Belajar Craft : Stamped Cross-Stitch

Sudah lama nggak posting soal belajar craft. Mulai lagi dengan stamped xstich yuk ! Sebenarnya ini bukan ngajari sih, lha wong aku sendiri juga baru-baru aja belajar stamp xstitch ini, jadi ya sharing aja lah istilahnya.

Belum nemu definisi tepatnya stamped-xstitch itu apa, tapi secara kasat mata beda stamped xstitch dengan xstitch biasa adalah bahan/media yang dipakai. Kalau pada xstitch biasa, media yang dipakai adalah kain yang seratnya membentuk kotak-kotak alias strimin atau aida, pada stamped xstitch media yang dipakai adalah kain yang tidak ada kotak-kotaknya alias kain biasa seperti cotton/poly sailcloth. Trus media ini juga sudah diberi tambahan/ di-print gambar yang bisa mempercantik hasil akhirnya. Dan stamped xstitch ini bisa digabungkan dengan sulaman biasa ( satin stitch ), contohnyaaa :

ini adalah stamped-xstitch pertamaku *soooooooooooooook*. Warna biru di langit dan tulisan diatasnya itu sudah ada dari sononya, bukan aku yang nggambarin. Perlu waktu juga sih untuk menyelesaikannya. Selain belum biasa, ternyata stamped-xstitch ini memerlukan pembidangan dalam pengerjaannya. Lha wong kainnya tidak berkotak-kotak je, jadi ya bisa berantakan juga kalau tidak pakai pembidangan. Sampai ta’ bela-belain beli q-snap, alias pembidangan gaya baru. Berasa banget sih bedamya.

pembidangan gaya lama
q-snapkuuu…. *mringis bokek*

so, bersama si q-snap aku bisa tancap gas menyelesaikan stamped-xstitch pertamaku ini. Lha trus mana nih sharinganya ? kok malah pamer mulu ? sabaaaar….

mari kita lihat project stamped-xstitch keduaku :

Cover depannya, judul : Life is Nothing Without Friends. Aku beli lewat temen di fesbuk, dan Alhamdulillah termasuk program bundle kits sale….

kit contains :

– cotton threads
– printed white cotton/poly sailcloth
– needle
– easy instruction

dari dekat bentuk kainnya seperti ini :

jadi memang tidak ada kotak-kotaknya seperti strimin biasa… Susahdong ? nyantai ajalaaaah, kerjain aja. Enggak rapi ? enggak sama ukuran silang-silangnya ? yo ben wae, biarin aja… ini hand-made cuy, bukan kerjaan mesin. Kalau mau sama persis bentuk dan ukuran silangannya ya suruh kerjain mesin ato robot aja deh…. *mbayangin robocop ngerjain kristik*.

So, sesuai dengan petunjuk bapak presiden, eh sesuai instruksinya, yang pertama kali dikerjakan adalah satin stitch-nya. Area yang harus diisi satin stitch ditunjukkan dalam kertas instruksi.

arah benang ditunjukkan dengan garis lurus pada bidang yang harus diisi satin stitch

kalau sudah, hasilnya akan seperti ini :

lalu mulai kerjakan cross-stitch-nya :



 

setelah semua dikerjakan, tinggal membereskan detail seperti backstitch alias tusuk tikam jejak untuk outline-nya dan beberapa frenchknot untuk mata-nya.

setelah semua dikerjakan, tinggal membereskan detail seperti  backstitch alias tusuk tikam jejak untuk outline-nya dan beberapa frenchknot untuk mata-nya.
taraaaaaaaaa……

so, monggo dipun cobi, alias nyoba yuuuk…..

48 thoughts on “Belajar Craft : Stamped Cross-Stitch

  1. intan0812 said: ga telaten bikin kek gini.. dulu aja bikin karpet 3 tahun ga kelar, dinamain karpet saka ma temen kuliah… saka singkatan dari saka hayang.. semaunya bikin 🙂

    qiqiqiqi…. namanya juga usahe…. 😀

  2. Wah kayaknya lebih susah dari xstitch biasa…thanks for tutorialnya nich bu Ping…boleh sering2…aku juga selalu ragu beli stamp xstitch karena ga tau caranya…padahal banyak juga pola stamped xstitch yang bagus2

  3. roshpinna said: Wah kayaknya lebih susah dari xstitch biasa…thanks for tutorialnya nich bu Ping…boleh sering2…aku juga selalu ragu beli stamp xstitch karena ga tau caranya…padahal banyak juga pola stamped xstitch yang bagus2

    nggak juga kok Ros, asik-asil aja… yg penting gak usah terlalu maksain kudu rapiiiih bangeeeeeeeeeeeet…. Iya nih, aku naksir yang untuk sarung bantal, tapi kek-nya belum pede juga, heheheh….

  4. henohenomohenji said: hi bu, mau nanya donk heheheBeli Q-snap nya dimana ya bu?Saya cari di toko craft di kota saya nggak ada yg jual =(

    memangnya tinggal dimana jeng ?aku beli itu di micki-mocko tebet, di jakarta. tapi beli online juga ada kok, lebih murah malahan… coba aja ke Stitch Andmore atau dee dee cross stitch, dua-duannya di FB

  5. yu196331 said: kalo mo beli paket stamped xstitch online dimana ya??

    di FB udah banyak yg jualan kit kristik kok…aku belinya di Stitch Andmore di FBdi splash craft juga ada siy ( FB juga ), tp kek-nya lebih mahal…

  6. Ping-balik: MyCraft : Crossstitch Record Kits « Menjalani hari dengan hati....

    • Coba ke ols Rumah Kristik di Facebook, biasanya ada yg ready stock, atau kalo gak ya ikut PO-nya aja.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s