Hajj 1431 H : Pergilah Selagi Muda,


Untuk ibadah haji, pergilah selagi muda. whuiiiiih…. belom-belom udah mau ngajarin yaaaaaa….. *sok tau, teteeeeeuuuup*. Tapi bener deh, itu yang pertama kali pengen aku sampaikan sebagai pembuka cerita tentang perjalananku ke Baitullah selama sebulan kemarin. Cerita panjang x lebar = bosen dong ? Oh tidaaaaak, ntar aku tambahin bumbu foto-foto narsis deh biar gak bosen. Bosen ilang, mules yang datang…. xexexexe….

Serius ah….

Tapi emang serius kok, kalau kesempatan sudah ada, untuk apa ditunda-tunda lagi ? Jujur, aku sendiri pada awalnya termasuk yang kebanyakan mikir dan kebanyakan takut sebelum memutuskan untuk berangkat haji. Gimana enggak, i have four kids, yang terkecil belum juga genap 3 tahun. What if, gimana kalo begini, gimana kalo begitu. Ya gitu deh, namanya juga manusia, masih suka takut ma bayangan alias sesuatu yang belum jelas terjadinya. Apalagi aku dan mas Adi punya keinginan untuk berangkat bareng… gimana kalo-nya jadi makin ngaco gitu deh…. Tapi Alhamdulillah, dengan mengembalikan semuanya pada Allah, niat kami untuk berangkat bareng akhirnya menang melawan si gimana kalo itu.

aku menitipkan kalian kepada Allah, dzat yang tidak akan menyia-nyiakan titipan-Nya
doa untuk pamit… hiks…. *bolehsembarimbrebesmili*

Dan sungguh aku merasa sangat bersyukur bisa pergi berhaji saat usia masih termasuk muda…. *ehem-ehem*, ada yang protes ? oke deh, diralat… saat usia belumlah terlalu tua *dilarang protes lagi*. Karena selain ibadah harta, haji juga merupakan ibadah fisik. Ibadah harta karena bagaimanapun juga pergi haji memerlukan ongkos yang tidak sedikit. Tapi insya Allah bisalaaaah, sebelum umur 60 insya Allah sudah terkumpullah ongkos berangkat haji-nya. Nabung laaaaah…. jangan blanja-blanji muluuu… *membuka aib diri sendiri*.

Dan dari segi fisik, seorang muslim harus pergi meninggalkan tanah air-nya, dan melakukan perjalan yang bisa jadi sangatlah jauh, melintasi benua dan juga samudera. Selain itu ritual dalam ibadah haji pun banyak yang menuntut kesiapan fisik. Thawaf dan Sa’i yang merupakan rukun haji, paling tidak mengharuskan seseorang untuk berjalan minimal 7 kilometer jauhnya. Belum lagi kegiatan kemping alias mabit di Mina dan juga melempar 3 jumroh di jamarat.

Tidak mengingkari sih, banyak juga jemaah haji yang -Subhanallah- sukses dalam menjalankan semua rukun dan wajib haji meski sudah berusia lanjut. Tapi alangkah baiknya jika sewaktu fisik masih kuat, kita bisa memenuhi panggilan Allah untuk pergi ke Baitullah….. betul nggak prens ?

ini dia fotonya, monggo silahkan mules…. whuehehehehe…..
two of us

me

ini baru sampe Cengkareng, insya Allah cerita berlanjuuut… *ndak da yang nanya tuuuh*

86 thoughts on “Hajj 1431 H : Pergilah Selagi Muda,

  1. bu pingkaaan.. Pengennya sich jg naik haji pas muda gn, tp lom ada koceknya, makan aj kembang-kempis, hehehebtw, onh plus yak.. Gak pk ngantri nich?Oh y sebenarnya di sanah boleh bw kamera tak?

  2. bundananda said: Pesan yg sama yg di sampaikan ortuku, Bu…

    gimana Mamak Bun ? sehat kan ? jadi pengen tau cerita Mamak juga nih… berapa jauh tenda-nya di Mina dari jamarat, soalnya ada cerita dari jemaah haji pekanbaru yang tendanya lumayan jauh dari jamarat, pulang pergi 15 km jalan kaki…

  3. yant165 said: benar BuPing. Sepakat. Karena Haji ibadah fisik juga.. :)ditunggu cerita selanjutnya Buping😀

    insya Allah say…. pengen cerita banyak nih, tapi koneksi inet di rumah emang lumayan menguras kesabaran…. hahahaha….

  4. mayamulyadi said: Alhamdulillah. Bu ping udah pulamg *peluk…InsyaAllah menjadi haji yang mabrur dan ibadah hajinya diterima dunia-akhirat…

    amiiiiiiiiiiiiin……….eh ini Bunda baru udah ol aja nih….. *peluk jugaaaaaaaaaa*

  5. kurniarachman said: *lesehan, nunggu cerita berikutnya…Alhamdulillah Mbak Pingkan…mudah2an kami segera menyusul….

    amiiiiiiiiiiiiin….. yang penting niat sudah ada say, insya Allah dimudahkan sama Yang Diatas, amiiiiiiiiin….🙂

  6. depingacygacy said: Udah ga jetlag buk????*bongkar2 koper oleh2*Selamat ya buk…. :-)eh….ibu baru koq pagi2 dah ol??*lirik mbay*

    terima kasih Mah…*simpen koper jauh-jauh*Maaaaaaaaaaaaaay…. ditanya Mamah niiiiiiiiih….

  7. nanabiroe said: bu pingkaaan.. Pengennya sich jg naik haji pas muda gn, tp lom ada koceknya, makan aj kembang-kempis, hehehebtw, onh plus yak.. Gak pk ngantri nich?Oh y sebenarnya di sanah boleh bw kamera tak?

    yang penting niat udah ada neng… insya Allah dimudahkan… amiiiiiiin… :)Alhamdulillah enggak ngantri lama, ndaptar akhir desember 2009soal kamera, boleh-boleh aja sih bawa, tapi emang ada beberapa tempat yang tidak boleh bawa kamera, khususnya untuk jemaah haji wanita. Kalau untuk yang laki-laki sih lumayan bebas kok…

  8. alittlethingmeanalot said: barakallah.. semoga hajinya mabrur, semakin menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya ….aamiin …semoga nasihatnya Bu Ping ut naik haji muda kesampaian, aamiin🙂 mohon do’anya yaa🙂

    amiiiiiiiiiiiiiin….insya Allah tercapai say…. amiiiiin !

  9. iahsunshine28 said: asyiikk…bisa liat foto bu ping di cengkareng… *lho?*… mau nabung aaahh, biar bisa pergi haji juga…smoga terkabul niatku..amiin.. amiinn ^_^

    fotonya keren ya ? *ditimpuk sendal se-RT*amiiiiiiiiiiiiin…. semoga dimudahkan, amiiiiiiiiin !!

  10. intan0812 said: suami aku baru mau mikir naik haji pas tahun ini…pas dia lagi ga bisa cuti…. huhuhuhuhuhu….

    insya Allah nanti ada kesempatan juga jeng, yang penting niat sudah ada…. semoga dimudahkan, amiiiiiiin….

  11. dewayanie said: teteup narcisssnya…*jadi oleh2nya cuman ini niiih….?:)* untung eike dah dapet, hehehee

    narsis is d way of life…. wkwkwkwkwk….jadi udah dapet ya ? *coret nama dewayanie dari daptar, xixixixi….*

  12. eh belum selesai..*Nunggu cerita lanjutannyaaa :Dsiap mba, insya Allah pengen buangget naik haji pas masih muda… maksimal umul 30 lah insya Allah amiiiiiin Allohumma amiiiin *berdoa khusyuk sangatduh seneng deh melihat mb pingkan n suami selesai menunaikan haji dan kembali dengan selamat :)Barokallohufikum.. sekarang sudah bergelar Haji dan Hajjah Mabrur yah mba Insya Allah amiin ^^

  13. Wah…postingan pertama setelah menyandang status Bu Kaji hehe.. Iya nih,saya juga rencananya mau bikin tabungan di Bank Muamalat.Insya Allah saya 5-10 tahun lagi. Masalah jd brgkt atau ngga nantinya, nyang penting niat dan ikhtiar dulu.Kok seragamnya kayak seragam pramuka yak haha…

  14. ayudhia86 said: eh belum selesai..*Nunggu cerita lanjutannyaaa :Dsiap mba, insya Allah pengen buangget naik haji pas masih muda… maksimal umul 30 lah insya Allah amiiiiiin Allohumma amiiiin *berdoa khusyuk sangatduh seneng deh melihat mb pingkan n suami selesai menunaikan haji dan kembali dengan selamat :)Barokallohufikum.. sekarang sudah bergelar Haji dan Hajjah Mabrur yah mba Insya Allah amiin ^^

    amiiiiiiiiiiin….. insya Allah dimudahkan, amiiiiiiiiin….amiiiiiiiiiiin, terima kasih Wi…. :))

  15. debapirez said: Wah…postingan pertama setelah menyandang status Bu Kaji hehe.. Iya nih,saya juga rencananya mau bikin tabungan di Bank Muamalat.Insya Allah saya 5-10 tahun lagi. Masalah jd brgkt atau ngga nantinya, nyang penting niat dan ikhtiar dulu.Kok seragamnya kayak seragam pramuka yak haha…

    betuuuuuulll….. yang penting diniatin dulu, insya Allah akan mendapat kemudahan dari Allah, amiiiiiiiin….biar kliatan muda-an gitu lho…. wkwkwkwk…..

  16. mygianina said: Barakallah.. selamat ya bu ping.. semoga menjadi haji yang mabrur… mupeng nih.. moga aku juga bisa kesana sebelum terlalu tua🙂

    amiiiin, terima kasiiiih…insya Allah, semoga dimudahkan, amiiiin !

  17. Seorang kenalanku yg berangkat hajinya saat masih gadis,jg berpendapat sama dgn bu Ping. Sebabnya ia merasa kasihan melihat ibu2 sepuh di rombongannya yg agak kerepotan melaksanakan rukun2 haji.Cerita bu Ping selanjutnya, ditungguuuu….

  18. delingya said: Seorang kenalanku yg berangkat hajinya saat masih gadis,jg berpendapat sama dgn bu Ping. Sebabnya ia merasa kasihan melihat ibu2 sepuh di rombongannya yg agak kerepotan melaksanakan rukun2 haji.Cerita bu Ping selanjutnya, ditungguuuu….

    iya jeng, selain memang kondisi alamnya yang berbeda dengan indonesia, makin kesini jumlah jemaah haji-nya juga makin bertambah banyak…. sangat membanggakan di satu sisi, tapi di sisi lain juga menambah tantangan bagi para jemaah haji yang datang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s