pacaran yang sehat dan selamat ?

Dulu, waktu jamannya misih muda temen kampus ada yang nanya

Temen : udah pernah pacaran ?
Aku : udah siiiiih……… *lagaknya gak mau ketinggalan jaman dong*

Temen : udah pernah dicium dong ?
Aku : hah ?? *melongo beneran*

Temen : *pasang muka paham-loe-ndeso-sih-ya*
Aku : *pasang muka mang-napa-kalo-belom-pernah-dicium?*

Temen : cium pipi ?
Aku : *geleng*

Temen : cium kening
Aku : *geleng*

Temen : gandengan tangan ?
Aku : *geleng lagi, berasa kayak dakocan geleng-geleng melulu*

Temen : wahahahaha….. lha trus loe pacaran ngapain aja ?
Aku : ya ngobrol-ngobrolah…… mosok angon wedus.… *cah ndeso sewot*

Jadi kalau gaya pacaran yang cuma ngobrol2 doang itu sudah dianggap kuno sekitar 15 tahun yang lalu, so bagaimana dengan sekarang ? sudah jadi bagian dari ancient history kali ye ? kudu masuk museum gitu, ckckckck…. ketinggalan kereta, ketinggalan pesawat, ketinggalan roket dah….

Seriyus nih, belakangan ini aku sering mikir tentang gaya pacaran anak-anak sekarang… ya seperti sodara-sodara tahulah, dua dari empat anakku itu kan sudah mulai memasuki masa remaja, alias abg gitu… Lha biasanya umur-umur belasan gitu kan sudah mulai kenal sama yang namanya taksir menaksir n then pacaran.

Ngeri juga kali inget gimana gaya pacaran anak-anak jaman sekarang. Apalagi kalo inget hare gene, segala macam informasi bebas ber-sliweran dimana-mana. Dari yang bener sampe yang menyesatkan bin menjerumuskan …. aduuuuh… *pegang kepala cekot-cekot*
Satu kali sangking peningnya gara-gara liat sepasang abege cuek aja pelukan di muka umum, keluar deh perintah harian “awas ya kalo berani pacaran, ntar ibu nikahin sekaliyan !!”. Huh !!!

Tapi belakangan mikir juga…. bener nggak tuh isi skep dilarang pacaran ? Apa ndak malah bikin mereka tergoda untuk main sembunyi-sembunyi alias back street gitu ( jiyaaa…. istilahnya jadul yak ? ). Atau barangkali perlu dibikin juklak pacaran sehat dan selamat ?
huwaaaah…… mbuh wisssss……………

95 thoughts on “pacaran yang sehat dan selamat ?

  1. bener banget anak kudu dikasi tau gak bole pacaran, pacarin ato di ato me.kalo mau suka sukaan tunggu tamat smu nanti ibu lamarin, ibu nikahin..jadi don’t worry be happy sons…

  2. raniuswah said: bener…!!!secara syariat juga totally gak boleh.mending nikah dini daripada kenapa2.

    tapi kalo masih smu gimana dong mbakyu ?ntar smu Farhan dikelas ada ceweknya nih…. hiks… atut….

  3. kalo bisa tdk ngapa2in ya bagus, tapi kalo kagak ?buat aku lbh baik dikasih tau anaknya utk pacarannya yg tau tanggung jawab, tahu jaga diri, tau bates kapan harus say no and stop :D… dan kalo anaknya cewe, ajarain beladiri, jd kalo cowonya macem2 bisa langsung ciiiyaaaaaaattttt gabruk!! xixixixixix

  4. raniuswah said: bener banget anak kudu dikasi tau gak bole pacaran, pacarin ato di ato me.kalo mau suka sukaan tunggu tamat smu nanti ibu lamarin, ibu nikahin..jadi don’t worry be happy sons…

    ya selama ini aku bilangnya sih tunggu smu selesai dulu…

  5. iyah, anak tetanggaku juga gitu, anak laki2nya diwanti2..klo berani pacaran, berarti berani menikahi, berani menikahi berarti harus juga berani bertanggungjawab..nhah mikir2 juga tuh anak kan..apalagi anak laki2 yg bakal jadi kepala keluarga, emang si..dia akhirnya nikah muda, tapi salute deh, setelah nikah, tanggungjawabnya gede.. dan karena niat menikah muda, sejak muda-pun dia berusaha cari nafkah sendiri…

  6. Aku koq lbh setuju ma mba a ya buk.Dr yg aku tau biasanya makin dilarang makin nekat. Piye jal?Kasi tau aja pacaran itu cuma sekedar temen deket, bukan berarti hak milik. Msh ada batasan apa yg ga blh dilakukan. Masih harus jaga diri, msh harus bertanggung jawab pd orang tua cewek/cowoknya.*kirim aspirin + obat tidur*

  7. depingacygacy said: Aku koq lbh setuju ma mba a ya buk.Dr yg aku tau biasanya makin dilarang makin nekat. Piye jal?Kasi tau aja pacaran itu cuma sekedar temen deket, bukan berarti hak milik. Msh ada batasan apa yg ga blh dilakukan. Masih harus jaga diri, msh harus bertanggung jawab pd orang tua cewek/cowoknya.*kirim aspirin + obat tidur*

    krn itu pengalaman sendiri Mah..dan it took 9 years for me to say yesss buat merit hehehehehlama yeeee… dan, selama 9thn, baik2 ajah, pacaran normal gak mboten2, tapi bukannya si pacar kagak nyoba lho yah. wkwkwkwkkwaku pikir kontrol tetep di tgn si cewe, dan kalo cowonya tau batas, pasti juga gak akan maksa.. makanya cewe hrs belajar beladiri kalo lihat pergaulan sekarang, maksa langsung ciiiyaaaaaattttt !!!! trs tinggal !!!

  8. tenang buk.jangan ampe parnonya ketauan si ganteng.everiting gone bi okeh.nyodorin kaca mata kuda ke maknyak.rajin2 ngingetin,doain aja supaya anak2 kita dijaga ama yang Maha Menjaga.i.Allah sehat selamat dunia akherat.gimana buk? Doa ibu itu manjur,gak ada penghalangnya buk.yakin+tawakal okeh?

  9. raniuswah said: Ada tmen yang nikahn anaknya kelas 2smu.dari pada kenapa2.after merried ikt program.jd sekolah lanjut.gapapa tu bu.program kb stop pas mulai kuliah kayanya.

    wah kek-nya aku belum berani bu, pakai cara yang ini….tapi salut juga sih kalau ada yang bisa…

  10. Ortu dlu ga ngelarang tp jg ga membolehkan..Papi dlu tiap ada cowok yg datang mukanya langsung seram.Kalo emak, ga byk omong tp skali ngomong gini “klo pacaran hati2. Jgn mcm2. Ingat!klo hamil jgn harap kunikahkan.Tanggung sendiri akibatnya”Siapa yg berani kalo diomongin kyk gini.Jd pernah pacaran? Ya pernah, tp utk yg aneh2 enggak bakal berani.Akhirnya wkt ktmu suami dulu, saat diajak pacaran. Aku males. Kuminta nikah aja..

  11. huaaaa…gimana nasib anakku ntar kelaakk yaaaa…jaman skrg aja pcrn dah blak2an gitu..miris liatnyaa…harus lebih extra ortu u menjaga anaknya…memberitahu sejak dini mana yg boleh dan mana yg musti dijauhi…pentingnya ortu untuk deket ma anak tuh seperti itu..bukan menggurui tapi memposisikan ibu dan anak seperti sahabat yang bisa saling sharing atau curhat kalo ada masalah ato si anak mulai suka ma lawan jenis…gitukan bun 😉 (teorinya sih keliatannya gampang hehe)ternyata tugas ortu jaman sekarang lebih berat yaah bun…

  12. renypayus said: Kasi batasan aja bun :Dkhusus anak cewek nih, harus bisa bela diri :DGimana anak lanang ku nanti, ya?mengajarkan dia menghormati wanita :Dawww….

    batasan dan pengawasan gitu ya…. :)sebenernya sih kalau masih di smu aku cenderunganya ngelarang sih… tapi kek-nya kudu pake argumen dan pendekatan yang bener ya ? *pusiiiiiiiiiiiiiing*

  13. luvhoney said: iyah, anak tetanggaku juga gitu, anak laki2nya diwanti2..klo berani pacaran, berarti berani menikahi, berani menikahi berarti harus juga berani bertanggungjawab..nhah mikir2 juga tuh anak kan..apalagi anak laki2 yg bakal jadi kepala keluarga, emang si..dia akhirnya nikah muda, tapi salute deh, setelah nikah, tanggungjawabnya gede.. dan karena niat menikah muda, sejak muda-pun dia berusaha cari nafkah sendiri…

    wuiiiih hebat…. salut buat orang tua-nya deh, bisa mendidik anak sebaik itu ! subhanallah…..

  14. itu juga yang terjadi di benakku mba…..dari pengalalma dan berdasarkan penglihatanku…..disini tuh kota kecamatan ,bisa dibayangkan kecil banget….tapi kemarin pas hari Jum’at bubaran sekolah smp…saya lihat ada anak smp pakai seragam pramuka plus kerudung jalan kaki bergandengan tangan mesra dengan seorang cowok pakai seragam pramuka juga, yang lebih serem waktu saya balik…eh ada lagi adegan seperti itu orangnya lain dan pakai tangannnya saling meremas-remas….*pingin bengok….ojok ngono*….sampai rumah dan ketemu Bella ( anakku klas 2 smp ) tak ceritakan kalau kejadian itu tidak baik dll….jawabawab bella bikin aku melongo ” lho ma kemarin temen2 cerita kalau Si D teman sekolah bella abis ciuman sama pacarnya, pacarnya D khan udah mahasiswa”, …..*.tambah jenut2 *

  15. raniuswah said: ngambil 4 pormulir pndaptaran sumo buat mantu.balikin ke padepokan suhu A

    xixixixi anakku cowok mbak, udah mulai kuajarin utk hormat ama cewe..cuman mgkn ngajarinnya kebablasan kali yah, wong dipukul temennya cewe waktu kls 1, plus dicubitin sampe biru2 , eh dia gak balas, pulangs ambil nangis.. katanya kan cewe ndak boleh bales.. kyaaaaaaaa *emak gak rela anaknya kecintaan biru-biru, langsung lapor bu guru xixixi*pernah lagi, temen cewenya salah, dia diem2 ajah gak ngasih tau, akhirnya dia yg dihukum, mulutnya diplester 30mnt ama bu guru.. *emak sewot maneh nulis surat cinta maneh ama buguru*, kata anakku, kalo cewe kan malu ma mulutnya diplester… *kau kira mamamu terima anaknya diplester mulutnyaaahhhh (dlm hati tapi)* xixixixixixi

  16. arumbarmadisatrio said: mau ngintip juga aahhhhh……boleh mbak????

    boleh ajah Mbak Arum, aku add dulu yah, soale ctc only wkwkwkwkwk, takut emaknya si cewe itu ngeMP jugak..xixixi lak ciloko nanti.. hehehe

  17. hehehhe saya sama bapake si kecil ga pake pacaran bunda pink…suami kebelet langsung saya dilamar hahaha ^ ^btw ngomongin soal pacaran …beberapa hari lalu ada 2x anak smp dan anak sma yg peluk2 di ujung gang rumah…suami saya….langsug ndatengin tanpa babibu lagi…di omelin lah anak2 itu…. *untung ga sampe bawa golok en linting kumis heheh* akhirnya sukses gang kami aman dari anak2 tanggung pada pacaran :))

  18. beneran, mba’e… kalo anak cewe , kudu di kasi les taekwondo, hehehe…ngga sih, dulu saya dikasi penjelasan sama ibu dan ayah. kalo mau pacaran, ga usah yg macem2. semacem aja, yaitu ngobrol tok,wahahah… terus ibu saya mulai “menakut-nakuti” dengan bilang, nanti kalau kamu lupa akal sehat sama pacar kamu, bisa2 kamu hamil dan punya anak, terus kuliahmu ga lulus, terus kamu ngga bisa keliling Indonesia. kau mau? *ibu saya paham betul dgn cita2 saya yg kepengen keliling Indonesia.Jadilah saya mikir, daripada ngga bisa travelling gegara pacaran ngga bener dan hamil tanpa ikatan yg sah, mending yg biasa2 aja deh…tapi ya, kalo ngomongin pengalaman suami… eeerrrr… dia belom pernah pacaran. sekalinya kenal saya, ngebet ngajak nikah, wahahahaha….

  19. depingacygacy said: Aku koq lbh setuju ma mba a ya buk.Dr yg aku tau biasanya makin dilarang makin nekat. Piye jal?Kasi tau aja pacaran itu cuma sekedar temen deket, bukan berarti hak milik. Msh ada batasan apa yg ga blh dilakukan. Masih harus jaga diri, msh harus bertanggung jawab pd orang tua cewek/cowoknya.*kirim aspirin + obat tidur*

    tapi yang namanya setan ada dimana-mana je Mah…. apalagi yang namanya anak muda kan hormonnya lagi hot-hotnya….*tetep cenut-cenut*

  20. pennygata said: krn itu pengalaman sendiri Mah..dan it took 9 years for me to say yesss buat merit hehehehehlama yeeee… dan, selama 9thn, baik2 ajah, pacaran normal gak mboten2, tapi bukannya si pacar kagak nyoba lho yah. wkwkwkwkkwaku pikir kontrol tetep di tgn si cewe, dan kalo cowonya tau batas, pasti juga gak akan maksa.. makanya cewe hrs belajar beladiri kalo lihat pergaulan sekarang, maksa langsung ciiiyaaaaaattttt !!!! trs tinggal !!!

    pengaman pribadi ta jeng ? 😀

  21. raniuswah said: tenang buk.jangan ampe parnonya ketauan si ganteng.everiting gone bi okeh.nyodorin kaca mata kuda ke maknyak.rajin2 ngingetin,doain aja supaya anak2 kita dijaga ama yang Maha Menjaga.i.Allah sehat selamat dunia akherat.gimana buk? Doa ibu itu manjur,gak ada penghalangnya buk.yakin+tawakal okeh?

    oke dweeeeeeeeeh……:)

  22. ekawidiyati said: lho ma kemarin temen2 cerita kalau Si D teman sekolah bella abis ciuman sama pacarnya, pacarnya D khan udah mahasiswa”, …..*.tambah jenut2 *

    haduh-haduh-haduuuuuuuuuuuuuuuuuuh !!!!*semaput*

  23. pennygata said: xixixixi anakku cowok mbak, udah mulai kuajarin utk hormat ama cewe..cuman mgkn ngajarinnya kebablasan kali yah, wong dipukul temennya cewe waktu kls 1, plus dicubitin sampe biru2 , eh dia gak balas, pulangs ambil nangis.. katanya kan cewe ndak boleh bales.. kyaaaaaaaa *emak gak rela anaknya kecintaan biru-biru, langsung lapor bu guru xixixi*pernah lagi, temen cewenya salah, dia diem2 ajah gak ngasih tau, akhirnya dia yg dihukum, mulutnya diplester 30mnt ama bu guru.. *emak sewot maneh nulis surat cinta maneh ama buguru*, kata anakku, kalo cewe kan malu ma mulutnya diplester… *kau kira mamamu terima anaknya diplester mulutnyaaahhhh (dlm hati tapi)* xixixixixixi

    steven gentleman, eh gentleboy bangeeeeet…. 🙂

  24. pingkanrizkiarto said: steven gentleman, eh gentleboy bangeeeeet…. 🙂

    emak lebay iki seng cekot2 gak trimo Bu.. :Danakku maniez2 koq dicubit sampe biru2, dplester maneh ama buguru 30ment*emaknya umep*

  25. ibufarhansarah said: Moga2 anak2 kita gak terjerumus kepada hal2 yg dilarang agama. Ngeri kalo lihat pacaran anak skrg walau yg perempuan pake jilbab.*saya pernah melototin cewek berjilbab pelukan di angkot*

    amiiiiiiiiiiin……yang aku liat di dufan tu bener-bener bikin eneg deh jeng… peluk-pelukan seperti nggak ada orang lain di dunia ini… iiiih sebeeeeel !!!

  26. zahratefiani said: diajak ngobrol sek ae mbak, siapa tau dengan ngobrol bisa curhat sm mamahnya jd bisa dikasih tau pelan2 **halaah kok jd sok tau aku heheheeee….

    ya mmg anak sekarang harusnya pake model pendekatan sebagai temen sih jeng… emang kudu pinter-pinter ngajak ngobrol….

  27. qaulandiarra said: Sirah juga jadi cekot2, anakku masih cilik2,yang paling dikhawatirkan itu ya pengaruh dari teman2nya…

    iya jeng…. apalagi kalau ortu nggak pinter-pinter ngambil hati anak, soale biasanya anak-anak tu lebih seneng cerita dan terbuka sama temen-temennya… udah gitu pasti gak mau kliatan beda ama temen2nya… lha kalo temennya nggak bener kan gawaaaaat….

  28. niqenpratiwie said: hehehhe saya sama bapake si kecil ga pake pacaran bunda pink…suami kebelet langsung saya dilamar hahaha ^ ^btw ngomongin soal pacaran …beberapa hari lalu ada 2x anak smp dan anak sma yg peluk2 di ujung gang rumah…suami saya….langsug ndatengin tanpa babibu lagi…di omelin lah anak2 itu…. *untung ga sampe bawa golok en linting kumis heheh* akhirnya sukses gang kami aman dari anak2 tanggung pada pacaran :))

    lha kalo sama bapak-nya anak-anak sih emang aku juga bisa dibilang gak pacaran…. tapi sebelum sama dia kan sempet juga ngerasain yg namanya pacaran……. *wink-wink-wink*

  29. Tergantung pribadi masing2 jugapengaruh lingkungan besar juga sih.kalo saya sih ortu membebaskan dgn berbagai syarat jika begini nanti beginijadi istilahnya kebebasan bersyarattapi lumayan saya mengertiasal ortu juga terbuka kepada anaknya, tetap mengawasi bukan membatasi

  30. mayamulyadi said: beneran, mba’e… kalo anak cewe , kudu di kasi les taekwondo, hehehe…ngga sih, dulu saya dikasi penjelasan sama ibu dan ayah. kalo mau pacaran, ga usah yg macem2. semacem aja, yaitu ngobrol tok,wahahah… terus ibu saya mulai “menakut-nakuti” dengan bilang, nanti kalau kamu lupa akal sehat sama pacar kamu, bisa2 kamu hamil dan punya anak, terus kuliahmu ga lulus, terus kamu ngga bisa keliling Indonesia. kau mau? *ibu saya paham betul dgn cita2 saya yg kepengen keliling Indonesia.Jadilah saya mikir, daripada ngga bisa travelling gegara pacaran ngga bener dan hamil tanpa ikatan yg sah, mending yg biasa2 aja deh…tapi ya, kalo ngomongin pengalaman suami… eeerrrr… dia belom pernah pacaran. sekalinya kenal saya, ngebet ngajak nikah, wahahahaha….

    nambah satu lagi pendukung paham pendekar cewek….:Djadi intinya mmg kudu diajak ngomong baik-baik ya jeng ?

  31. elok46 said: Tergantung pribadi masing2 jugapengaruh lingkungan besar juga sih.kalo saya sih ortu membebaskan dgn berbagai syarat jika begini nanti beginijadi istilahnya kebebasan bersyarattapi lumayan saya mengertiasal ortu juga terbuka kepada anaknya, tetap mengawasi bukan membatasi

    pengaruh lingkungan itu Lok, yang kadang suka susah dikontrol….tapi mmg anak sekarang lebih baik diajak ngomong dan diskusi sih, daripada cuma asal dilarang aja….

  32. pennygata said: emak lebay iki seng cekot2 gak trimo Bu.. :Danakku maniez2 koq dicubit sampe biru2, dplester maneh ama buguru 30ment*emaknya umep*

    wkwkwkwkwk…. ya iyalaaaah…. anak ndek omah disayang-sayang je…

  33. Ma’af ya jeng, pacaran jangan dilarang. Tapi kita harus mengarahkan batas-batas sopan-santunnya orang menghadapi pacar. Semakin dilarang, nanti mereka malah semakin penasaran dan mencuri-curi.Saya dulu dilarang orang tua, malah nekad sisan back street sampai ketahuan orang tua saya dan dari situ ibu saya mengarahkan batas-batasnya. Saya nurut aja apa maunya. Dan alhamdulillah jadinya nggak aneh-aneh sebab takut malah dilarang pacaran lagi kalau saya bikin ulah hahahaa…………

  34. yg sulung memangnya dah mau ngapel ya jeng? ya nggk pa2 toh ya… mb aj jg dah 2-3x diapelin, tp ya sebatas itu aja. insyaAllah kalau dikasih tahu baik2, mrk jg ngerti kok. Awalnya aku jg melarang2, tp sama suamiku bkn gitu ktnya caranya… 😦

  35. sama ci, 2i aja masih piyik tapi emaknya udah parno…*maap numpang nyampah*tapi mendingan dari awal kita tegas dan blak-blakan postifi dan negatifnya pacaran karena emang di islam kan hukumnya jelas yaitu haram…

  36. jandra22 said: Ma’af ya jeng, pacaran jangan dilarang. Tapi kita harus mengarahkan batas-batas sopan-santunnya orang menghadapi pacar. Semakin dilarang, nanti mereka malah semakin penasaran dan mencuri-curi.Saya dulu dilarang orang tua, malah nekad sisan back street sampai ketahuan orang tua saya dan dari situ ibu saya mengarahkan batas-batasnya. Saya nurut aja apa maunya. Dan alhamdulillah jadinya nggak aneh-aneh sebab takut malah dilarang pacaran lagi kalau saya bikin ulah hahahaa…………

    iya juga sih mbak…. saya juga takutnya mereka malah sembunyi-sembunyi… 🙂

  37. dewayanie said: yg sulung memangnya dah mau ngapel ya jeng? ya nggk pa2 toh ya… mb aj jg dah 2-3x diapelin, tp ya sebatas itu aja. insyaAllah kalau dikasih tahu baik2, mrk jg ngerti kok. Awalnya aku jg melarang2, tp sama suamiku bkn gitu ktnya caranya… 😦

    belom sih… cuma mikir kudu siap-siap dari sekarang. daripada ntar pada saatnya malah cuma bisa kelabakan doang….:D

  38. bundanaizan said: sama ci, 2i aja masih piyik tapi emaknya udah parno…*maap numpang nyampah*tapi mendingan dari awal kita tegas dan blak-blakan postifi dan negatifnya pacaran karena emang di islam kan hukumnya jelas yaitu haram…

    soal nyampah silahken sajaaaaaaa…. tapi kalo soal halal-haram aku masih takut ngomonginnya…. 😀

Tinggalkan Balasan

