Fly Away….

Farhan saat ini sudah di kelas 10, insya Allah bentar lagi mau jadi mahasiswa…. *simbok ngitung uban*. Aku sempet tanya apakah dia sudah siap mengurus diri sendiri pada saat dia nanti harus keluar dari rumah. nJawabnya sih Farhan banget, nyengenges sambil ngomong “Belom tau juga Buk…”. Hadoooh, gimana simbok nggak jadi tambah mikir….

Kalau ditanya, siap nggak ditinggal anak yang sudah tiba waktunya untuk keluar rumah, jawabanku sih kek-nya bakalan sama tuh ma jawaban Farhan “Belom tau juga tuh…” *mlintir-mlintir ujung kudungan*. Lha piye yo, baru ditinggal kemping 3 hari saja aku sudah bolak-balik nengok kamarnya yang kosong sambil mikir ‘aduuh, kok jadi sepi ya’. Padahal pada saat yang sama sedang berlangsung pertempuran seru antara Rahma vs Faiz dalam kasus rebutan printer, dan Fachri juga lagi gelar konser jejeritan minta minum…. *daily chaos at home*. Tapi yo tetep aja, kurang satu sepi jadinya……

Aku dulu sempet merasa heran ma salah satu kerabat yang bertahan di satu rumah dengan anak-anaknya yang juga sudah punya anak-anak. Berapa tepatnya jumlah penghuni rumah aku sendiri mpe nggak mudeng, lha wong sangking banyaknya penghuni rumah. Dulu rumah itu mungkin memang besar dan lapang, mengingat secara ekonomi mereka termasuk keluarga yang berada ( pada masa itu ). Tapi kalo penghuninya nambah terus kan yo jadi sempit rasanya, disekat sana disekat sini. Bocah cilik pating begijig ( hilir mudik ) di seantero rumah.

Tapi sekarang aku mulai bisa mengerti, apalagi melihat sifat dan bawaan sang ibu yang terlihat maunya melindungiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii terus. Sesuai bener kali ya, ma ungkapan bahwa seorang anak tetaplah anak bagi ibunya, meskipun udah dewasa dan beranak pinak sekalipun. Well, aku nggak mau ngomong masalah salah atau bener sih, tapi menurutku ada saatnya orang tua harus siap dengan resiko ‘tidak dibutuhkan’ lagi oleh anak-anak. Ada saatnya orang tua harus melepaskan anak-anaknya keluar dari sarang alias perlindungan orang tuanya.

Bakalan terasa sulit atau bahkan sakit ? bisa jadi, secara orang tua sudah terbiasa menjadi segalanya bagi anak-anak, sudah terbiasa menjadi malaikat yang mampu melindungi anak-anak dalam situasi apapun, baik di darat, laut maupun udara *anti mabok kaleeeee*. Tapi tetap saja, mengajarkan kemandirian pada anak-anak adalah salah satu tugas utama orang tua, hutang kita pada anak-anak….

it won’t be easy, but i have to….

“When will you be home?” she asks
as we watch the planes take off
We both know we have no clear answer to where my dreams may lead
She’s watched me as i crawled and stumbled
As a child, she was my world
And now to let me go, I know she bleeds
and yet she says to me

You can fly so high
Keep your gaze upon the sky
I’ll be prayin every step along the way
Even though it breaks my heart to know we’ll be so far apart
I love you too much to make you stay
Baby fly away

……..

a song by :
Corrinne May
“Fly Away”

79 thoughts on “Fly Away….

  1. ***Tapi tetap saja, mengajarkan kemandirian pada anak-anak adalah salah satu tugas utama orang tua, hutang kita pada anak-anak…. *** hanya bikinnya yang maknyosssss…….untung anak2 ku jadi manusia semua tinggal Andre…lagi klas 13…

  2. orangjava said: ***Tapi tetap saja, mengajarkan kemandirian pada anak-anak adalah salah satu tugas utama orang tua, hutang kita pada anak-anak…. *** hanya bikinnya yang maknyosssss…….untung anak2 ku jadi manusia semua tinggal Andre…lagi klas 13…

    Alhamdulillaaaah…. *pasang jempol buat KamasDJ*

  3. raniuswah said: kuat ya buk.sabar,insya Allah bisa mbok walaupun rindu dan sepi akan slalu ada.tapi not awful everyday.peluk buk Pink.peres jilbab buk Pink

    iya buk, hiks….. *sroooooooooooooot….**lap ingus pake jilbab Buk Ran*

  4. Aku suka sedih bu’e ngebayangin anak2 makin besar, takut rasanya (kehilangan)…belom puas rasanya ksh mrk kasih sayang. Kmrin wiken maen ma krucils, cium2 si lanang sambil bilang sama si mbaknya “puas2in cium2 wong lanang, nanti klo dah besar dicium org!” wkwkwkwk…

  5. Bener banget mbakAku saluut bgt sama orangtuaku yang dengan rela dan ikhlas melepaskan aku, walaupun tahu rasanya beratBahkan orangtuaku sempat bilang ‘anak adalah titipan untuk dididik, dibina supaya siap. Jadi ga ada ceritanya ga rela kl anak pisah ma ortu, sedih kl ditinggal, gelendotin minta duit kalo perlu’Duh..mudah2an aku bisa seperti ortuku nantinya

  6. fendikristin said: Iya Mbak Ping..suka kebayang ditinggal Anna ntar kalo uda gede..maka-nya sekarang dimanfaatkan waktu sebaik2nya deh berduaan mumpung dia kemana2 mau-nya mamiiii aja😀

    iyaaaa, anak seumuran Anna memang lagi dalam tahap my Mom is my hero…:D

  7. kurniarachman said: Bener banget mbakAku saluut bgt sama orangtuaku yang dengan rela dan ikhlas melepaskan aku, walaupun tahu rasanya beratBahkan orangtuaku sempat bilang ‘anak adalah titipan untuk dididik, dibina supaya siap. Jadi ga ada ceritanya ga rela kl anak pisah ma ortu, sedih kl ditinggal, gelendotin minta duit kalo perlu’Duh..mudah2an aku bisa seperti ortuku nantinya

    disatu sisi pasti ada sedihnya sih, namanya juga pisah sama anak… tapi demi kebaikan anak-anak juga ya….. :)amiiiiin….

  8. pingkanrizkiarto said: Tapi tetap saja, mengajarkan kemandirian pada anak-anak adalah salah satu tugas utama orang tua, hutang kita pada anak-anak….

    Generasi yang kuat lebih disukai Gusti Allah, Bu…Dan menjadikan anak-anak kita sebagai pribadi yang mandiri dan kuat adalah amanah luar biasaa buat kita…Semangat, Buuu…😉

  9. ayudiahrespatih said: relakan bu pink..relakan..biarkan farhan mnegepakkan sayapnya ke udara..*burung kaliiii…..hihihi…*selamat beraktivitas bu pink…:)

    rela – rela, rela aku relaaaaaaakaaaaaaaaaaaaaan….*dangduter sejati*

  10. dianmardi said: Generasi yang kuat lebih disukai Gusti Allah, Bu…Dan menjadikan anak-anak kita sebagai pribadi yang mandiri dan kuat adalah amanah luar biasaa buat kita…Semangat, Buuu…😉

    semangaaaaaaat !! :))

  11. dulu dirumah ada 6 orang, kedua kakak nikah jadi tinggal 4 orang. Eh si adek dapet kerjaan diluar kota, sekarang tinggal 3 orang… Kalo ntar aku nikah, si papa mama pacaran lagi beduaaaa…. horeeeeeeeee………. :))

  12. medilubis said: dulu dirumah ada 6 orang, kedua kakak nikah jadi tinggal 4 orang. Eh si adek dapet kerjaan diluar kota, sekarang tinggal 3 orang… Kalo ntar aku nikah, si papa mama pacaran lagi beduaaaa…. horeeeeeeeee………. :))

    wkwkwkwkwk… asiiiiiik…:D

  13. iahsunshine28 said: kalo nanti Farhan nikah (masih lama ya bu? ^_^), cari yang rumahnya deket aja… biar bisa sering-sering main kalo lagi kangen…hehe…

    kalo deket-deket ma mantu katanya malah gak baik tuh, qiqiqiqi…..

  14. jadi ingat dua tahun lalu, waktu menimbang-nimbang bakal rela melepas Angie ke Jogja atau engga …suwer, aku rela polll, tapi takdir berkehendak lain … dia tetap tinggal di Semarang … tetap makan sarapan sepiring berdua sebelum berangkat bareng, aku ke kantor, dia ke kampus …hihihihihi …

  15. afemaleguest said: jadi ingat dua tahun lalu, waktu menimbang-nimbang bakal rela melepas Angie ke Jogja atau engga …suwer, aku rela polll, tapi takdir berkehendak lain … dia tetap tinggal di Semarang … tetap makan sarapan sepiring berdua sebelum berangkat bareng, aku ke kantor, dia ke kampus …hihihihihi …

    uenak yo… tetep ono kancane…:))lha iki neng Bekasi ndak ada PT yg lumayan bagus sih….

  16. Huhuhu, kadang aku sampai merasa perlu menyingkirkan pikiran macam ini, sok merasa masih lama aja, tapiiiii waktu kan bakal terbang dengan cepatnya ya Mbak (kalau dikasih kesempatan, insyaAllah).

  17. niwanda said: Huhuhu, kadang aku sampai merasa perlu menyingkirkan pikiran macam ini, sok merasa masih lama aja, tapiiiii waktu kan bakal terbang dengan cepatnya ya Mbak (kalau dikasih kesempatan, insyaAllah).

    waktu memang bisa menipu Leil….:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s