Belajar Craft Yuk : Gridding untuk Cross Stitch

Aku belajar kristik dari SD, bisa dibilang belajar sendiri alias otodidak. Jadi yaaaa, maklum saja kalau ada ilmu-ilmu ( ciyeh, berasa kayak dukun aja ) yang taunya belakangan. Salah satunya adalah masalah gridding ini. Padahal ni cara ternyata berpengaruh banget pada kecepatan dan ketepatan pengerjaan kristik.

Secara sederhana, gridding adalah membuat garis bantu vertikal dan horizontal diatas media yang akan di-kristik. Garis bantu ini berjarak 10 kotak kecil, sama seperti garis-garis yang biasanya ada di chart/pola kristik.

dengan gridding, kita bisa cepat menemukan benang yang mana di posisi mana, tinggal kita lihat dan sesuaikan saja koordinatnya, antara chart/pola dan kainnya.

misalnya untuk benang dengan simbol iini, yang kebetulan berwarna hijau muda

jahit benang dengan simbol i tersebut, sesuai dengan koordinatnya di atas kain

seperti iniii….

jadi dengan gridding, kesalahan posisi dan kerepotan menghitung jumlah silang/cross-nya bisa dikurangi, karena sudah ada penanda persepuluh kotaknya, begetuuuu….

Dan namanya juga garis bantu, pada saat kristik selesai dibuat, tu garis-garis harus diilangin… tak elok lah kalau dibingkai masih dalam kondisi terkotak-kotak begitu, ya toh ? Karena itu gridding dibuat dengan tinta yang bisa hilang kalau dicuci alias washable pen. Tinggal celup dan rendem sebentar tu kain, ilang deh garis-garisnya.

Tapi cara ini tidak dianjurkan untuk kristik yang menggunakan benang yang luntur jika kena air, wedeewww, bisa gawat lah… cemang-cemong nanti hasilnya. Untuk kit/project yang memakai benang yg bisa luntur, bisa tetap menggunakan gridding, hanya saja yang dipakai untuk membuat garis biasanya benang atau air-erasable pen…. untuk yang terakhir itu aku juga lagi nunggu pesenanku dateng, hueheheheh….. *pamer belanjaan*

Soal gridding sudah cukup jelas to ? dan percayalah padaku, gridding mempercepat dan mempermudah pengerjaan kristik…. *gaya ngiklan*

17 thoughts on “Belajar Craft Yuk : Gridding untuk Cross Stitch

  1. bundananda said: Bener buk..aku dah nyoba membagi2 bidang sulaman gt..dan tnyt emang meminimaliskan kesalahan…*bahasa apa itu meminimaliskan?

    meminimalkan kaleeee…:Dbtw, pesenan udah nyampe di bandung say, selanjutnya lagi disortir buat dikirim ke alamat masing2…

  2. jandra22 said: Ya, Allah, baru sadar ternyata sandal iku mung kruistik tha?!Hahahaha……. bener-bener hidup, 3 dimensi, jadi kayak sandal beneran!*aku kisinan*

    hahahahahah….aduh mbakyuuuuuu…..ketawa beneran sayaaa…:D

  3. Ping-balik: belajar menyulam yuk : crossstitch, kristik, kruistik… what ever-lah… « Menjalani hari dengan hati....

  4. Ping-balik: MyCraft : Cottage Scene Project per Warna Benang « Menjalani hari dengan hati....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s