craft bocah : Kupu-kupu untuk Nanda

Special request dari Nanda. Sebenernya budhe-nya ini juga belom bisa, tapi inget kalo di buku origami handbook oleh2 dari pakdhe Adi ada how to make-nya. Jadilah budhe Pingkan belajar sekaligus sok ngajari nih.

Di buku itu disebutkan bahwa origami kupu2 ini diciptakan oleh seorang pakar origami dari Jepang, yaitu pak Akira Yoshizawa. Dan kupu-kupu ini juga dijadikan logo dari International Origami Center, wich Yoshizawa founded to help spread friendship and peace through origami. The design is so well-known that it has almost become traditional *boso linggis modal copas*

ewwww…. maap kalo foto kurang tajam, batere ixus-nya abis n lagi ga bawa charger, jadinya tak ada ixus, bleki pun jadi.

 

kn1

lipat kertas pada ke 4 sudut kertas, sehingga ada 2 bekas lipatan melintang

 

kn2

lipat juga pada kedua sisi kertas sama lebarnya

 

kn3

sehingga terbentuk bekas lipatan seperti ini

 

kn4

lipat ke dalam mengikuti bekas lipatan awal tadi, sehingga kertas berbentuk seperti ini

 

kn5

lipat ke dalam mengikuti bekas lipatan awal tadi, sehingga kertas berbentuk seperti ini
bentuk luar kertas yg sudah dilipat

 

kn6

tekuk ke luar ujung segitiga-nya

    

kn7

tekuk kedua ujungnya hingga menjadi bentuk seperti ini

 

kn8

balikkan

 

kn9

tekuk keatas ujung segitiga yang berada dibawah

 

kn10

akan terlihat bentuk seperti ini

 

kn11

buka sisi kiri segitiga

 

kn12

buka dan tekan dengan jari

 

kn13

luruskan

 

kn14

hasilnya akan berbentuk seperti ini

 

kn15

lakukan juga pada sisi sebelahnya

 

kn16

lipat ujung atas segitiga dua kali

 

kn17

lipatan dilihat dari arah sebaliknnya

 

kn18

akan berbentuk seperti ini

 

kn19

lipat di tengah-tengah

 

kn20

lipat ditengah-tengah

 

kn21

gunakan penggaris untuk membantu membentuk badan kupu-kupu

 

kn22

lipat kearah luar

 

kn23

lipat keluar sayap sebelahnya

 

kn24

kedua sayap terlipat keluar

 

kn25

bentangkan kedua sayapnyaaa…🙂

 

kn26

warna-warni kupu-kupu untuk Nanda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s