ini nih…

Hi pingkanrizkiarto,

Anda telah dihubungi oleh Customer Relation Multiply Indonesia

Kami ingin minta konfirmasi dari anda, mengenai order anda di http://hobbitonline.multiply.com/
dengan Kode Order : #I1B4A7Q Total Order : Rp. 134.0500,- . Apakah anda melakukan order tersebut dan sudah melakukan pembayaran?

Jika pembayaran sudah dilakukan dimohon untuk mengirimkan bukti transfer dari pembayaran order tersebut ke idsupport@multiply.com

silahkan masukkan rincian setoran sesuai dengan waktu anda transfer, ada di sebelah kanan paling atas di kode order anda.

Terima kasih
Multiply Indonesia

Haiyaaaaa…. apa pula ini. Selama ini kagak pernah tuh ngalamin disuruh kirim bukti transfer. Dan untuk menambah pressure, aku udah gak tau lagi dimana slip bukti transfer-nya berada, dah ga tau lagi kemana rimbanya. Telpon ke rumah, nyuruh asisten cari-cari keseantero rumah. Nihil hasilnya. Dongkol dan merasa ribet, aku mulai menyusun balasan pm itu dengan serangkaian pidato panjang tentang gimana dulu aku belanja dengan modal pertemanan aja, ndak ada tuh soal kirim bukti transfer, bikin ribet aja, bla-bla-bla…. Ya begitulah, udah salah karena gak nyimpen bukti transfer dengan rapi tapi masih berani nyolot, wkwkwkwk…

Lagi asik nyusun naskah pidato kenegaraan, tiba-tiba ada telpon, “Selamat pagi Bu, kami dari multiply indonesia”, telpon konfirmasi rupanya. Ya udah deh, ngomelnya pindah lewat telpon, bla-bla-bla…. Alhamdulillah sih, mbak-nya nggak kesetrum nyolot juga, dan aku juga masih bisa memberikan keterangan bahwa transfer dilakukan hari minggu tanggal 16 oktober pagi antara jam 6 sampai jam 7. Jadi insya Allah gak ada masalah, proses pembelian bisa dilanjut.

Dan berkat keterangan via telepon itu, akhirnya aku merevisi dan memperhalus jawabanku di pm Konfirmasi Order, untung belum sempet di-send, qiqiqiq…

Dan gak lama setelah itu asisten juga sms, ngabarin kalo slip setoran udah ketemu, nyungsep di bawah tempat tidur Rahma.

wedeeeewwww….. simboook-simbok, lain kali jangan nyolot duluan ah…. *benerin konde*

etapi ini belum ending lho ya, lampunya belom nyampe di tangan…

Iklan

100 thoughts on “Selalu ada yang pertama kali : belanja di marketplace

  1. oalahhh bener2 ribet jadi-nya yaa kalo gitu kalo mau belanja di MP di MP yang dikenal aja aahhh biar nga ribet..maksud hati biar tampak profesional seperti G market malah jadi NORAK iiihh nga bangeetttt

  2. iiihhhh….. mau lampunyaaaaa…..tapi ribet ah kalai melalui multiply Indonesia.Kalo hubungi langsung penjualnya gak bisa buk? gak ada di tampilin no hp gitu? Kalo maen telepon ato sms aja kan antara 2 pihak beres….

  3. huaaaaaa… paling males klo hrs ngirim bukti transfer itu looh… seringnya klo diminta kirim buktio transfer aku jawab gak punya scanner, camdig, etc. xixixitak tantangin aza buktinya kirim pake pos. xixixxixi

  4. tokoibufarhansarah said: Iya bu…makanya saya gak pasang product listing…pake photo aja. Jadi antara pembeli dan penjual langsung berhubungan gak pake mak comblang hehehe

    iya sih Uni, berasa lebih akrab… tapi untuk orang-orang yang belum terbiasa dengan MP, dengan adanya si makcomblang mungkin bisa mengurangi kekhawatiran dibo’ongin…:)

  5. fendikristin said: oalahhh bener2 ribet jadi-nya yaa kalo gitu kalo mau belanja di MP di MP yang dikenal aja aahhh biar nga ribet..maksud hati biar tampak profesional seperti G market malah jadi NORAK iiihh nga bangeetttt

    qiqiqiqi…. kok jadi ikutan nyolot neng ? 😀

  6. depingacygacy said: padahal kl modal pertemanan kadang blm transf udin dikirim dulu ya mbok. *masukin udin ke kardus*#sempet bbrp kali kaget soalnya, blm transf, barang dah nyampe 😀

    iya Mah, aku juga pernah ngalamin yg seperti itu, duit belom kekirim, barang udah berangkat duluan….*bantuin nge-pak si udin*

  7. medilubis said: iiihhhh….. mau lampunyaaaaa…..tapi ribet ah kalai melalui multiply Indonesia.Kalo hubungi langsung penjualnya gak bisa buk? gak ada di tampilin no hp gitu? Kalo maen telepon ato sms aja kan antara 2 pihak beres….

    kayaknya udah dihapus-hapusin tuh Med..dulu sih perasaan ada, nomer hape ma lokasi offline store-nya, tapi sekarang raib…

  8. zahratefiani said: walaah malam pertama yg ribet nih …salah yaa….*nunggu lampunya datang aah..smg sesuai dgn pesanan biar puas sebanding sm ribetnya heheeee

    hueheheheh…. gak tau nih, mo nyampe kapan tu lampu, moga2 aja ga lama

  9. medilubis said: #sempet bbrp kali kaget soalnya, blm transf, barang dah nyampe 😀 dulu sama buk amel kek gitu…malah piapia dimakan duluan, jalan kaki ke atm sambil ngunyah piapia :))

    qiqiqiqiq…ini anak gadis, jalan-jalan sambil ngunyah, pamali atuuuh…:D

  10. sicantikdysca said: huaaaaaa… paling males klo hrs ngirim bukti transfer itu looh… seringnya klo diminta kirim buktio transfer aku jawab gak punya scanner, camdig, etc. xixixitak tantangin aza buktinya kirim pake pos. xixixxixi

    ternyata cuma disuruh ngisi form yg datanya ada di slip setoran kok say, makanya aku pengen protes, mbok ya kalo bikin tata-cara tu yang lengkap penjelasannya…. bikin geregetan aja…:D

  11. nunksubarga said: ih males kalau ribet gitu mah…

    qiqiqiqi…. emang jadi berasa beda sih ama transaksi yg dulu-dulu di mp , tapi semoga dengan keribetan ini pembeli jadi ga usah pake deg-degan nunggu barangnya nyampe..:))

  12. ‘tiba-tiba ada telpon, “Selamat pagi Bu, kami dari multiply indonesia”‘xixixi…baca neh jadi ngikik….Itu indikasi kl pengguna marketplace msh dikit ya? Kalo udah banyak, mana sempet telponin yg beli 😀

  13. depingacygacy said: ‘tiba-tiba ada telpon, “Selamat pagi Bu, kami dari multiply indonesia”‘xixixi…baca neh jadi ngikik….Itu indikasi kl pengguna marketplace msh dikit ya? Kalo udah banyak, mana sempet telponin yg beli 😀

    whuakakakakakak…..*ngakak guling-guling*

  14. Next, bisa dicoba dgn transfer e-banking mbak. Meski ga kita print bukti T/T nya, suatu hari kita tetap bisa kapan aja berikan buktinya dgn membuka kembali history T/T (selama kurang dari 31hari). terima kasih atas pengalamannya mbak, jadi tahu prosedur belanja online via MP 🙂

  15. Ngomong2 mbok, gara2 postingan ini ntar bisa kena SP loh..soale simbok njembrengi isi PM. Jarene admin itu menyalahi ‘aturan’, karena PM itu katanya private message..apapun isinya itu, gak boleh kata admin lohh. Nanti kalo ada yg razia, bisa di delete tiba-tiba loh…dududu 😀

  16. mbok, mbok, tadi nemu buku ini di atas lemariKayane bisa bikin buku tandingan yo mbok. Pengalamane simbok bisa dibukukan nih. “CARA BARU BELANJA ONLINE: bagaimana belanja ribet melalui marketplace”Judule keren kan?*dijewer adminnya*

  17. rengganiez said: Ngomong2 mbok, gara2 postingan ini ntar bisa kena SP loh..soale simbok njembrengi isi PM. Jarene admin itu menyalahi ‘aturan’, karena PM itu katanya private message..apapun isinya itu, gak boleh kata admin lohh. Nanti kalo ada yg razia, bisa di delete tiba-tiba loh…dududu 😀

    waaaaaahhh… mulai niiiihhh.. ada yang seru kan kalo akan terulang lagi.. berasa de javu… *ngikik*

  18. ‘market placenya belom siap bener2 online yg mereka bisa tau udah ditransfer apa belom tanpa perlu minta2 bukti transfer’agak aneh yo…Msh ‘canggihan’ sistemnya bukabuku.com. Pertama kali belanja memang kudu konfirmasi pembayaran, tp ga dimintai bukti transfer segala.Bis itu, belanja selanjutnya, asal transf dr rek yg sama, sana udah tau kl order no sekian udah transf. *padahal ga pernah nyantumin no order di berita transf hehe

  19. Mahdep : hari apa itu ak jg beli sesuatu via onlen jg cuma konfirmasi pembayaran, cantumin nama n no rekenin dowank. Selesai deh, ongkang2 tunggu barangnya dateng. Konon kita beli onlen kan karena gak mau ribet…

  20. pingkanrizkiarto said: etapi ini belum ending lho ya, lampunya belom nyampe di tangan…

    jiaahh.. *gubrak*waah.. ribet banget ya bu ternyata.. jadi agak males deh klo belanja begitu.. ^_^kirim bukti pake fax? klo gak punya mesin fax gimana bu…hiks..

  21. @jengsuminten : ha monggo, qiqiqi…@mamah : sebenernya ya cuma konfirmasi pembayaran, tp cara ngasih taunya ga jelas… Tulis kek, kudu ngisi form sesuai data slip transfer, kalo gitu kan jelas kamsudnya… :))

  22. @iah : ya belom nyampe lah, pan transfernya juga baru kemaren hari minggu tgl 16 oktober… Dan yg dimaksud dgn kirim bukti transfer tu ternyata cuma ngisi form sesuai slip transfer aja sih… #Eaaaa, jd ngulang2 siaran kayak radio rusak aja nih ane.. 😀

  23. rengganiez said: hari apa itu ak jg beli sesuatu via onlen jg cuma konfirmasi pembayaran, cantumin nama n no rekenin dowank.

    pake nomer rekening juga? biasanya cuman nama aja, kadang ada yang minta jumlah duitnya tapi jarang2.

  24. thaliasecret said: kalo sellernya udah kirim barang/belom ada konfirmasinya ke buyer kah? *penasaran*

    di halaman order ada kok, disitu ditunjukkan alur transaksinya sampai dimanasaat ini sih pesenanku udah sampai tahap pengiriman

  25. Alhamdulillah barang yang dipesen udah nyampe dengan selamat tak kurang suatu apa hari Jumat kemarin. So, jujurly aku puas dengan proses transaksinya, lancar jaya gitu… tapi aku tetep berpendapat bahwa barangnya mahaaaaal, heheheh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s