Belajar Craft : nyobain Smocking ( lagi )

Belajar dari kegagalan tutorial smocking yang dulu itu, akhirnya aku ngerti bahwa ternyata ada sedikit perbedaan pemahaman tentang apa itu smocking. Gak da yang salah sih, hanya sedikit perbedaan versi saja. Karena ternyata smocking yang banyak dikenal di Indonesia adalah smocking yang seperti ini :

puspitakursusgratisanekasulam.blogspot.com

atau lebih dikenal sebagai smock jepang, dimana kain dijahit dengan tehnik dan pola tertentu sehingga menghasilkan kain yang berkerut-kerut dengan bentuk yang rapi dan cantik. Biasanya digunakan dalam pembuatan pernak-pernik hiasan rumah seperti sarung bantal, tudung galon, bed cover atau tas tangan.

Sementara smock yang sudah kupelajari selama ini adalah smock yang jenis ini :


Sebenernya pada intinya sih sama, yaitu kain yang di smack, eh di smok alias dikerut-kerut. Tapi pada smock jepang, kegiatan smocking berhenti setelah kain dikerut membentuk pola yang cantik, sementara pada smocking yang satunya kerutan kain yang telah terbentuk kemudian diberi hiasang dengan benang sulam.

Gimana cara menghiasnya ? ada dweeeeh…. *halaaaaaaah*. Enggak susah kok, cuma dijahit tangan biasa aja, Tapi dengan permainan warna benang dan pola jahitan, hasil jadinya bisa cantik banget. Aku belum pernah mencoba tehnik smock jepang, jadi untuk saat ini aku hanya akan cerita soal smocking yang aku tahu saja.

Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat kerutan tentu saja, alias pleating the fabric. Bisa dengan jelujur tangan, bisa juga dengan menggunakan bantuan alat yang disebut sebagai pleater hingga menjadi seperti ini :

jelujur benang warna merah itu nanti akan dilepaskan
benang jelujur ditarik ketat
selanjutnya diberi sulaman sehingga menjadi seperti ini :

Kainnya jadi mengkeret dong ? emang iya sih, karena pada smocking jenis ini, kain dikerut dengan ketat. Agak berbeda dengan smock jepang yang kerutannya relatif tidak banyak mengurangi lebar kain.Tapi ini hanya untuk sementara kok, setelah sulaman selesai, kain yang sudah dikerut ini akan dilebarkan lagi. Caranya dengan melepaskan benang yang tadi dipakai untuk mem-pleat. Lalu dibentangkan dan disemprot air, untuk kemudian dibiarkan kering sendiri agar kain bisa tetap terbentang dengan maksimal.

dibentangkan dengan bantuan jarum pentul di tepi kain
semprot dengan air lalu biarkan kering sendiri

setelah kering hasilnya akan menjadi seperti ini
setelah dijahit akan jadi baju seperti ini…..


sulaman bunga di tengah itu tambahan aja, ben kethok manis, biar kliatan manis…:))

nb :
semoga tutorial yang ini gak diponten merah lagi…. *lap kringeeeeeeeeeet*

Iklan

94 thoughts on “Belajar Craft : nyobain Smocking ( lagi )

  1. bundananda said: Klo yg ibu bikin ini dikenal dgn nama plisket…

    kalo plisket bukannya pakai obat Bun ? dan setahuku kalo plisket cuma dikerut aja, nggak ditambahin sulaman…eh Bun, tut yang ini masih kena ponten merah gak ? *tanya serius*

  2. bundananda said: aku msh lum ngerti cara mengerutnya bu… menjelujurnya itu lho..secara horisontal apa vertikal..

    lha ya horizontal dong Bun, mengikuti lebar kain, kalau ngikutin panjangnya kan repot….:))

  3. aghnellia said: nunggu dibikininin baju itu!!Buping, fungsi disemprotin air buat apa?

    yaaaah ini lagiiii…disemprot lalu dikeringin lagi biar kain mau tetep melebar, soalnya kalau udah dikerut gitu bawaannya mengkeret terus…. jadi susah kalau mau dijadi-in baju

  4. bu,misal ni ya, pny kain lebar 0.5m panjang 0.75m trus mo dismock gt, artinya yg lebarnya 0.5 itu dijelujur kan?trus jarak antar jelujuran 1 ke 2 bagusnya berapa?itu ditarik barengan gt ya?

  5. bundananda said: bu,misal ni ya, pny kain lebar 0.5m panjang 0.75m trus mo dismock gt, artinya yg lebarnya 0.5 itu dijelujur kan?trus jarak antar jelujuran 1 ke 2 bagusnya berapa?itu ditarik barengan gt ya?

    iya, jelujurnya menurut lebar kain.. biasanya sih setengah cm, aku udah lupa, soalnya dah lama gak jelujur tangan, udah pakai pleater yg udah fix jarak antar jarumnya….gak harus bareng2 sih Bun, yang penting sama kerutannya….

  6. aku tahunya smock itu yang atas, makanya pas lihat alatnya di toko yang waktu jalan2 sama panjenengan itu, aku bingung. trus aku cerita ma guru les jahitku……eh beliau yo ra mudeng. ma bu guru diajarin smocknya yang atas itu. bisa macem2 lho bentuknya, tergantung main jumput jumputnya….

  7. iahsunshine28 said: bu beli pleater dimana? mahal gak? pengen bisaaaa………

    di micki-mocko tebet ada tuh, tapi aku belinya di Sunflower Pasar Pagi…lumayan mahal sih, tapi sepadanlah ama fungsinya….sebenernya gak pake pleater juga gpp, dipleat manual aja. lebih ribet sih, tapi kalau untuk tahap belajar sih oke-lah….

  8. pingkanrizkiarto said: di micki-mocko tebet ada tuh, tapi aku belinya di Sunflower Pasar Pagi…lumayan mahal sih, tapi sepadanlah ama fungsinya….sebenernya gak pake pleater juga gpp, dipleat manual aja. lebih ribet sih, tapi kalau untuk tahap belajar sih oke-lah….

    kalo gak pake pleater males bu…. aku dah tau harganya… liat di blog bu ping juga…hiks… *menyingkir dulu deh.. :(*pleater yg bagus merk apa bu? amanda atau read?

  9. iahsunshine28 said: kalo gak pake pleater males bu…. aku dah tau harganya… liat di blog bu ping juga…hiks… *menyingkir dulu deh.. :(*pleater yg bagus merk apa bu? amanda atau read?

    aku dulu juga ga pake pleater kok, manual aja…setelah yakin tertarik ( dan ada duitnya juga ) baru deh beli pleater…punyaku merk Amanda, temen-temenku punyanya juga Amanda jadi jelas pilih Amanda deh…. *penjelasan gak jelas*

  10. pingkanrizkiarto said: aku dulu juga ga pake pleater kok, manual aja…setelah yakin tertarik ( dan ada duitnya juga ) baru deh beli pleater…punyaku merk Amanda, temen-temenku punyanya juga Amanda jadi jelas pilih Amanda deh…. *penjelasan gak jelas*

    aku emang tertarik dari dulu sama smock, gara2 dulu liat hasil smock ibuku yg dikerjain bareng ibu2 pkk (masih disimpen polanya…^_^)… okelah bu… makasih infonya… *mulai ngidam Amanda*

  11. Ternyata bu Ping ini bukan hanya seorang crafter yg ulet, tapi jg seorang guru yg ulet, sabar dan baik hati šŸ˜€ * acung jempol*Cara bu Ping menjelaskan step bay step smocking dah cukup jelas, tapi….ada org ( aku banget itu :D) yg utk hal2 tertentu seperti smock ini, kayaknya hrs melihat langsung baru paham bener šŸ˜› * skrg baru paham dikit*

  12. iahsunshine28 said: aku emang tertarik dari dulu sama smock, gara2 dulu liat hasil smock ibuku yg dikerjain bareng ibu2 pkk (masih disimpen polanya…^_^)… okelah bu… makasih infonya… *mulai ngidam Amanda*

    mulai nabung untuk amanda, qiqiqiqi….

  13. delingya said: Ternyata bu Ping ini bukan hanya seorang crafter yg ulet, tapi jg seorang guru yg ulet, sabar dan baik hati šŸ˜€ * acung jempol*Cara bu Ping menjelaskan step bay step smocking dah cukup jelas, tapi….ada org ( aku banget itu :D) yg utk hal2 tertentu seperti smock ini, kayaknya hrs melihat langsung baru paham bener šŸ˜› * skrg baru paham dikit*

    untuk smocking ini kayaknya mmg lebih bagus kalau ketemu langsung. Tapi aku sendiri cuma belajar dari buku lho, bisa juga kok…. :))

  14. elok46 said: segampang strimin gakaku smp ikut tata busana tapi uwis lupa kabeh kecuali strimin doank

    yo mirip-mirip kok Lok, tapi bisa lebih cepet, wong polanya berulang, jadi gak perlu bolak-balik liat chart/peta. Yang lebih ribet tu malah njait jadi bajunya tuh, tapi bisa di sub kontrakkan ke penjahit juga sih….

  15. pingkanrizkiarto said: yo mirip-mirip kok Lok, tapi bisa lebih cepet, wong polanya berulang, jadi gak perlu bolak-balik liat chart/peta. Yang lebih ribet tu malah njait jadi bajunya tuh, tapi bisa di sub kontrakkan ke penjahit juga sih….

    ooooo gitu yaiyakalo strimin bikin mata pedes tapi PUASSSSSSSSSSSSSS sekali

  16. pingkanrizkiarto said: untuk smocking ini kayaknya mmg lebih bagus kalau ketemu langsung. Tapi aku sendiri cuma belajar dari buku lho, bisa juga kok…. :))

    Masya Allah, itu krn bu Pingkan pinter dan berbakat.

  17. Yang Ibu buat di atas itu namanya smock Belanda.

    Dulu waktu masih di SMK saya prakteknya jahit smock jepang, kalau cari di Google pake bahasa Inggris disebutnya canadian smocking.

    Ada juga smock inggris, kalau smock inggris populer, yaitu baju yang biasa dijual yang bagian atas sampai pinggang dikerut dengan benang karet putih pada bagian dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s