Sekali lagi, alay….

Baca postingan mak’e Rafa soal kelakuan para alay kemarin sempet bikin aku ngerasa eneg bin judeg juga, tapi di sisi lain aku juga merasa ngenes… Owalaaaah, bocah-bocah iku, bocah-bocah yang dikepung tuntutan gaya hidup…. *sigh*.

Sori dori mori kalau yang aku rasakan ini gak pas… but, tuwek-tuwek begini aku juga pernah muda lho. Aku tahu bagaimana rasanya ingin diakui menjadi bagian dari dunia, takut ketinggalan mode, ndak mau dianggep jadi alien… proses yang wajar sih, namanya juga manusia, ndak bisa lepas dari lingkungan.

Dan lihatlah lingkungan seperti apa yang ada di depan mata kita saat ini, Konsumerisme cuy, dengan huruf K gede. Dari bangung tidur sampai mo tidur lagi kita dikepung bujuk rayu konsumerisme . Emang dulu gak ada mbok ? ya ada juga sih, tapi rasa2nya gak seheboh sekarang2 ini.

Contoh gampannya aja deh, remaja ( atau bahkan anak-anak ) sekarang kudu punya hape. Padahal urgent banget gak sih ? enggak juga to ? Bukan kebutuhan pokok, tapi berubah menjadi must have karena tanpa hape mereka akan jadi mahkluk asing penghuni planet sebelah. Oke deh, hape murah sekarang banyak bertebaran, tapi hape kan juga perlu pulsa, pulsa dan pulsaaaaa….. Jadi inget cerita mpok tukang cuci sebelah yang ngos-ngosan bayarin sekolah anaknya, tapi masih ketambahan beban beli pulsa tiap minggu untuk anak-anak itu.

Dan anak-anak seperti anak-anak mpok tukang cuci itulah yang sering kita cap sebagai alay, norak, kampungan, dodol. Padahal aku merasa mereka cuma anak-anak labil yang kepengin eksis, pengen dianggep, tapi dengan modal cekak di dunia yang mendewakan kepemilikan benda-benda. Anak-anak yang geragapan keponthal-ponthal mengejar ‘ketertinggalan’ akibat sumber daya dan sumber dana mereka yang terbatas.

Apakah mereka mengganggu ? yaaaah…. dalam beberapa kasus iya sih, tulisan mereka jelas bikin mata kiyer dan otak melintir. Tapi perkara mereka bertingkah norak, banci poto, sok gaul, sok branded ( tapi kumel )…. menurutku sih mereka cuma pengin to be considered cool, sesuatu yang buat aku sangat manusiawi sekali pada anak-anak seumuran mereka.

Kalau kemudian usaha untuk jadi anyep itu gagal total *cool ki rak artine anyep to ?*, dan malah membuat mereka makin terlihat norak, mungkin karena modal mereka tidak cukup. Karena untuk jadi cool di masa jaya konsumerisme ini, salah satu syaratnya adalah anda harus punya duit dan duit, sedangkan mereka cuma remaja-remaja tanggung yang terpinggirkan….

129 thoughts on “Sekali lagi, alay….

  1. aku pernah jadi remaja, tp ga seribet anak2 sekarang -__-” untunge aku g jadi korban mode atau korban iklan. sampai sekarang. orang mau gonta ganti gadget kek, pake merk2 ini itu kek. eh, jadi korban merk juga dink. sepatu oshkosh buat Rafa **preeetttt*

  2. anotherorion said: Sebel ro kebodoane wae bu, wis diomongi bola bali nganggo boso indonesia wae tetep keukeuh nganggep boysband, ha nek kuwi dudu gaya hidup bu ncen bocahe ndeso ra iso moco

    seumur umur, aku g pernah sms make bahasa2 ajaib, tulisan gede kecil gede kecil, huruf diganti angka (kecuali buat becanda). aku wae heran, aku kie tau muda rung yo?

  3. pernah baca tulisan alay dr HP ponakan, sampe gedeg2 ajaib, ndak ngerti bacanya, setengah mati ngartiinnya hehehehmgkn gaul dgn temen yg salah, dan sekolah jg gak mendukung jdinya gitu dehSekolah anakku sampe skrng gak bolehin murid2nya bawa HPgak perlu uang jajan, krn diharuskan bawa bekal dan gak ada kantin 😀 😀

  4. renypayus said: seumur umur, aku g pernah sms make bahasa2 ajaib, tulisan gede kecil gede kecil, huruf diganti angka (kecuali buat becanda). aku wae heran, aku kie tau muda rung yo?

    ha kowe ki lair langsung gede kok ren 😀

  5. Tugas ortu dong buat mengarahkan anak2 supaya gak kebablasan. Masalahnya sekarang banyak ortu sibuk sendiri, makanya anak2 cari jati diri dg tuntunan dunia luar yg ‘error’ dan gak bisa dipertanggung-jawabkan.

  6. anotherorion said: Sebel ro kebodoane wae bu, wis diomongi bola bali nganggo boso indonesia wae tetep keukeuh nganggep boysband, ha nek kuwi dudu gaya hidup bu ncen bocahe ndeso ra iso moco

    mungkin mereka ndak baca or ndak mau baca mas, atau itulah salah satu contoh nyata fanatisme buta…:Dbtw, aku yo wong ndeso lho mas, wkwkwkwkwk….

  7. pennygata said: Sekolah anakku sampe skrng gak bolehin murid2nya bawa HPgak perlu uang jajan, krn diharuskan bawa bekal dan gak ada kantin 😀 😀

    wah..aku juga lagi nyari skul yang kayak gini nih Cie…soalnya sepupu-ku anak SD aja uda punya blekberi ckckckckckck

  8. renypayus said: aku pernah jadi remaja, tp ga seribet anak2 sekarang -__-” untunge aku g jadi korban mode atau korban iklan. sampai sekarang. orang mau gonta ganti gadget kek, pake merk2 ini itu kek. eh, jadi korban merk juga dink. sepatu oshkosh buat Rafa **preeetttt*

    godaan anak-anak jaman sekarang jauh lebih dahsyat lho Ren….:D

  9. pingkanrizkiarto said: mungkin mereka ndak baca or ndak mau baca mas, atau itulah salah satu contoh nyata fanatisme buta…:Dbtw, aku yo wong ndeso lho mas, wkwkwkwkwk….

    kadung histeris diandani koncone yak e main bengak bengok mesake admine setres wis bosone dudu prancis tulisane 4L@y sisanhaha podo bu awit cilik ngomah nang ndeso wae kok, tapi tetep ndesoan mereka mbange dewe kok 😀

  10. renypayus said: seumur umur, aku g pernah sms make bahasa2 ajaib, tulisan gede kecil gede kecil, huruf diganti angka (kecuali buat becanda). aku wae heran, aku kie tau muda rung yo?

    mbrojol langsung tuwek ngono po ? qiqiqiqi……

  11. pennygata said: pernah baca tulisan alay dr HP ponakan, sampe gedeg2 ajaib, ndak ngerti bacanya, setengah mati ngartiinnya hehehehmgkn gaul dgn temen yg salah, dan sekolah jg gak mendukung jdinya gitu dehSekolah anakku sampe skrng gak bolehin murid2nya bawa HPgak perlu uang jajan, krn diharuskan bawa bekal dan gak ada kantin 😀 😀

    Lingkungan memang sangat berpengaruh jeng. Alhamdulillah Steve berada di lingkungan yang baik dan terjaga….:)

  12. sekarang anak alay gak pake hape aja buk…. Tapi juga tenteng pake kamera gede kemana2…. Ayangku jadi agak males sekarang tenteng kamera kemana2…. Takut dibilang alay :))

  13. drackpack said: Tugas ortu dong buat mengarahkan anak2 supaya gak kebablasan. Masalahnya sekarang banyak ortu sibuk sendiri, makanya anak2 cari jati diri dg tuntunan dunia luar yg ‘error’ dan gak bisa dipertanggung-jawabkan.

    untuk beberapa kalangan tertentu, hal itu kek-nya sulit diharapkan Nov, secara waktu dan tenaga orang tua mereka sudah habis terkuras untuk cari duit… itu pun mungkin hasilnya tetap nggak cukup untuk kebutuhan dasar mereka…:((

  14. fendikristin said: wah..aku juga lagi nyari skul yang kayak gini nih Cie…soalnya sepupu-ku anak SD aja uda punya blekberi ckckckckckck

    jadi tetangga-nya Steve aja say… eh jangan ding, ntar si Nathan bisa patah hati ditinggal Anna, wkwkwkwk…….

  15. anotherorion said: kadung histeris diandani koncone yak e main bengak bengok mesake admine setres wis bosone dudu prancis tulisane 4L@y sisanhaha podo bu awit cilik ngomah nang ndeso wae kok, tapi tetep ndesoan mereka mbange dewe kok 😀

    qiqiqiqiqi…aku mbayangke admine cenat-cenut ngadepin histeria alay van indonesiya, wkwkwkwk

  16. medilubis said: sekarang anak alay gak pake hape aja buk…. Tapi juga tenteng pake kamera gede kemana2…. Ayangku jadi agak males sekarang tenteng kamera kemana2…. Takut dibilang alay :))

    wkwkwkwkwkw….taruh cap di jidat dong “NON ALAY” gitu, wkwkwkwkwk…..

  17. tokoibufarhansarah said: Baru tadi pas maksi saya cerita ttg anak2 ojeker yg rambutnya pirang pagi2 udah nongkrong di mc d…jadi pengen cerita…biar berantai gitu

    ditunggu ceritanya uni…. beneran ditunggu lho ceritanya , jadi pengen tau juga soalnya ..:)*won tu nooooo aja*

  18. Sepertinya itu bahasa sandi kaum intelejen ya?wkwkwk..bahasa sandi untuk kaum tertentu…kalo nemu tulisan sms gitu langsung saya bls ‘sori roaming bahasa,saya berbahasa Indonesia dengan alfabetik roman’..

  19. pengagumlangit said: Sepertinya itu bahasa sandi kaum intelejen ya?wkwkwk..bahasa sandi untuk kaum tertentu…kalo nemu tulisan sms gitu langsung saya bls ‘sori roaming bahasa,saya berbahasa Indonesia dengan alfabetik roman’..

    qiqiqiqi… daripada mumet sendiri memang lebih baik tegor langsung aja…:D

  20. Ini Bu Ping, nemu tulisan alay di FB, coba diartikan :)) QmO dLaM iDopQhO q tWo……………… qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo…………. (tPhE qMo pLu tHwO„„„ mY LuPi”………… aLwaYs 4’U……………

  21. pennygata said: Ini Bu Ping, nemu tulisan alay di FB, coba diartikan :)) QmO dLaM iDopQhO q tWo……………… qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo…………. (tPhE qMo pLu tHwO„„„ mY LuPi”………… aLwaYs 4’U……………

    jiyaaaaaaaaaaaaaaaahhhh….kamu dalam hidupkukita berduakamu mmg….set daaaaaaaaaaaaaaahhh… kagak ngartiiiiiiiiii…:D

  22. pingkanrizkiarto said: jiyaaaaaaaaaaaaaaaahhhh….kamu dalam hidupkukita berduakamu mmg….set daaaaaaaaaaaaaaahhh… kagak ngartiiiiiiiiii…:D

    gyaxgyaxgyaxgyax, nah model tulisan koyok ngene iki seng onok nde HPne ponakanku :))… mengartikan kalo Qho itu artinya aku itu lama buangeeett !! hihihihih garai loro moto, kemrungsung ati, umeb :))

  23. raniuswah said: mak e Steve.artie nek akehan moco sing model ngene mak2 iso loro kuabeh sirahe.pungut aspirin yang diguak mak Depin

    nah iki ndek kaskus onok terjemahan’e pisan q tWo……………… (aku tau……)qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo…………. (kamu memang sulit buat sayang sama aku…)tPhE qMo pLu tHwO„„„ (tapi kamu perlu tau….)mY LuPi”………… (my love, cintaku -btw, lupi lupi di kuping aku kedengerannya kayak permen yupi. ehm)aLwaYs 4’U…………… (always for you, cuman buat kamu)

  24. raniuswah said: mak e Steve.artie nek akehan moco sing model ngene mak2 iso loro kuabeh sirahe.pungut aspirin yang diguak mak Depin

    ah mosoooooooook… bukannya buk Ran penterjemah alay bersertipikaaat ?

  25. pennygata said: nah iki ndek kaskus onok terjemahan’e pisan q tWo……………… (aku tau……)qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo…………. (kamu memang sulit buat sayang sama aku…)tPhE qMo pLu tHwO„„„ (tapi kamu perlu tau….)mY LuPi”………… (my love, cintaku -btw, lupi lupi di kuping aku kedengerannya kayak permen yupi. ehm)aLwaYs 4’U…………… (always for you, cuman buat kamu)

    wkwkwkwkwkwk….ngono tah terjemahane ?adoh meeeeeeeeeeeeeen….:D

  26. tokoibufarhansarah said: bu pink tolong terjemahin bagian ini

    oh ituuuuu….itu buk Ran pengen diajarin nulis kek yg diposting mamaSteve tuuuh….katanya mau buat nulis surat cinta buat Babe, biar gak kebaca or ketauan ama orang laen gituuuu….*kabur tudungan panci*

  27. bundananda said: Barusan ikut bc tulisan uni linda…sedihnyaaa..bu,kira2 secara statistik yg alay kyk gt jumlahnya brp ya di indonesia?

    beloom ada yg sensus mak..tapi klo sepupu saya yg smp-sma nulis2 begitu di wall FB saya saya omelin haha…

  28. bundananda said: Barusan ikut bc tulisan uni linda…sedihnyaaa..bu,kira2 secara statistik yg alay kyk gt jumlahnya brp ya di indonesia?

    iya sedih….kurang tau juga Bun.. tapi kayaknya makin banyak aja….:((

  29. trewelu said: sedikit bersyukur, setidaknya masih level hp atau tulisan aneh… remaja2 lokal sini tahapannya sampai utang ratusan ribu dirham buat operasi plastik…

    sebenernya nggak cuma berhenti di level hp atau tuliasn aneh sih, ada fenomena lanjutan yang cukup bikin miris, seperti yang diposting ma uni Linda tuh… belum lagi kejadian seperti yang digambarkan di film virgin, demi duit untuk menunjang gaya hidup, mau aja melayani oom-oom hidung belang…:((

  30. Dan hari ini lg keki berat krn dpt sms dr sepupu yg blm pernah bertemu(asalny dr timur jauh),pake bhs rumus plus angka,jadiny hrs nebak2…*ternyata alay-isme bkn milik remaja kota besar aja…

  31. umi2aulya said: Dan hari ini lg keki berat krn dpt sms dr sepupu yg blm pernah bertemu(asalny dr timur jauh),pake bhs rumus plus angka,jadiny hrs nebak2…*ternyata alay-isme bkn milik remaja kota besar aja…

    wabah sudah menyebar kemana-mana….:))

  32. sicantikdysca said: ck..ck..ck.. gak tahan euy liat gaya metropolisnya. Remaja operasi plastik?? ampuuuun deh.*buru2 seret dysca pindah ke hutan*

    ntar lagi di hutan ada klinik bedah plastik juga lho…. qiqiqiqi…

  33. sicantikdysca said: rugi kliniknya donk bu ping. pasiennya banyakan hewan, bayar pake daun lagi. Wkwkwk

    lha kan sengaja biar gak ketauan orang…buat pasien yg enggak mau ketauan kalo mukanya ditambel plastik, qiqiqi…

  34. Mba penny… aku mau translate yaaaa…Kamu dalam hidupku…Aku tahu…Kamu memang sulit untuk menyayangi aku..Tapi kau perlu tahu…My love…Always for you…*alay certified ga? Hahahahaha

  35. Ya sebetulnya sebagai ortu jangan malah ngompori anak-anak untuk bersifat boros dong. Kalo aku mah, masa bodo temenmu beli dan pake BB lah, iPhone lah, lha aku mampunya cuma beliin telpon murah, ya bisanya segitu aja. Mau yang segala-galanya lebih keren, punya rumah megah pake kolam renang segala? Ya kamu cari sendiri ntar kalo kamu udah dewasa, kerja dan punya duit sendiri, silahkan! :)Gitu aja kan beres? 🙂

  36. Bocah2 alay kuwi mstne punya simbok teges bin *rada* galak spt dirimu Mbak Pingkan, dadi mereka pasti lempeng, nulis smspun pasti jadi lempeng ora besar kecil besar kecil ra jelas kuwi =P

  37. yaniyanceu said: mba e’ …semangat tenan e. Tp basicly setuju… Dgn sudut pandang lebih cenderung miris *terutama buat ortunya yg udah cape berkorban

    iya, kadang malah mpe ada yg bo’ong-in ortu lagi…. :((

  38. mayamulyadi said: Mba penny… aku mau translate yaaaa…Kamu dalam hidupku…Aku tahu…Kamu memang sulit untuk menyayangi aku..Tapi kau perlu tahu…My love…Always for you…*alay certified ga? Hahahahaha

  39. sepasangmatabola said: Ya sebetulnya sebagai ortu jangan malah ngompori anak-anak untuk bersifat boros dong. Kalo aku mah, masa bodo temenmu beli dan pake BB lah, iPhone lah, lha aku mampunya cuma beliin telpon murah, ya bisanya segitu aja. Mau yang segala-galanya lebih keren, punya rumah megah pake kolam renang segala? Ya kamu cari sendiri ntar kalo kamu udah dewasa, kerja dan punya duit sendiri, silahkan! :)Gitu aja kan beres? 🙂

    aduh jeng, kayaknya kita salah sambung deh, hehehehe….kalau untuk orang tua yang mapan dan berpendidikan tinggi seperti jeng memang itu yang akan dan harus dilakukan. Tapi yang aku bahas diatas adalah fenomena alay. Mungkin karena jeng saat ini tidak berada di indonesia jadi tidak bisa melihat sendiri apa dan bagaimana yang disebut2 sebagai alay itu.Kalau boleh sedikit memberi gambaran, yang sering dilabeli sebagai alay biasanya adalah anak-anak atau remaja pinggiran alias berasal dari ( maaf ) kaum marjinal. Punya orang tua yang biasanya berpendidikan rendah dengan tingkat perekonomian keluarga yang pas-pasan atau bahkan kurang.Dengan kondisi seperti itu biasanya mereka akan tumbuh dengan standar ‘yang penting masih bisa lulus smp/sma’ atau bahkan ‘yang penting masih bisa makan’. Orang tua mereka juga tidak bisa begitu saja disalahkan, karena bisa jadi waktu, tenaga dan pikiran mereka sudah habis terkuras untuk mencari nafkah dengan hasil yang bahkan mungkin masih jauh dari mencukupi. Jangankan ngomporin, BB dan Iphone aja mungkin para orang tua itu belum pernah lihat apalagi pegang…. :)Sangat menyedihkan sekali ketika melihat anak-anak dengan latar belakang dan kondisi seperti itu terseret oleh budaya konsumerisme yang sebenernya hanya berisi kesenangan semu saja. Sebagai gambaran tambahan mungkin jeng bisa membaca postingan uni Linda di http://tokoibufarhansarah.multiply.com/journal/item/38/Nongkrong_di_mol?replies_read=36

Tinggalkan Balasan

