Simbok Belajar Nabung

Hari ini buka tabungan junio buat Farhan dan Rahma, auto debet dari rekeningku tiap bulan, huehehehehe…. biar rasa si simbok ini. Biar gak blanja-blanji melulu, giliran akhir bulan baru jejeritan kok gak bisa nabung. Masih perlu nabung ? ya iya laaaah…. Biar kata si boz sudah menebarkan jala pengaman disana n disini, tapi mosok simbok trus jadi kebablasan tebar duwit melulu *duwitcapbagong*.

Ya tetep harus ngerti nabung kan ? tetep ngerti gimana menjalankan gaya hidup sehat di bidang keuangan. Dan kalau mau jujur, sebagai manusia boleh dong aku punya ambisi dan keinginan pribadi. Beberapa hal yang bisa dikasi label : inilah hasil karyaku, getuuu…. dan salah satu dari keinginanku itu adalah membiayai ibuku pergi umroh dengan duwitku pribadi. Iya, dari uang hasil peras keringat dan banting tulangku sendiri *lebaygitudeh*.

Apakah ada bedanya kalau mas boz yang bayarin ? well, mungkin tidak bagi orang lain. Boz sih insya Allah nggak akan keberatan jadi penyandang dana, buat ibuku sendiri mungkin juga nggak akan terasa berbeda, toh mantu juga anak sendiri toh ? Tapi buat aku, tentu saja akan berbeda. Ini dari hasil kerjaku lhoooo…. hasil kerjakuuuuu…..

Jadi, berapa jumlah tabunganku hari ini ? *langsungkaburmelarikandiri*

127 thoughts on “Simbok Belajar Nabung

  1. bundananda said: Buatku menabung bukan uang sisa Bu..tp didahulukan bersama kewajiban lain. Besarannya 20%gaji (bisa kurang,tp jgn sampe ga nabung)Yg autodebet gt bagus Bu.. Itu bank apa?

    20 % ? whuaaaaa….. belom sangguuuuuuup, kecuali semua mall dikunci, semua ol shop ditutup… :Ddi BRI Bun, bank recehan indonesia…. xixixixi…

  2. bundananda said: Buk..gaji gol IIIA lho..tp bukan satu instansi ma Gayus. Jd ga belas2an gt. Tp msh belas kasihan.20% itu maklum aja Bu,di Smd mo blnja kmanaaa hahaha

    tapi ol shop bertebaran dimana-mana Bun…. hiks…

  3. Programku kali ini nabungnya kalo bisa 20% dari duitku+duit suami yg dikasi ke aku. Doakan ya ibuk2…Sebelumnya cuma 20% duitku thok. Jd berasa bebas pake duit, ga nyadar aja gitu kalo dari yg suami jg ngasi duit blanja kudu disimpen juga*toyor2dirisendiri

  4. dinoflove said: lirik2 buku tabungan yg bukannya nambah malah berkuran terus…tks simbok buat remindernya hehe

    sama-sama jeng…. saling mengingatkan gitu…n sama-sama kangen pengen nambahin saldo juga…. xixixi…

  5. depingacygacy said: @bu raniAku koq ra pd buka asuransi buk. Wedi ra iso byr😀

    aku yo wedi..tapi kalo gak mekso aku ini lausi ama pengaturan duit…gatel mata.. gatel tangan..tukang makan…tukang jajan…gak tega denger anak mintak..klise-klise-klise…kudu maksaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  6. depingacygacy said: Sebelumnya cuma 20% duitku thok. Jd berasa bebas pake duit, ga nyadar aja gitu kalo dari yg suami jg ngasi duit blanja kudu disimpen juga*toyor2dirisendiri

    sini ta’ bantuin toyor Mah….

  7. raniuswah said: aku yo melu2 bukak tapenas neng B…ipadahal asuransi 4 anak aja udah mengessss..paksa-paksa

    kadang emang kudu dipaksa kok Buk….kalo ndak gitu suka kebawa nggampangin, kluar duit yang kek-nya sih “ah cuma segini aja kok”, padahal kalo dijumlah2 ya jadinya segonoooo….😦

  8. Aku maksa diri sendiri buk.Sjk hamil depin ada yg ta sisihke, ga blh diutik2 kecuali bwt yg bener, bener, bener mendesak n dah ga ada duit lain.Kalo dah byk, pas lm murah ta belike lm.Tp skrg aku msh nglirik rd buk.Return lbh gede tp resiko ya gede😀

  9. depingacygacy said: @bu raniAku koq ra pd buka asuransi buk. Wedi ra iso byr😀

    lha bukannya asuransi tu malah penting Mah ? buat nutup resiko gitu lho Mah… kalo bisa ambil asuransi lah Mah, tapi yg asuransi aja ya, jangan yg pake embel2 investasi segala macem….

  10. raniuswah said: aku yo wedi..tapi kalo gak mekso aku ini lausi ama pengaturan duit…gatel mata.. gatel tangan..tukang makan…tukang jajan…gak tega denger anak mintak..klise-klise-klise…kudu maksaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    samasamasamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……

  11. depingacygacy said: Aku maksa diri sendiri buk.Sjk hamil depin ada yg ta sisihke, ga blh diutik2 kecuali bwt yg bener, bener, bener mendesak n dah ga ada duit lain.Kalo dah byk, pas lm murah ta belike lm.Tp skrg aku msh nglirik rd buk.Return lbh gede tp resiko ya gede😀

    aih, aiiiiih…. yg udah mulai main saham…ajarin dong Mah…aku masih di lm aja nih…

  12. depingacygacy said: Aku msh nyari yg termlife buk. Asuransi jiwa murni.Dimari kalo tanya ke agen selalu dikasi yg unitlink. Premie luarang😥

    wis bener kalo milih asuransi jiwa murni Mah…aku kejeblos duwe 1 unitlink, itu juga karena yang jualan sodara…. gak enak ati…. *payahemang*

  13. Bukan saham buk, duite ga cukup buat deposit. Lagian kudu mentelengi bursa, siap jual-beli tiap saat. Kaga sanggup, blm bisa jg ilmunya. Ntar mlh rugi.Aku milih reksadana ajah. Kita titip duit, biar menejer investasinya yg muterin.Lagian bisa dikit koq buk, kmrn buka awal cuma 1 jt, katanya 100 ato 500rb jg bisa buk

  14. Bu ping duwe? Termlife maksude.Produk mana? Jadi kalo tanya biar bs lgs tunjuk nama, aku mau inih.Ben ga diubeng2 buk. Sebel aku…Oya, td dr twit ada yg ks info punya sunlife. Tp blm ta buka email e.Reputasie sunlife piye buk?

  15. depingacygacy said: Bukan saham buk, duite ga cukup buat deposit. Lagian kudu mentelengi bursa, siap jual-beli tiap saat. Kaga sanggup, blm bisa jg ilmunya. Ntar mlh rugi.Aku milih reksadana ajah. Kita titip duit, biar menejer investasinya yg muterin.Lagian bisa dikit koq buk, kmrn buka awal cuma 1 jt, katanya 100 ato 500rb jg bisa buk

    ada kemungkinan total loss gak sih Mah ? aku durung wani je… isih betah nyimpen lm wae, masio sithik-sithik sing penting duwe….

  16. depingacygacy said: Ya mungkin wae sih buk ya. Misal wae kaya kasus century. Tp ya ngko disawang mbi jalan lah buk.Namae jg pengen return duwur.Tp nek aku ga kabeh buk. Sebagian lbh nyaman di lm memang.

    tapi memang kudu berani inves kok Mah, kalo cuma ngandelin nabung bakal keteteran lawan inflasi…..

  17. hati-hati maen investasi..simbokku biyen loss 100jt an…waktu musim invest kecolongan taum 2005an ya??mending yang aman2 aja buk.misal deposit ato sejenis deh.jangan tergoda profit yang geeedeepenuh risk..kita musti ngawasan pergerakan investasi..kalo miss ya bisa kecolongan

  18. depingacygacy said: Bu ping duwe? Termlife maksude.Produk mana? Jadi kalo tanya biar bs lgs tunjuk nama, aku mau inih.Ben ga diubeng2 buk. Sebel aku…Oya, td dr twit ada yg ks info punya sunlife. Tp blm ta buka email e.Reputasie sunlife piye buk?

    lha bukannya sebenernya tiap perusahaan asuransi tu punya yang termlife ? aku sih masalah asuransi jadi urusan si boz, yang diasuransi-in si boz soale. Dan selama ini aku pakai asuransi Takaful, alesan utamanya sih karena berbasis syariah sih Mah….

  19. kalau boleh saran, sebaiknya dibelikan dinar atau dirham aja… insya allah ga kena inflasi… coba bayangin aja dari jaman nabi dinar sama dengan harga kambing dan dirham sama dengan harga ayam….jadi harga keduanya naik, nilai dinar dan dirhamnya ikut naik…

  20. lm iku logam mulia bun.di indonesia paling aman lm keluaran antam. tapi dasar nasib, disini kaga ada nyang juwal. jadi terpaksa beli yang cetakan luar (entah dari mana), pokoknya toko2 emas disini mau kalo dijuwal lagi

  21. *baru sadar, dr tadi bu ping ikut noyor*@bundaKl ga slh keluaran antam ada bbrp berat, 1gr, 5, 10gr, sampe 1kg.Kl beli mending jgn yg terlalu gede. Repot jualnya. Tp kl yg 1gr lbh mahal krn berat ongkos bikine🙂

  22. depingacygacy said: karena dinar itu basenya emas n dirham basenya perak mba. jadi sama aja nyimpen LM.kalo LM bisa dijual di toko2 emas, tapi aku ga tau kalo dinar n dirham.

    sama aja sih….

  23. Mah kalo dibilang logam mulia, aku ngerti Mah. Kalo lm aja asosiasinya ke pidio porno mulu jdnya.Ya, emas batangan bersertifikat.Btw, mamah nyimpan nya dmana? Klo di rmh pa ga bhy?

  24. @ mamah depin…Hmmm… Harganya lm emang lumayanan yak. Aku blom kepikiran, hihihi…sekarang sih nabung biasa aja dulu. Yg penting, pas gajian udah dateng, ambil 10% buat masuk tabungan (tanpa ATM). Dan segala macam bonus, dipake cuma 10%nya aja, sisanya masuk tabungan tanpa ATM itu. *kumat hitung2annya, hahaha…

  25. pingkanrizkiarto said: inilah hasil karyaku, getuuu…. dan salah satu dari keinginanku itu adalah membiayai ibuku pergi umroh dengan duwitku pribadi. Iya, dari uang hasil peras keringat dan banting tulangku sendiri

    Semoga tercapai cita-cita mulianya, mbak Ping. Dan semoga juga Allah swt berkenan memberi mbak Ping rejeki untuk naik haji, amiin. 🙂

  26. @mba mayKalo cuma msk tabungan ga bisa ngejar inflasi mba.Kl lm plg ga kenaikan hargae sebanding ma inflasi. Lbh untung lg kl berani spekulasi. Pas tinggi dijual, duitnya disimpen ntar kl turun bwt beli lg.*tp aku ga berani hehehehe*

  27. @ mamah…Wow… Kudu kuat di modal tuh ya…Kalo ngejer inflasi, blom kekejer ama aku dan Yadi. Jadi mikir simpel dulu. Buat biaya kelahiran, kebutuhan dedek dan tempat tinggal🙂

  28. depingacygacy said: Yup….Jan2e ki pengen konsultasi ro financial planner buk. Tapi aku mikir ojo2 byrane 3wulan gajiku *lemes*

    kontakmu gak ono sing pinansial plener ta ? bek’e iso dijaluk’i saran gratis….

  29. intan0812 said: kalau boleh saran, sebaiknya dibelikan dinar atau dirham aja… insya allah ga kena inflasi… coba bayangin aja dari jaman nabi dinar sama dengan harga kambing dan dirham sama dengan harga ayam….jadi harga keduanya naik, nilai dinar dan dirhamnya ikut naik…

    pernah baca juga sih, tapi karena masih merasa asing ya jadi belum berani… but makasih infonya jeng…🙂

  30. depingacygacy said: lm iku logam mulia bun.di indonesia paling aman lm keluaran antam. tapi dasar nasib, disini kaga ada nyang juwal. jadi terpaksa beli yang cetakan luar (entah dari mana), pokoknya toko2 emas disini mau kalo dijuwal lagi

    aku punya yg ndak ada sertipikat antam-nya, harga jualnya lain ya Mah ?

  31. depingacygacy said: karena dinar itu basenya emas n dirham basenya perak mba. jadi sama aja nyimpen LM. kalo LM bisa dijual di toko2 emas, tapi aku ga tau kalo dinar n dirham.

    podo Mah, podo ra ngertine…

  32. depingacygacy said: *baru sadar, dr tadi bu ping ikut noyor*@bundaKl ga slh keluaran antam ada bbrp berat, 1gr, 5, 10gr, sampe 1kg.Kl beli mending jgn yg terlalu gede. Repot jualnya. Tp kl yg 1gr lbh mahal krn berat ongkos bikine🙂

    *pegel juga noyor terus*tapi kan ntar kebales di kenaikan harganya Mah *ngarep*

  33. Sama buk. Yg pake sertipikat antam justru rugie lbh gede krn harga belie kena ongkos bikin yg lbh gede buk. Makin kecil grame harga antam lbh mahal.Lagian dimari memang ga ada yg punya antam.Nek aku pokoke beli dg harga normal lm (toko2 sini standar hargae setara kitco), rugie yg wajar, gampang dijual ditk2 emas yg ada disini.Malah kadang kl yg cetakan pabrik ga ada, pas harga rendah aku beli yg cetakan tk mas ndiri buk. Leburan dr perhiasan, diharga sama ma lm. Dg perjanjian kalo pas ada yg cetakan pabrik itu ta tuker🙂

  34. bundananda said: Mah kalo dibilang logam mulia, aku ngerti Mah. Kalo lm aja asosiasinya ke pidio porno mulu jdnya.Ya, emas batangan bersertifikat.Btw, mamah nyimpan nya dmana? Klo di rmh pa ga bhy?

    ada tempat penyimpan rahasiya-nya kali Bun…*lirik-lirik rumah MamahDepin*

  35. depingacygacy said: Sewa save deposit box bun.Aku sewa tmpt mandiri. Plg kecil 150rb/bln.Daripada 150 bwt byr iuran taunan kartu kredit bun

    aku ra duwe sef deposit bok, ning kertu kridit yo ra duwe ki Mah… *laporangakpenting*

  36. mayamulyadi said: @ mamah depin…Hmmm… Harganya lm emang lumayanan yak. Aku blom kepikiran, hihihi…sekarang sih nabung biasa aja dulu. Yg penting, pas gajian udah dateng, ambil 10% buat masuk tabungan (tanpa ATM). Dan segala macam bonus, dipake cuma 10%nya aja, sisanya masuk tabungan tanpa ATM itu. *kumat hitung2annya, hahaha…

    wis pokoknya niat nabung dan ada pelaksanaannya…. daripada niat doang…. eeewwww….. *jadimalusendiri*

  37. sepasangmatabola said: Semoga tercapai cita-cita mulianya, mbak Ping. Dan semoga juga Allah swt berkenan memberi mbak Ping rejeki untuk naik haji, amiin. 🙂

    amiiiiiiiiiiiin…. terima kasih jeng…🙂

  38. depingacygacy said: @mba mayKalo cuma msk tabungan ga bisa ngejar inflasi mba.Kl lm plg ga kenaikan hargae sebanding ma inflasi. Lbh untung lg kl berani spekulasi. Pas tinggi dijual, duitnya disimpen ntar kl turun bwt beli lg.*tp aku ga berani hehehehe*

    semangat banget Mah…. kethok’e kok wis iso dijaluk’i inpo soal investasi ki…. hebat wis ! *ndaptar ke Mamah*

  39. mayamulyadi said: @ mamah…Wow… Kudu kuat di modal tuh ya…Kalo ngejer inflasi, blom kekejer ama aku dan Yadi. Jadi mikir simpel dulu. Buat biaya kelahiran, kebutuhan dedek dan tempat tinggal🙂

    dan tetap semangaaaaaaaaaaaat !!🙂

  40. debapirez said: kalau tanya ke saya, silahkan tanya hutang saya,bukan tabungan saya hehe… kalau ga ngutang, ga semangat kerja.Bu, tabungan Junio harus dengan KTP ortu atau bs kakaknya?

    jadi Dedy iku barisan “Beli sekarang bayar selamanya” ya ? xixixixixi…tabungan junio kudu ada tabungan induknya, soalnya pake QQ, jadi buku tabungan atas nama aku qq nama anak. Jadi kalau pakai nama kakaknya bisa kali, asal si kakak punya rekening britama

  41. depingacygacy said: @bu pingGa ana buk :-(Tp sok njaluk saran ro mas dedy sih. Gratis hehehehe…Makane aku ngetwit buk. Nang twiter ketemu aidil akbar. Sok2 nek ditakoni gelem jawabi de’e

    lha rak si aidil yo duwe web dewe Mah ?ato ke tujuanloapa.com aja, punya si Ligwina Hananto, ada financial check up-nya

  42. depingacygacy said: Sama buk. Yg pake sertipikat antam justru rugie lbh gede krn harga belie kena ongkos bikin yg lbh gede buk. Makin kecil grame harga antam lbh mahal.Lagian dimari memang ga ada yg punya antam.Nek aku pokoke beli dg harga normal lm (toko2 sini standar hargae setara kitco), rugie yg wajar, gampang dijual ditk2 emas yg ada disini.Malah kadang kl yg cetakan pabrik ga ada, pas harga rendah aku beli yg cetakan tk mas ndiri buk. Leburan dr perhiasan, diharga sama ma lm. Dg perjanjian kalo pas ada yg cetakan pabrik itu ta tuker🙂

    wah, kethok’e MamahDepin wis nge-pren banget karo toko-toko emas sak pelakongan yo ? gak ono sing gak kenal MamahDepin wis…. pelanggan paporit…. xixixixi….

  43. depingacygacy said: Ora ah…Aku jik ngenteni mas dedy buk. De’e pernah ngomong meh bahas invest emas.*sbg investasi, bkn tabungan*

    dedy lagi antri karcis odong-odong kwi…. ojok dienteni, kesuweeeen…

  44. raniuswah said: buk liat poto kang mas pertama skul dong…???posting ya..

    mbarep ogah dipoto, adik-adiknya aja deh, insya Allah kaming suuun…untuk sementara, demi memenuhi permintaan penggemar, kami upload foto-foto terbaru bapak dan simbok di album terbaru…. monggo….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s