belajar craft yuk : Boneka Kertas Kusudama

first of all, permisi duluuu… minta maap dulu…. punten ndalem sewu duluuu… buat para suhu, sensei dan pakar kriya kertas…. muhun maap ni saya berani-beraninya sok ngajari…. bukan mau lancang…. hanya sekedar ingin berbagi…. matur nuwuuuuuuuun…. *nundukin pala dalem-dalem*

so, buat sodara-sodari, maap juga aku lagi ndak bisa ngoceh panjang lebar as usual, jadi kalo ada pertanyaan mohon diajukan bersama foto yang dimaksud… begituuuu…. *liril-lirik kerjaan*

kita belajar dari dasarnya aja dulu ya, ini adalah bentuk dasar yang dipakai untuk membangun, eh, mendirikan, eh pokok’e untuk membuat boneka kusudama. Jadi sebuah boneka kertas kusudama dibentuk oleh kerucut lucu ini dengan berbagai ukuran, ditumpuk-tumpuk, disambung-seambung, jadi deeeeeh…..
Besok insya Allah aku bikin tut untuk boneka kusudama yang sederhana n simpel dulu
*terbirit-birit dikejar ASAP dari komandan*

 

lipat horisontal untuk membuat bekas garis lipatan di tengah kertas

lip2

lp3

lp4

lp5

lipat vertikal, horisontal dan menyilang diantara empat sudutnya untuk membentuk bekas lipatan seperti gambar paling bawah

selanjutnya ikuti petunjuk gambar dibawah ini

lp7

lipat mengikuti garis bekas lipatan sebelumnya sehingga menjadi bentuk seperti ini

lp9

dilihat dari bawah

lp11

dilihat dari atas

lp12

lebarkan salah satu ‘sayap’-nya

lp13

tekan hingga terlipat

lp14

menjadi bentuk seperti ini

lp15

ulangi proses diatas pada ke-empat ‘sayap’ yang lain hingga terbentuk seperti ini

lp16

tekuk sehingga nampak sisi putih

lp17

seperti ini

lp18

lipat ujung atas kerucut kearah dalam

lp19

lipat kedua ujung kerucut kiri dan kanan

lp20

lalu tekuk ke bawah ujung kerucut baru yang terbentuk

lp21

lanjutkan pada keempat sisi yang lain

lp22

hingga tercapai bentuk seperti ini

lp23

bentuk kertas yg sudah terlipat

lp24

buka semua lipatan tadi

lp25

tekan bagian tengah hingga terbentuk cekungan

lp26

cekungan kertas yang terbentuk

lp27

lipat kearah tengah

lp28

jadi seperti ini

lp29

lp30

lipat lagi mengikuti garis bekas lipatan sebelumnya

lp31

menjadi bentuk seperti ini

lp33

lipat kiri dan kanan, lalu tekuk ujungnya ke arah dalam

lp34

jadi seperti ini

lp35

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp36

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp37

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp38

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp39

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp42

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp43

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp45

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp46

teruskan melipat keempat ujung lainnya

lp47

untuk ujung terakhir bisa digunakan lidi untuk membantu melipat ke arah dalam

lp48

bentuk akhir kerucut

lp49

bentuk akhir kerucut

lp50

bentuk akhir kerucut

lp51

dengan menyusun beberapa kerucut seperti yang sudah dibuat diatas, bisa dibuat boneka cantik seperti ini

Untuk pembuatan boneka-nya, kita lanjut postingan yang lain aja ya, capek niiih…. 😛

Iklan

3 thoughts on “belajar craft yuk : Boneka Kertas Kusudama

    • sama-samaaa…. memang agak ribet ya ? hihihi….
      nti insya Allah aku upload tutorial untuk pembuatan bonekanya deh… 🙂

  1. Ping-balik: belajar craft : kusudama ball « Menjalani hari dengan hati....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s