Hajj 1431 H : Mekah


Sebenarnya agak berat juga menuliskan bagian ini, tentang Mekah… tapi mosok ceritanya mau diberhenti-in sampai Dubai doang….. ndak seru lah… *siap-siap membuka kisah*

Jadiiiiiiiiiiii…. begitulah, setelah kira-kira 2 jam penerbangan, kami tiba di bandara King Abdul Aziz di Jeddah. Capek ? ya iyalah dong deh… sisa capek Cengkareng-Dubai masih ada je. Dan hati juga langsung ketar-ketir, mau berapa lama antrian dimari nih…. pihak biro perjalanan pun jauh-jauh hari sudah mewanti-wanti bahwa waktu antrian di Jeddah ini tidak bisa diprediksi. Kudu siap sabar, percuma juga nanya-nanya sampai kapan atau sampai berapa lama… wis pokok’e sabar wae. Turun dari pesawat dengan bekal pasrah….

dari pesawat ke ruang tunggu naik bis

Tapi Alhamdulillah antrian tahap pertama alias pemeriksaan dokumen kesehatan tidak memakan waktu lama, trus langsung dipersilahkan lanjut antri di imigrasi. Sempet rada dag-dig-dug, lha wong petugas imigrasinya memegang pasporku lumayan lama…. nekat nanya “is there any problem sir ?” *huhuuuuuy, gue bisa boso linggis*. Dia bilang “No, no problem”. Tapi pasporku masih diewer-ewer aja…. piye kuwi. Tapi yo wis lah, sing sabaaaaaar….

Kelar di imigrasi masih beberapa kali ditanyain dan disuruh menunjukkan paspor, wedew…. tapi yo sabaaaaaar, namanya juga tamu, ya nurut aturan tuan rumah lah. Setelah itu langsung digiring *kebo kaleee, digiring* ke ruang tunggu yang berkursi merah. Baru duduk bentar aku langsung nanya dimana toilet, biasalah… emak-emak, nge-fans banget sama yang namanya toilet. Oh ya, di ruang ini yang ditunggu adalah bis yang akan mengangkut jemaah haji dari Jeddah ke Mekah, jadi bukan nunggu pembagian jatah beras lho ya… *ditoyor juragan beras*

Dan ternyata urusan tunggu menunggu ini tidaklah separah yang aku pikirkan, ternyata diriku telah berburuk sangka gitu lhoo….. *nyengir malu*. Memang masih sekitar 1,5 jam sih, tapi itu pas untuk urusan toilet, makan malam ( nasi kotak tentu sajaaaa…. ), ma sholat magrib dan isya. Jadi ya bengong nunggunya nggak lama. So itu dia bis-nya, ayo bariiiiiiiiiiiissss……

naik bis yuk….

Alhamdulillah dapat bis yang lumayan oke, secara Jeddah-Mekah ( ternyata ) makan waktu 2 jam lebih. Aku yang mikirnya cuma jarak Cengkareng-Rawamangun jadinya sempet pringas-pringis gara-gara pengen ke toilet ( lagi ), hehehehehe…. *maluw*.

Kami sampai di hotel kira-kira jam 2 malam. Bayanganku sih masuk lewat pintu depan dong, secara hotel gitu lho. Tapi ternyata kami masuk lewat pintu belakang yang agak-agak seram gitu, gelap je….. Lha iyalah, lha wong depan hotel tempat kami menginap adalah halaman masjidil Haram, gimana bis mau lewat depan, bisa digetok askar dong….

Lalu sesuai jadwal, kegiatan pertama kami di Mekah adalah melaksanakan Umrah, karena kami melaksanakan Haji Tamattu. Jadi berdasarkan kesepakatan, kami diberi waktu 2 jam untuk bersih-bersih badan di kamar, lalu berkumpul lagi di lobi hotel pukul 4 pagi untuk selanjutnya berangkat menuju ke Masjidil Haram bersama-sama.

di lobi hotel

 

Posisi hotel kami tepat berada didepan Masjidil Haram, dan bagian bawah hotel adalah mall al-barj al bait mekah…. terus terang jadi bikin rada takjub juga, secara mau ke masjid kok ngumpulnya di mall. Jangan-jangan ntar daku malah nyangkut di mall gak jadi ke masjid deh… *kumat noraknya getuu*. Untung mall-nya masih waras, jam 4 pagi belum buka.

bu Adi terbengong-bengong
Setelah semua berkumpul -semuanya 57 orang-, kami lalu dibagi-bagi dalam grup kecil, 6 sampai 8 orang dengan bimbingan 1 mutowwif. Then, Masjidil Haram, here we come….

Sebenernya banyak yang pengen aku tulis, tapi seperti yang sudah aku sampaikan, berat… Mekah menguras emosiku…. ini aja udah pengen nangis, pengen balik lagi…..

Trus jadi inget wejangan dari ustadz, bahwa Mekah adalah ujian. Ujian atas keimanan kita, atas Tauhid kita. Kubus hitam ditengan Masjidil Haram itu hanyalah sebuah benda, tidak mampu mendatangkan manfaat ataupun mudharat apa-apa…. janganlah berlebih-lebihan, tetaplah ingat bahwa Allah-lah yang jadi tujuan….

ini foto di Mekah pertama yang aku ambil dengan kameraku sendiri, dengan pandangan berkabut oleh airmata…… kami datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah….


Haji Tamattu’
:
rangkaian ibadah haji yang mengerjakan umrah terlebih dahulu baru kemudian mengerjakan haji. Jamaah haji yang memilih cara ini wajib membayar dam . Pelaksanaan haji tamattu’ ini dianjurkan kepada seluruh jamaah haji dan petugas haji Indonesia.

69 thoughts on “Hajj 1431 H : Mekah

  1. buuukkk… kan dilarang fotoin ka’bah… gak di tegor sama polisi disana? hehehehe….adekku dulu fotoin ka’bah dari jarak yg lebih dekat. Untungnya gak ketauan sama polisi. Soalnya ada yang ketauan sama polisi trus memory card hp diambil sama polisinya.aku jugaaaa pengen ke sanaaaaaaaa…..

  2. medilubis said: buuukkk… kan dilarang fotoin ka’bah… gak di tegor sama polisi disana? hehehehe….adekku dulu fotoin ka’bah dari jarak yg lebih dekat. Untungnya gak ketauan sama polisi. Soalnya ada yang ketauan sama polisi trus memory card hp diambil sama polisinya.aku jugaaaa pengen ke sanaaaaaaaa…..

    dilarang kalo ketahuaaaaaan…. ahahahaha…..mendingan kalo bawa kamera/hp titipin ke orang laki-laki, kalo perempuan suka digeledah sama askar perempuan di pintu masuk masjid…yuuuuuuuuuuk…..

  3. fivefebruary said: hiks…hiks….terharu jd kepengen kesana.Ya Allah yg Maha Pengasih & Maha Penyayang bukakanlah pintu rejekimu kepada semua umat muslim agar mampu melaksanakan ibadah hajiAminnnn…….

    amiinbareng

  4. trewelu said: bayar damnya gimana, bu adi?

    sebenernya ada 3 pilihan- beli sendiri, orang biro mau sih nganterin- nitip ke orang yg dipercaya- beli/nitip ke lembaga, trus nanti dikasi kuponaku milih nitip ke lembaga, insya Allah amanah… 🙂

  5. fivefebruary said: hiks…hiks….terharu jd kepengen kesana.Ya Allah yg Maha Pengasih & Maha Penyayang bukakanlah pintu rejekimu kepada semua umat muslim agar mampu melaksanakan ibadah hajiAminnnn…….

    amiiiiiiiiiin…..insya Allah dimudahkan Na…. amiiiiiiin !

  6. kami berhubungan kloter terakhir khir khir banyak suka dukanya..kami nunggu di jeddah cukup lama 13 jam..Alamdulillah :)kami haji ifrad..saya dan suami sebelum ke arafah bermalam di Mina dulu setelah itu baru ke Arafah dan kami lakukan ikut KBIH lain…Alhamdulillah

  7. khoriyatulj said: kami berhubungan kloter terakhir khir khir banyak suka dukanya..kami nunggu di jeddah cukup lama 13 jam..Alamdulillah :)kami haji ifrad..saya dan suami sebelum ke arafah bermalam di Mina dulu setelah itu baru ke Arafah dan kami lakukan ikut KBIH lain…Alhamdulillah

    nambah pahala sabar bu…. :))berarti nggak pakai umrah ya ?saya juga nginep di Mina sebelum ke Arafah ( malam tarwiyah ), tp pemerintah indonesia ( onh reguler ) tidak membuat kebijakan untuk tarwiyah ya ? hukumnya memang hanya sunah sih….

  8. khoriyatulj said: melakukan umroh setelah haji..mohon doa semoga kesana lagi bersama trifa (shafa. athifa dan farhan tentunya dengan p roy juga) 🙂

    setahu saya kalau ifrad tidak pakai umrah bu… jadi kalaupun melaksanakan umrah, berarti ya umrah saja, lepas dari prosesi hajinya. Sewaktu umrah ambil miqotnya dimana Bu ?amiiiin…..

  9. tentunya begitu ..:)Haji ifrad adalah melakukan haji saja. bagi yang ingin melakukan umroh wajib atau sunah maka setelah menyelesaikan hajinya.miqat dari tan’im tapi kita juga pernah ke ji’ranah dan hudaibiyah sambil jalan2 ke musium 🙂

  10. khoriyatulj said: tentunya begitu ..:)Haji ifrad adalah melakukan haji saja. bagi yang ingin melakukan umroh wajib atau sunah maka setelah menyelesaikan hajinya.miqat dari tan’im tapi kita juga pernah ke ji’ranah dan hudaibiyah sambil jalan2 ke musium 🙂

    saya malah belum pernah ke tan’im bu…. 🙂

  11. mayamulyadi said: Bu… *kok lidahku kelu ya… Mau komen, tapi udah gimana gitu…Aku doin bu ping menjadi haji yang mabrur ya… Amin…

    nulis komen sambil melet-melet po piye May ? xixixi…..amiiiiiiiiiiiiiin….

  12. debapirez said: wah….semoga saya segera menyusul kesana.pasti pengen petugasnya ngomong gini kan:Dia bilang “No, no problem. You are so beautiful”

    amiiiiiiiin….prikitiiiiiiiieeeewww…..*pak Adi pasang tampang sangar*

  13. pingkanrizkiarto said: amiiiiiiiin….prikitiiiiiiiieeeewww…..*pak Adi pasang tampang sangar*

    ga mgkn pak Adi pasang tampang sangar. paling pak Adi cm bilang: “jangan kaget pas denger doa-ku di depan Ka’bahya. kamu harus siap” hehe….

  14. debapirez said: ga mgkn pak Adi pasang tampang sangar. paling pak Adi cm bilang: “jangan kaget pas denger doa-ku di depan Ka’bahya. kamu harus siap” hehe….

    itu kan pak Adi versi bung Deba…. huehehe…

  15. gregetan deh, Ping, zaman gw susah banget ngelolosin kamera masuk masjidil haram, masjid nabawi juga :(waktu umroh bawa anak2 ya gitu juga.’ketangkep’ mulu..emang sekarang dibolehin?

  16. hobbygue said: gregetan deh, Ping, zaman gw susah banget ngelolosin kamera masuk masjidil haram, masjid nabawi juga :(waktu umroh bawa anak2 ya gitu juga.’ketangkep’ mulu..emang sekarang dibolehin?

    Sekarang relatif lebih longgar kok Bel, terutama untuk jemaah laki-laki. Karena setahu gue, kamera dilarang di dalam masjid terutama karena dikhawatirkan akan dipakai untuk memotret wanita-wanita bercadar yang melepas cadar-nya kalau masuk masjid. Jadi bisa dibilang kalau di Masjidil Haram relatif lebih longgar pengawasannya karena memang tidak ada perempuan bercadar yg melepas cadarnya di situ… secara di masjidil haram campur baur antara jamaah laki-laki dan perempuan sangat sulit dihindari. Sementara kalau di masjid Nabawi, bagian perempuan kan terpisah dengan laki-laki, jadi pemeriksaan juga lebih ketat. Kamera dan hp bener-bener dilarang…Jemaah laki-laki relatif lebih bebas, tidak digeledah kalau masuk masjidil Haram, dan kadang juga dibiarkan saja memotret di dalam masjid Nabawi, tapi kadang tergantung askar-nya juga sih… :))

  17. dinithea said: Inget dulu luhat ka’bah sampe takjub..aku mikir kok kayak lukisan ya..ya Alloh..itu beneran ka’bah :))

    iya, kayak mimpi…. yang dulunya cuma bisa dilihat gambarnya aja, lalu jreeeeeeng… bisa liat langsung….. subhanallah….

  18. lollytadiah said: mau komen malah bingung… jadi pingiiiiiinnn…*berdo’a aja lah… daripada bingung mo komen opo…*

    komen ae ndadak bingung…. eh aku ketemu Temanggungers juga lho di Mekah..sesuk2 ta’ crito deh…xexexexe

  19. Betul banget bu Ping, ingat Mekah selalu pengen nangis dan pengenn.. balik lagi.Depan hotel bu Ping menginap berada di halaman masjidil Harom ? Itu mah ONH plus kelas atas.Ibaratnya, kalo kepeleset aja nyampe masjidil Harom 😀

  20. delingya said: Betul banget bu Ping, ingat Mekah selalu pengen nangis dan pengenn.. balik lagi.Depan hotel bu Ping menginap berada di halaman masjidil Harom ? Itu mah ONH plus kelas atas.Ibaratnya, kalo kepeleset aja nyampe masjidil Harom 😀

    eitsss… jangan pake kepleset doooong… tetep kelas bawah, lha wong pas peak season kudu nyingkir dulu ke aziziyah je… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s