Pamer Solo

Pagi ini aku sarapan macet ! ampun dah… Padahal dari rumah berangkat seperti biasa, setengah enam teng. Nganter sekolah Farhan dulu ke Tambun, lalu berangkat ke Rawamangun lewat pintu tol Grand Wisata Bekasi Timur. Baru jalan kira-kira 3 km, udah ngoooooooook ! Spedometer gak bisa nunjukin angka lebih dari 20 km/jam, padat meratap dah…. hiks.

Ampuuuuuuuuuuun…. itu kan baru kilometer 16, alias masih jaoh banget dari pintu tol Jatibening Timur yang biasanya menjadi biang antrian pagi hari di tol Jakarta-Cikampek. Ada kecelakaan kaleee, batinku. Palingan ntar lagi juga lancar, batinku ngarep sengarep-ngarepnya… Tapiiii, ternyata tidak ada apa-apa sodara-sodaraaaaa…. nggak ada mobil ciuman, pun nggak ada juga mobil ngambek dijalan. Cuma kebanyakan kendaraan di jalan aja ! Hedeeeeew, perasaan beberapa bulan yang lalu dengan jam berangkat yang sama aku masih punya sisa waktu barang 10 mpe 15 menit sebelum absen kantor ditutup. Tapi sekarang ? Gak janji dweeeeeh…

Jadi inget pak presiden dan komentar pepesan kosongnya soal pembangunan infrastruktur transportasi Jakarat. Eh lha kok trus jadi inget ada berita indah dari Solo kotaku tercinta, tentang upaya pemda Solo untuk membangun sistim transportasi massalnya. Ada railbus di kota Solo lho…. *pamer dooooong*

gambar dari : sini


kereta ini bakalan melayani jalur Solo-Wonogiri pp, melalui jalur kereta api peninggalan jaman Belanda dulu. Jadi railbus ini akan melintasi kawasan perkotaan, pusat kegiatan ekonomi seperti pasar dan mall di Solo, asik toooo ? Pas sebagai moda transportasi massal yang mendukung denyut nadi kegiatan sosial-ekonomi di kota Surakarta *copas pidato pejabat*.

Tapi selain railbus, ada juga kereta api uap Jaladara yang melewati jalur yang sama dengan si railbus. Bedanya, rute kereta uap Jaladara hanya sampai di stasiun Sangkrah -masih di dalam kota Solo- dan mempunyai misi khusus sebagai kereta api wisata.

ini dia si kereta uap Jaladara. gambar dari : sini

asik juga toooo ? numpak sepur sambil liat-liat Solo. Dalam perjalanannya si Jaladara ini akan berhenti dibeberapa persinggahan wisata kota Solo sepert Loji Gandrung, Pasar Pon, Ngapeman dan ngGladag. Dan ngomong-ngomong soal ngGladag, jangan lupa ada dua penunggu yang setia ngejogrog disitu sejak dari jaman dahulu kala, perkenalkan ini dia penjaga gerbang masuk Kraton Kasunanan Solo…..

patung Dwarapala yang nama tenarnya di Solo adalah patung ngGladag.
gambar dari sini


dulu suka iseng nggembusi alias ngibulin anak-anak kecil, alkisah dua patung rakasasa bertampang sangar ini bakalan marah bin ngamuk kalau denger suara peluit kereta yang lewat didepan mereka. Ya eyalaaaaaah…. kalau denger gitu lho… qiqiqiqi.

Ealaaaaaaaah dari grundelan soal macet di jalan kok malah jadi ngrasani Solo to yaaaa….. ora ono hubungane ? ndak berhubungan ? ha yo ben biarin….. Tapi aku berharap banget semoga upaya pemkot Solo untuk membangun Solo yang humanis dengan transportasi massalnya ini terus berlanjuuuuuuuuuuut…. tidak macet alias tidak mangkrak di tengah jalan, amiiiiiiiiiiiin.

kangen Solo…. *mendadak mellow*

Iklan

80 thoughts on “Pamer Solo

  1. Tapi waktu kampanye Foke bilang bahwa soal kemacetan dan banjir di Jakarta supaya diserahkan ke ahlinya.banyak orang sangka bahwa dialah ahlinya.Padahal sampe sekarang ahlinya belon juga ketemu.Huuaaa haaa haaa!

  2. mmamir38 said: Tapi waktu kampanye Foke bilang bahwa soal kemacetan dan banjir di Jakarta supaya diserahkan ke ahlinya.banyak orang sangka bahwa dialah ahlinya.Padahal sampe sekarang ahlinya belon juga ketemu.Huuaaa haaa haaa!

    wkwkwkwkwkwkw…..berarti nggak bo’ong dong si bang kumis itu….:D

  3. pingkanrizkiarto said: berburu tiket dulu neng kalo pas libur lebaran gitu, qiqiqiqi….banyak banget peminaaaaaaaaaaaaat….

    lah kan tinggal pulang ke magelang, trus ke solo………..dari surabaya naik mobil aja, kan rombongan sirkus……………

  4. arumbarmadisatrio said: lah kan tinggal pulang ke magelang, trus ke solo………..dari surabaya naik mobil aja, kan rombongan sirkus……………

    maksudku tiket sepur Jaladarane jeeeeeng…. jarene waktu pertama kali dijual lewat inet. langsung bablas entek…

  5. rengganiez said: pemimpin idaman rakyat mbak…semoga kalo bener terus bisa jadi presiden…

    ning kethok’e dewe’e iku model uwong sing ora haus kekuasaan, wong kata orang tadinya dia udah nggak mau dipilih untuk yang kedua kalinya….

  6. pingkanrizkiarto said: ning kethok’e dewe’e iku model uwong sing ora haus kekuasaan, wong kata orang tadinya dia udah nggak mau dipilih untuk yang kedua kalinya….

    heeh..dia gak mau ganti mobil dinas, gak pernah ambil gajinya tuh mbak…

  7. estiningtyas said: bener bu mau dibangun railway solo-wonogiri ? seneng aku ke wonogiri pake kreta nanti…ini bukan pepesan kosong juga dr pemda solo kan ?baru tau kalo dirimu putri solo hihihi

    lho, railwaynya sih udah ada, udah ada kretanya pulak…. tp ini dikenalin yg baru… keren to ?*putri Solo pasang konde*

  8. debapirez said: makanya jgn bawa mobil dong. naik jemputan kek hehe….

    yang mo nganterin anakku sapa dong ?kalo pagi-pagi ujan gimana dong ?kalo pas makan siang pengen ngeluyur gimana dong ?kalo pulang ngeluyur tentengannya banyak gimana dong ?

  9. pingkanrizkiarto said: yang mo nganterin anakku sapa dong ?kalo pagi-pagi ujan gimana dong ?kalo pas makan siang pengen ngeluyur gimana dong ?kalo pulang ngeluyur tentengannya banyak gimana dong ?

    kayaknya nomor 3-4 jd alasan utama deh hahaa……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s