Rumah Masa Kecilku…

Aku suka banget postinga Nita tentang mudik tahun ini ( dimari ) , foto-fotonya juga…. Mengingatkan aku pada ndusun-ku di Temanggung sono. Iya sih, saat ini kalau bicara mudik, yang dimaksud adalah mudik ke Solo, my home town, jadi anak-anakku mudik ke rumah mbah uti-nya alias ibuku di Solo. Tapi sewaktu masih bocah *seakarang sih udah otw simbah*, mudikku adalah ke rumah kakek dari pihak ayah yang ada wilayah Temanggung, kota kecil yang terletak di antara Jogja dan Semarang sana. Dan suasananya mirip-mirip dengan yang digambarkan Nita di postingannya itu.

Tapi trus gambar rumah kosong yang ada dibagian bawah postingan itu mengembalikan ingatanku pada rumah orang tuaku sendiri di Solo…. Bukan penampilan fisiknya, tapi lebih pada situasi yang ada sekarang. Dulu rumahku lumayan ramai dengan adanya bapak-ibu, aku, kakak dan adikku, juga ada simbah kakung dan simbah putri ( dari pihak ibuku ), trus ada bude-pakde dan juga bulik, masih ditambah murid-murid bapak dan ibuku yang datang bergantian. Tapi sekarang…. lengang…..

Kalau dihitung-hitung sudah ada 6 lelayu ( orang wafat ) di rumah itu. Dimulai dari mbah putri, mbah kakung, bapak, pakde, budhe dan yang terakhir bulik. Rumah itu sudah kehilangan banyak penghuninya. Belum lagi aku dan saudara-saudaraku pun praktis sudah tidak tinggal di rumah itu begitu kami lulus SMA dan kuliah, yang dilanjutkan dengan bekerja dan tinggal di luar kota Solo.

Dulu waktu Bapak baru saja meninggal, Ibu pernah menelpon dan mengeluhkan suasana rumah yang nglangut….sepi…. Duh, rasanya pengen langsung pulang ke Solo saat itu juga. Tapi tentu saja tidak bisa semudah itu, bagaimanapun juga aku sudah berkeluarga, aku sudah punya tanggung jawab sendiri. Dan aku yakin Ibuku juga tidak menuntut aku untuk pulang saat itu juga. I know her… she just need someone to talk to, dan aku anak perempuan satu-satunya. Jadilah kami ngobrol panjang kali lebar, ngalor bin ngidul lewat telepon. I wish i could do more than that… *sigh*

Alhamdulillah saat ini ada keluarga adikku ( istri dan anak2nya ) di rumah Solo.  Sementara adikku sendiri bertugas di Marisa, kota kecil di Gorontalo sana. Jadi ibuku tidak sendirian thok-til di rumah besar itu, ada ponakan-ponakan a.k.a cucu2 ibuku dan iparku yang Alhamdulillah baik hati, gematidan cocok dengan ibuku. Tentu saja, suasananya tidaklah sama dengan waktu aku masih tinggal di situ. Bayang-bayang rapuh, tua dan tanda-tanda gilasan waktu semakin nampak terlihat.Tapi itulah tempat aku dibesarkan, tempat aku pulang untuk menemukan akar hidupku…

 

ini dia rumah masa kecilku dulu…..

 

 

 

 

halaman belakang….

 

lupa ini namanya pohon apa, yang jelasa daunnya bisa untuk obat asam urat. Kemarin pas aku pulang kok daunnya pas berwaran pink begini, cantiiiik deh….

 

 

 

 

lollytadiah
lollytadiah menulis on Sep 22, ’10

Mengingatkan aku pada ndusun-ku di Temanggung sono 

Oouuuwww… orang Temanggung juga tho…???
*nemu satu lagi orang Temanggung di MP ini…*

fendikristin
fendikristin menulis on Sep 22, ’10
bener2 ngangeni Mbak Ping..rumah-nya besaaarrrrrrrr

dinithea
dinithea menulis on Sep 22, ’10
rumahnya buuesaar…itu pohon salam bukan?

bundaeisha
bundaeisha menulis on Sep 22, ’10
wah aku jadi pingin ke solo, rumahnya sejuk ya mba ping

annisaanggiana
annisaanggiana menulis on Sep 22, ’10
pohon nya lucu… ;p welcome back Bu ping!!

ibufarhansarah
ibufarhansarah menulis on Sep 22, ’10
Jadi merenung kalo saya tua nanti….anak2 udah besar ahhh moga2 masih lama hehehe

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
lollytadiah} berkata

Oouuuwww… orang Temanggung juga tho…???
*nemu satu lagi orang Temanggung di MP ini…*
 

half-blood jeng….. xixixixi….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
fendikristin} berkata

bener2 ngangeni Mbak Ping..rumah-nya besaaarrrrrrrr 

iya, tapi ngongkosinnya juga beraaaaat….. wkwkwkw…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
dinithea} berkata

rumahnya buuesaar…itu pohon salam bukan? 

bukan sih kek-nya…. aduh, apa yaaaaaa…. lali tenaaaaaaaaaaaan

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
bundaeisha} berkata

wah aku jadi pingin ke solo, rumahnya sejuk ya mba ping 

ayok ke Solo….
sejuk, wong depannya kayak alas/hutan gitu…. 😀

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10

pohon nya lucu… ;p welcome back Bu ping!! 

iya lucu !
tengkiyuuuuh…:))

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10

iya lucu !
tengkiyuuuuh…:))
 

buk Pinknya juga lucu..

Peace BUK

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10

Jadi merenung kalo saya tua nanti….anak2 udah besar ahhh moga2 masih lama hehehe 

iya, suka kepikiran begitu juga…. 😦
tapi waktu cepet berlalu lho jeng….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
raniuswah} berkata

buk Pinknya juga lucu..

Peace BUK 

rombonga Srimulat, eh OVJ udah mulai dateng nih….

bundananda
bundananda menulis on Sep 22, ’10
Ah simbok ki…bikin daku kangen rumah lama sajah…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
bundananda} berkata

Ah simbok ki…bikin daku kangen rumah lama sajah… 

ayo muliiiiiiiiiiiiiih…. wkwkwkwk….

alittlethingmeanalot
alittlethingmeanalot menulis on Sep 22, ’10
tukang ojegnya nganterin dari gerbang sampe depan pintu rumah ya mbak?

*rumah idaman, berhalaman luaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssss buanget biar bisa dipake lari-larian sama anak-anaku… mungkin gak ya? 🙂

pennygata
pennygata menulis on Sep 22, ’10
rumahnya enaaaaakkkk 🙂
adeeeemmm n lapaanng .. jd inget dulu punya rumah di batu, malang, persis di kaki gunung, adem tenan, sayang udah dijual 😦

intan0812
intan0812 menulis on Sep 22, ’10
wuihh rumah guede… luasssssssssssssss……
kalau kita backpakeran ke Solo, boleh tuh numpang nginep 🙂

katerinas
katerinas menulis on Sep 22, ’10
Ada pohon coklat! aku suka…aku suka.
Lingkungannya bersih ya bun…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10

tukang ojegnya nganterin dari gerbang sampe depan pintu rumah ya mbak?

*rumah idaman, berhalaman luaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssss buanget biar bisa dipake lari-larian sama anak-anaku… mungkin gak ya? 🙂 

pp kalo perlu…. wkwkwkwk….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
pennygata} berkata

rumahnya enaaaaakkkk 🙂
adeeeemmm n lapaanng .. jd inget dulu punya rumah di batu, malang, persis di kaki gunung, adem tenan, sayang udah dijual 😦
 

nyapunya pegeeeeeeeeeel….. 😀
ya beli lagi doooong….:))

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
intan0812} berkata

wuihh rumah guede… luasssssssssssssss……
kalau kita backpakeran ke Solo, boleh tuh numpang nginep 🙂
 

boleh, boleh…. ntar tinggal diri-in tenda aja di halaman…. 😀

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
katerinas} berkata

Ada pohon coklat! aku suka…aku suka.
Lingkungannya bersih ya bun…
 

pohon merah jambu Rien…. 🙂
iya, bersih dan sepi…

katerinas
katerinas menulis on Sep 22, ’10, telah disunting on Sep 22, ’10
maksud rien, itu pohon yang berbuah Coklat. Daunnya mirip Pohon coklat. (ternyata bukan 😀 )

nitafebri
nitafebri menulis on Sep 22, ’10
Bu ping ini solo di kota yaa.. Atau pinggiran.. Luas banget deh..

depingacygacy
depingacygacy menulis on Sep 22, ’10
Rumah simbahku? Udah diwaris buk, dibagi kecil2 😦

mayamulyadi
mayamulyadi menulis on Sep 22, ’10
Rumahnya nyaman… Cuma kalo ga naik ojek, gempor yaaaa…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
katerinas} berkata

maksud rien, itu pohon yang berbuah Coklat. Daunnya mirip Pohon coklat. (ternyata bukan 😀 )

emang mirip daun pohon coklat ya ternyata… 🙂

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
nitafebri} berkata

Bu ping ini solo di kota yaa.. Atau pinggiran.. Luas banget deh.. 

ya masih di kotanya sih, wong masih di dalam batas kota Solo
tapi ya bukan di pusat kotanya…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10, telah disunting on Sep 22, ’10

Rumah simbahku? Udah diwaris buk, dibagi kecil2 😦 

rumah simbahku sekarang juga udah jadi pecah-pecah Mah, tapi masih ada bude, paklik dan beberapa kerabat di Temanggung sono…
Rumah yg di Solo ini juga udah dipecah-pecah kok sama Ibuku, atas kemauan beliau sendiri, tapi ya secara fisik masih utuh…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
mayamulyadi} berkata

Rumahnya nyaman… Cuma kalo ga naik ojek, gempor yaaaa… 

lebih gempor lagi kalo disuruh nyapu tiap hari….:D

katerinas
katerinas menulis on Sep 22, ’10

iya, bersih dan sepi… 

jarak dengan tetangga berjauhan kah?
sepi berati tenang….tempat yang tepat untuk beristirahat.
Suka lihat suasanya..really..

*pohonnya cantik 🙂

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
katerinas} berkata

jarak dengan tetangga berjauhan kah?
sepi berati tenang….tempat yang tepat untuk beristirahat.
Suka lihat suasanya..really..

*pohonnya cantik 🙂 

sebenernya sih enggak jauh, tapi berhubung rumah dan pekarangannya luas jadi berasa jauh… 🙂
memang menyenangkan, tapi kadang2 berasa aneh juga, jam 9 malam udah sunyi senyap…. padahal biasanya di jakarta/bekasi jam 10 malem aja masih rame… suka jadi bingung mau ngapain lagi, nggak terbiasa tidur dibawah jam 9 soalnya… hahahaha….

ceuosi
ceuosi menulis on Sep 22, ’10
duuuhh..rumahnya asik bgt…:)

triajita
triajita menulis on Sep 22, ’10
Suatu hari nanti, kita juga ditinggal anak-anak kita ya…..
Pasti rumahnya lengang banget tuh….. mbak Pinkan harus rajin2 hubungi ibu…

kangdul
kangdul menulis on Sep 22, ’10
gedhe temen, budhe….
iso bal – balan neng njero omah kuwi.. ^_^

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
ceuosi} berkata

duuuhh..rumahnya asik bgt…:) 

terima kasiiih…:)

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
triajita} berkata

Suatu hari nanti, kita juga ditinggal anak-anak kita ya…..
Pasti rumahnya lengang banget tuh….. mbak Pinkan harus rajin2 hubungi ibu…
 

iya jeng…. sudah jalannya harus begitu ya ?

insya Allah jeng, terima kasiiih…

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
kangdul} berkata

gedhe temen, budhe….
iso bal – balan neng njero omah kuwi.. ^_^
 

tinimbang bal-balan, mbok kene ewangi nyapu latar le….

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10

iya, suka kepikiran begitu juga…. 😦
tapi waktu cepet berlalu lho jeng….
 

ngajak sediiih lagiiiiiii

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
raniuswah} berkata

ngajak sediiih lagiiiiiii 

kau yang mulaiiiiiiiiii…… kau yang mengajakiiiiiiiiiiiiii……
*dangduters always*

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10

kau yang mulaiiiiiiiiii…… kau yang mengajakiiiiiiiiiiiiii……
*dangduters always*
 

pulaaaaaaaaaaaaaaannngggggggggggggg

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10
eeeehhh nggak boleeh deng 1 jam lagiii

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
raniuswah} berkata

pulaaaaaaaaaaaaaaannngggggggggggggg 

belom beeeeeeeeeeeeel……

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
raniuswah} berkata

eeeehhh nggak boleeh deng 1 jam lagiii 

nah itu tau…. ndangdutan lagi yuk ?
*ambil ecrek-ecrek*

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10

nah itu tau…. ndangdutan lagi yuk ?
*ambil ecrek-ecrek*
 

aku ngantuuuk tapi lagi banyak kerjaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnn

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10

belom beeeeeeeeeeeeel……

hoooo oooooh

lamaaaa deeeh

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
raniuswah} berkata

aku ngantuuuk tapi lagi banyak kerjaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnn 

aku ngantuk karena belom ada kerjaan….. xixixixi….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10, telah disunting on Sep 22, ’10
raniuswah} berkata

hoooo oooooh

lamaaaa deeeh 

sepuluh menit lagiiiiiiiiiiiiiiii……….
eh salah, lima belas menit lagiiiiiiiiiiiiiiiii……….

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10

aku ngantuk karena belom ada kerjaan….. xixixixi…. 

ealaaaaaaaahhh kok bisaaaaa?????????????????????????????????????????//

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
raniuswah} berkata

ealaaaaaaaahhh kok bisaaaaa?????????????????????????????????????????// 

komandan lagi sibuk sama tamu-tamu londo, aku ngumpet aja, ora isoh ngomong linggis sih…wkwkwkwk….

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10
niih tak pinjemin linggis apa golok sisan perlu nggak golok ama asahannya..
aku udah kelaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

siap2 rapiin tassssss

raniuswah
raniuswah menulis on Sep 22, ’10

sepuluh menit lagiiiiiiiiiiiiiiii……….
eh salah, lima belas menit lagiiiiiiiiiiiiiiiii……….
 

tempatku tujuh menit lagiiii..

miftamifta
miftamifta menulis on Sep 22, ’10
Ningali poto2 saking mriki huwaaa tambah kangen kampung mbk Ping. Wau sampun ningali tng MP nipun mbk Nita. Duh…

dewayanie
dewayanie menulis on Sep 22, ’10
lollytadiah} berkata

Oouuuwww… orang Temanggung juga tho…???
*nemu satu lagi orang Temanggung di MP ini…*
 

hooii. di mari juga orang Temanggung niih?

kapan mudik ke Temanggung? bareng2 yak…? hehheheh

qaulandiarra
qaulandiarra menulis on Sep 22, ’10
duh uenak banget rumahnya…

debapirez
debapirez menulis on Sep 22, ’10
Rumahnya asri & besar.tidak seperti rumah ndeso lainnya 😉

bundel
bundel menulis on Sep 22, ’10
Oh….. oh….. jeng, rumahnya sudah modern sekali dan sangat lega lapang.
Pantesan betah di situ.

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
miftamifta} berkata

Ningali poto2 saking mriki huwaaa tambah kangen kampung mbk Ping. Wau sampun ningali tng MP nipun mbk Nita. Duh… 

iya tuh, yang di postingan Nita bener-bener bikin aku kangen ndusun…. hiks….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
dewayanie} berkata

hooii. di mari juga orang Temanggung niih?

kapan mudik ke Temanggung? bareng2 yak…? hehheheh 

aiiisssssh…. siapa yang Temanggungers mbakyu ?

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
qaulandiarra} berkata

duh uenak banget rumahnya…

nyapunya lebih enak lagi…. xixixixi….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
debapirez} berkata

Rumahnya asri & besar.tidak seperti rumah ndeso lainnya 😉 

lha ya ini sebenernya di Solo kota sih…. 🙂

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 22, ’10
bundel} berkata

Oh….. oh….. jeng, rumahnya sudah modern sekali dan sangat lega lapang.
Pantesan betah di situ.
 

modern sih ya enggak lah mbak…hehehe… standar aja…
iya lega dan lapang, tapi trus ya itu, berasa sepi karena yang tinggal di situ sudah banyak berkurang….

bundel
bundel menulis on Sep 23, ’10

modern sih ya enggak lah mbak…hehehe… standar aja…
iya lega dan lapang, tapi trus ya itu, berasa sepi karena yang tinggal di situ sudah banyak berkurang….
 

Seperti rumah peninggalan orang tua saya. bangunan zaman Belanda. Berhubung penghuninya sudah pada ke luar rumah, sekarang jadi rumah tua kosong nyaris rubuh karena tak ada yang sanggup merawat Maklum kegedean……….

pingkanrizkiarto
pingkanrizkiarto menulis on Sep 23, ’10
bundel} berkata

Seperti rumah peninggalan orang tua saya. bangunan zaman Belanda. Berhubung penghuninya sudah pada ke luar rumah, sekarang jadi rumah tua kosong nyaris rubuh karena tak ada yang sanggup merawat Maklum kegedean………. 

wah padahal saya seneng banget lho mbak, kalau melihat rumah-rumah peninggalan jaman belanda, gagah-gagah banget… tapi emang iya sih, rumah besar ngabisin banyak energi dan banyak ongkos…
rumah bapak-ibu saya dibangun sekitar tahun 70-an, jadi sekarang sudah mulai ‘teriak-teriak’ minta banyak perbaikan, tambal sulam sih sudah, tapi ya tetep saja adaaaaaa aja yang harus dibetulin… namanya juga rumah tua…

crochetshop
crochetshop menulis on Sep 25, ’10
bu ping… griyane ageng tenan… nyaman u anak banyak…
asri… suejukkk… pasti bikin kangen y… *dpd bekasi gitulohhh…*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s